Ada Surga Tersembunyi, Ini 4 Pantai di Jogja yang Hidden Gem dan Instagramable Banget!

Mau nikmatin udara pantai di Jogja yang murah tapi bingung dimana? Ini dia 4 pantai di Jogja yang hidden gem dan menawan...

Ada Surga Tersembunyi, Ini 4 Pantai di Jogja yang Hidden Gem dan Instagramable Banget!

Dari sekian wisata yang ada di Jogja, nggak afdol kalau belum menikmati suasana alamnya. Salah satunya pantai. Pantai di Jogja epiknya bukan main, fotogenik banget.

Beauties mau cari suasana di Jogja yang bisa segerin mata sekaligus hati? Kemana lagi kalau bukan ke pantai. Banyak pantai di Jogja yang hidden gem dan instagramable. Siap menyingkirkan kepenatan, Beauties.

Nah, simak berikut 4 pantai yang ada di Jogja. Mulai dari pantai pasir putih, adanya wahana kano dan snorkeling!

1. Pantai Watulawang

Pantai Watulawang salah satu pantai di Jogja
Panorama Pantai Watulawang yang indah/Foto: instagram.com/xaverius_endro

Salah satu daerah di Yogyakarta yaitu Kabupaten Gunung Kidul memang kaya akan wisata pantainya. Sebut saja wisata Pantai Watulawang. Siapa sih yang nggak mengenal pantai ini?

Pantai Watulawang terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya berada di antara Pantai Indrayanti bagian barat dan Pantai Pok Tunggal bagian timur.

Untuk menuju pantai ini, Beauties memerlukan waktu sekitar 66 kilometer dari pusat kota Malioboro. Jika dihitung jarak Pantai Watulawang dengan Pantai Indrayanti hanya sekitar 550 meter atau sekitar tiga menitan.

Di pantai ini Beauties akan menikmati pemandangan gemuruhnya ombak di lautan, bermain ombak dan pasir putih di bibir pantai, dan bukit batu. Berdiri di bukit batu dengan menanti sunset atau sunrise adalah pilihan yang terbaik. Nggak cuma itu, fasilitas untuk camping juga disediakan. Pokoknya paket komplit. 

Harga tiket masuk ke wisata Pantai Watulawang berkisar mulai Rp10 ribu. Sementara untuk jam operasionalnya adalah 24 jam. 

2. Pantai Parangtritis

pantai di Jogja yang menawan adalah Pantai Parangtritis
Suasana Parangtritis saat sore hari/Foto: instagram.com/ihsanudn

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai selatan Jogja yang paling diingat dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan mancanegara. Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

Pantai yang kental dengan adanya mitos tentang Nyi Roro Kidul ini, cocok sebagai tempat menikmati sunset maupun sunrise. Terkait fasilitas yang disajikan, sudah tidak perlu diragukan lagi. Beauties bisa menikmati wahana seperti jip wisata, andong (kereta kuda) yang menyusuri sepanjang pesisir pantai, ATV, hingga paralayang.

Buat yang suka foto-foto, tenang. Ada kawasan gumuk pasir yang instagramable yang siap mempercantik foto, Beauties. 

Parangtritis adalah pantai berbentuk landai yang berada di jajaran pantai selatan Pulau Jawa. Alhasil, pemandangannya langsung menghadap ke laut lepas tepatnya Samudera Hindia.

Selain itu, Pantai Parangtritis konon memiliki ombak yang bisa mencapai ketinggian 2-3 meter. Ngeri-ngeri sedap, bukan! Saking indahnya Pantai Parangtritis, Alm. Penyanyi Didi Kempot pernah membuat lagu bertajuk "Parangtritis" pada 2015 silam.

Tiket masuk menuju Parangtritis dibanderol mulai Rp10 ribu.

3. Pantai Kesirat

pantai di jogja yang hidden gem adalah Pantai Kesirat
Keindahan Pantai Kesirat/Foto: instagram.com/ihsanudn

Cari pantai yang hidden gem tapi epik? Coba ke Pantai Kesirat. Pantai satu ini berada di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Saat menyusuri Pantai Kesirat, Beauties akan dimanjakan dengan hamparan pasir pantai, tebing karang yang curam diselingi vegetasi hijau, dan pohon tua di pinggir tebing. Konon, pohon ini merupakan satu-satunya pohon yang tumbuh di tepi pantai.

Lantaran keberadaan pohon itu cukup unik dan langka, maka tak ayal banyak pengunjung yang mengabadikan momen dengan berswafoto di sekitar pohon tua itu.

Tak hanya berswafoto saja loh. Ada banyak wahana yang bisa dinikmati pengunjung yaitu camping dan rock fishing. Tumpukan tebing yang memiliki tinggi mencapai 15-30 meter, sering dijadikan sebagai objek untuk memancing sekaligus menikmati waktu sunset. 

Untuk mengunjungi Pantai Kesirat, Beauties hanya perlu merogoh kocek mulai Rp5000 hingga Rp15 ribu saja. 

4. Pantai Drini

pantai di Jogja yang indah yaitu Pantai Drini
Pantai Drini dengan tebingnya yang menjulang tinggi/Foto: instagram.com/city.tour.jogja

Ada yang menyebut Pantai Drini adalah Pantai Perawan. Kok bisa? Asal usul Pantai Drini disebut sebagai Pantai Perawan adalah lantaran air lautnya yang jernih, area pantai yang luas, serta pasir putihnya yang menawan.

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini memang tidak begitu terkenal seperti Pantai Parangtritis. Namun, dia memiliki panorama yang tidak kalah cantik. 

Drini merupakan pantai yang memiliki pulau ditengahnya. Ya, pulau itu bernama Pulau Drini. Hal ini tentu menjadi keistimewaan tersendiri bagi Pantai Drini. Selain itu, Drini cocok untuk kegiatan snorkeling loh. Pantai Drini terkenal dengan aneka ikan laut serta terumbu karangnya yang elok.

Sekedar ingin menikmati keindahan pantai sembari menelusuri setiap deburan ombak Drini? Coba naik kano. Nggak kalah seru dengan snorkeling kok. Jika mau menikmati angin laut yang sepoi, bisa singgah di gazebo atau di bawah payung pelangi. 

Diketahui untuk memasuki kawasan Pantai Drini, Beauties hanya ditarik uang tiket berkisar Rp10 ribu.

Nah, itu tadi 4 pantai di Jogja yang tentunya keren abis. Gimana, apakah Beauties pernah kesana? Kalau belum jangan lupa masukin ke itinerary, Beauties ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)