Berikut Tips Mudik Agar Tetap Aman dan Nyaman di Jalan

INFOKA.ID – Mudik adalah momen yang sangat dinantikan oleh para perantau, khususnya ketika menjelang hari raya dengan maksud bertemu atau bersilaturahmi dengan keluarga. Momen mudik merupakan momen yang sangat ditunggu bagi para perantau, Karena di momen ini mereka bisa melepas rindu dengan keluarga dikampung halaman. Namun sebelum mudik perlu dipersiapkan secara matang hal ini agar […]

Berikut Tips Mudik Agar Tetap Aman dan Nyaman di Jalan

INFOKA.ID – Mudik adalah momen yang sangat dinantikan oleh para perantau, khususnya ketika menjelang hari raya dengan maksud bertemu atau bersilaturahmi dengan keluarga.

Momen mudik merupakan momen yang sangat ditunggu bagi para perantau, Karena di momen ini mereka bisa melepas rindu dengan keluarga dikampung halaman.

Namun sebelum mudik perlu dipersiapkan secara matang hal ini agar mudik lebih aman dan juga nyaman.

image

Perjalanan jauh tentu diperlukan persiapan yang matang hal ini agar perjalanan mudik aman dan nyaman. Berikut ini merupakan tips mudik aman dan nyaman.

Cek keadaan rumah ketika hendak pergi mudik

Sebelum pergi mudik pastikan kamu sudah mengecek keadaan rumah seperti mencabut regulator, memastikan saluran listrik dan juga air, memastikan rumah terkunci dan lain lain.

Cek Kendaraan

Apabila kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi maka sangat penting untuk mengecek kendaraan sebelum berangkat mudik, Hal ini bertujuan agar kendaraan kamu bisa lancar sampai tujuan dan menghindari mogok ditengah jalanan.

Membawa Obat-obatan

Dikarenakan mudik merupakan perjalanan yang jauh maka kamu harus menyiapkan obat obatan hal ini bermaksud sebagai antisipasi apabila ketika dijalan mengalami suatu hal yang tidak di inginkan seperti mabuk perjalanan.

Kondisi Tubuh Harus Fit

Sebelum melakukan perjalanan mudik pastikan kamu istirahat yang cukup Istirahat yang cukup sangat penting sebelum melakukan mudik, hal ini agar ketika diperjalanan kamu lebih segar dan juga berstamina.

Bagi Anda yang menjalankan ibadah puasa, wajar jika badan terasa kurang bertenaga karena asupan kalori yang terbatas. Namun, kondisi ini bukan alasan untuk enggan beraktivitas, termasuk menjaga kebugaran dengan berolahraga. Aktif bergerak akan membuat tubuh terasa lebih fit karena peredaran darah lancar.

Jika diperlukan, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mudik. Hal ini penting terutama jika pemudik berada dalam kondisi kesehatan khusus, misalnya menderita penyakit tertentu atau berada dalam keadaan hamil. Apabila ada obat-obatan yang rutin dikonsumsi, persiapkan sejak awal.

Tentukan Rute Perjalanan

Baik mudik ke tempat yang dekat maupun jauh, sangat penting untuk menentukan rute perjalanan sebelum berangkat. Biasanya, ada jalur-jalur alternatif yang bisa dipilih supaya perjalanan lebih singkat dan nyaman. Nah, hal ini perlu dipertimbangkan sebelum berangkat.

Menentukan rute akan membuat Anda lebih mudah untuk menyusun itinerary perjalanan, apalagi jika jarak yang ditempuh lumayan jauh. Pertimbangkan apakah Anda harus berhenti di restoran tertentu atau rest area saat menggunakan kendaraan pribadi untuk makan dan beristirahat.

Bawa Perlengkapan Secukupnya

Jika hanya mudik sebentar, Anda tidak perlu membawa terlalu banyak barang. Bawalah benda-benda yang paling dibutuhkan sehingga barang bawaan lebih ringkas. Hal ini khususnya berlaku jika Anda melakukan perjalanan dengan transportasi umum dan tidak ada fasilitas bagasi.

Oleh karena itu, lakukan packing barang dengan cermat sebelum berangkat. Buatlah daftar barang yang harus dibawa supaya tidak ada yang ketinggalan. Apabila masih terlalu banyak, sortir barang yang tidak terlalu diperlukan. Cara ini akan membantu Anda mempersiapkan bawaan dengan praktis sesuai kebutuhan. (*)