Deretan Film dan Serial yang Paling Dicari di Google Indonesia Sepanjang 2023, Ada Gadis Kretek hingga Oppenheimer

Google Indonesia telah merilis daftar film/serial TV yang menarik perhatian warganet Indonesia di sepanjang tahun 2023. Cek daftar lengkapnya di sini!

Deretan Film dan Serial yang Paling Dicari di Google Indonesia Sepanjang 2023, Ada Gadis Kretek hingga Oppenheimer

Google hadir kembali dengan laporan Google Year in Search 2023 yang dirilis pada Senin (18/12) lalu. Dari 8 kategori, salah satunya adalah kategori Trending Film/Serial TV. 

Kategori tersebut berisikan judul-judul film dan serial TV yang trending di Google di sepanjang tahun 2023. Berikut adalah deretan film dan serial TV yang paling dicari netizen Indonesia di Google Indonesia sepanjang 2023! 

1. Gadis Kretek

Gadis Kretek/Foto: Netflix

Gadis Kretek adalah serial Netflix yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Ario Bayu, Putri Marino, dan bintang-bintang lainnya. Serial ini bercerita tentang perjuangan Dasiyah melawan stigma dan diskriminasi gender di industri kretek yang mana didominasi oleh kaum pria. 

Gadis Kretek dapat dibilang menuai kesuksesan yang besar. Sejak awal penayangan hingga kini, serial yang diadaptasi dari novel karya Ratih Kumala ini masih berada di daftar serial Top 10 di beberapa negara, termasuk Indonesia. 

2. The Last of Us

The Last of Us/Foto: HBO

Dikutip dari CNN Indonesia, The Last of Us adalah serial original milik HBO yang mengisahkan seorang penyelundup bernama Joel (Pedro Pasca) yang bertugas mengawal Ellie (Bella Ramsey) untuk melintasi Amerika Serikat. 

Joel dan Ellie harus berjuang hidup karena situasi dunia sedang kacau akibat dari virus jamur yang membuat orang-orang yang terinfeksi akan haus darah. Serial ini diadaptasi dari video game dengan judul yang sama dari Naughty Dog. 

3. One Piece Live Action

One Piece Live Action/Foto: Netflix

Petualangan Luffy untuk mencari harta karun bersama Zoro cs menarik banyak perhatian orang, khususnya masyarakat Indonesia. Dikutip dari Independent UK, One Piece Live Action sempat menduduki peringkat 1 serial yang paling banyak ditonton di Netflix dalam 84 negara di dunia. 

One Piece Live Action juga mendapatkan banyak pujian dari pembaca manga original karena eksekusinya yang baik. Serial ini dibintangi Inaki Godoy (Monkey D. Luffy), Mackenyu (Roronoa Zoro), Emily Rudd (Nami), Jacob Romero Gibson (Usopp), dan Taz Skylar (Sanji) yang tergabung dalam nama kru bajak laut bernama Straw Hat Pirates

4. Barbie

Barbie Live Action/Foto: IMDB

Barbie sempat menjadi perbincangan publik pada perilisannya di bulan Juli lalu. Film ini menceritakan Barbie (Margot Robbie) yang sedang sedang mengalami krisis jati diri dan datang ke dunia nyata yang sangat berbeda dengan Barbie Land. 

Menurut situs Euronews, Barbie adalah salah satu film paling sukses di tahun 2023. Per bulan September lalu, film yang disutradarai Greta Gerwig meraih 1,38 miliar USD yang setara kurang lebih Rp176 triliun ($1 = Rp15,514) dari penayangan di bioskop. 

5. Induk Gajah

Induk Gajah/Foto: Prime Video

Induk Gajah adalah serial original Amazon Prime karya sutradara Muhadkly Acho. Serial ini bercerita tentang Ira (Marshanda) yang kerap dijodohkan ibunya (Tika Pangabean) dengan seorang pria karena tidak kunjung menikah di usia 30 tahun. Suatu hari ia dijodohkan dengan Marsel (Dimas Anggara) dan permasalahan pun muncul. 

6. Sewu Dino

Sewu Dino/Foto: MD Pictures

Film horor selalu memiliki banyak peminat di Indonesia, salah satunya adalah film Sewu Dino yang diproduksi oleh MD Pictures. Dibintangi oleh Mikha Tambayong, film ini menceritakan tentang Sri yang bekerja di rumah keluarga Atmojo. Kehidupan Sri terusik ketika keluarga Atmojo mengetahui ia lahir di Jumat kliwon. 

Dikutip dari detikcom,  Sewu Dino telah ditonton sebanyak 4 juta orang. Apakah kamu termasuk penonton film ini, Beauties? 

7. Budi Pekerti

Budi Pekerti/Foto: Instagram.com/filmbudipekerti

Budi Pekerti adalah film karya Wregas Bhanutedja yang mengisahkan seorang guru BK bernama Bu Prani yang viral karena sebuah video di internet. Film ini menyentil isu cyberbullying yang marak terjadi di dunia maya. 

Budi Pekerti dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal di Indonesia seperti Sha Ine Febriyanti, Dwi Sasono, Angga Yunanda, dan Prilly Latuconsina. 

8. Petualangan Sherina 2

Petualangan Sherina 2/Foto: Petualangan Sherina 2

Tahun 2023 adalah tahun yang menyenangkan bagi penggemar film Petualangan Sherina yang tayang di tahun 2000. Setelah 23 tahun, film yang dibintangi Sherina Munaf dan Derby Romero dibuatkan sekuelnya. 

Petualangan Sherina 2 merupakan ajang reunian antara Sherina yakni seorang jurnalis dan Sadam yang merupakan seorang petugas konservasi hutan di Kalimantan. Mereka bekerja sama untuk menginvestigasi tentang seekor orang utan yang diculik komplotan penjahat.  

9. Oppenheimer

Oppenheimer/Foto: Universal Pictures

Bersama dengan Barbie, Oppenheimer tayang bersamaan di Indonesia. Bahkan, saat keduanya rilis, terdapat banyak meme yang berseliweran di media sosial yang biasa disebut Barbenheimer. 

Oppenheimer sendiri adalah film yang menceritakan kehidupan dari pencetus bom atom yakni J. Robert Oppenheimer yang diperankan oleh Cillian Murphy. Walau durasinya 3 jam, film ini seru ditonton jika kamu adalah penggemar film karya sutradara Christopher Nolan. 

10. Ice Cold

Ice Cold/Foto: Netflix

Yang terakhir, ada dokumenter Netflix berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso. Dokumenter ini membahas kasus kopi sianida yang menewaskan Mirna Salihin pada tahun 2016 lalu.

Netflix membuat dokumenter ini karena menilai ada kejanggalan dalam proses investigasi yang menuding Jessica Wongso adalah pelakunya, yang mana saat ini ia sedang mendekam di penjara. Walau kontroversial, dokumenter ini masuk di dalam Top 10 Netflix kategori film di awal perilisannya. 

Itulah 10 film/serial TV yang paling menarik perhatian masyarakat Indonesia versi laporan Google Year in Search 2023 Indonesia. Apakah kamu sudah menonton semuanya, Beauties? 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)