Film Budi Pekerti Akhirnya Tayang di Seluruh Bioskop Indonesia Setelah Keliling di Festival Film Toronto

Film yang berlatar Yogyakarta saat pandemi ini berkisah tentang Bu Prani yang diperankan oleh Sha Ine Febriyanti seorang guru BK.

Film Budi Pekerti Akhirnya Tayang di Seluruh Bioskop Indonesia Setelah Keliling di Festival Film Toronto
image

ruzka.republika.co.id--Film Budi Pekerti besutan sutradara Wregas Bhanuteja akhirnya tayang di bioskop tanah air mulai 2 November 2023 setelah tayang perdana di Toronto International Film Festival (TIFF) 2023 dan pemutaran khusus di Yogyakarta dan Bandung,

Skenario film yang ditulis sendiri oleh Wregas Bhanuteja serta diproduseri Adi Ekatama, Willawati, dan Iman Usman, film ini diproduksi oleh Rekata Studio dan Kaninga Pictures dengan dukungan dari KG Media, Hwallywood Academy of Media & Arts Singapore, Momo Films, dan Masih Belajar.

Film yang berlatar Yogyakarta saat pandemi ini berkisah tentang Bu Prani yang diperankan oleh Sha Ine Febriyanti seorang guru BK yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: 3.000 Anggota CMIC dari 67 Koridor Seluruh Indonesia Hadir di Jamnas Truk Canter

Akibat tindakannya yang dinilai tidak mencerminkan pribadi seorang guru, dia dan keluarganya mendapat perundungan hingga terancam kehilangan pekerjaan.

Sementara pengabdiannya selama bertahun-tahun sebagai seorang guru seolah menguap begitu saja hanya dengan adanya video berdurasi 20 detik.

“Saya sangat senang kisah Bu Prani dan keluarga akhirnya bisa disaksikan oleh penonton Indonesia. Semoga film ini bisa diterima dengan baik dan siapa pun yang menonton film ini bisa mendapatkan pencerahan,” ujar Sha Ine Febriyanti di acara jumpa pers bertempat di studio XXI, Plaza Senayan, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Baca Juga: Upaya Tampung Aspirasi, Bappeda Kota Depok Gelar Kongko Lansia

Film Budi Pekerti menjadi film terbaik tahun ini sebab sebelumnya film ini telah diputar di festival luar negeri seperti Toronto International Film Festival (TIFF) 2023, SXSW Sydney 2023 Screen Festival, dan menjadi film pembuka di Jakarta Film Week 2023.

Selain itu, Budi Pekerti mendapatkan 17 nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2023, dan akan tayang sebagai official selection di Taipei Golden Horse International Film Festival 2023.

Film yang dibintangi oleh Sha Ine Febriyanti yang juga nominasi Piala Citra dalam kategori Pemeran Utama Perempuan Terbaik lewat perannya di film ini, ada Angga Yunanda, Prilly Latuconsina, Dwi Sasono, Omara Esteghlal, Ari Lesmana, dan sederet pemain berbakat lainnya.

Baca Juga: Dishub Kota Depok Razia Parkir Liar di Cinere, 61 Kendaraan Ditindak

Film Budi Pekerti mendapatkan respon yang positif dan sangat baik setelah pemutarannya di festival luar negeri. Meskipun kisah Bu Prani dan keluarga berlatar Indonesia, film ini mengangkat cerita universal yang terjadi di berbagai belahan dunia.

"Pada akhirnya, saya sangat terharu sekaligus bangga karena film Budi Pekerti yang telah dinanti-nantikan ini akan tayang secara perdana di Jakarta dan serempak di bioskop-bioskop tanah air pada 2 November 2023,” jelas Wregas sutradara dan penulis skenario film ini.