Begini Kinerja Rata Kanan Xiaomi 14 dengan Snapdragon 8 Gen 3

Box Xiaomi memperlihatkan langsung bagaimana performa yang ditawarkan Xiaomi 14 dengan Snapdragon 8 Gen 3, terutama saat digunakan buat main game Android dengan

Begini Kinerja Rata Kanan Xiaomi 14 dengan Snapdragon 8 Gen 3

Hawaii, Amerika Serikat, Uzone.id - Xiaomi 14 dipastikan menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 3. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Partner & President Xiaomi, William Liu, di tengah-tengah gelaran Snapdragon Summit 2023 yang diselenggarakan di Hawaii, Selasa (24/10).

“Tanggal 26 bulan ini, kami akan meluncurkan Xiaomi 14 dan ini menggunakan Snapdragon 8 Gen 3! Ini adalah yang pertama platform dan device yang baru yang diluncurkan bersamaan,” jelasnya.

Selain memastikan tanggal peluncuran Xiaomi 14 yang tak jauh berbeda dengan debut Snapdragon 8 Gen 3, William memperlihatkan langsung bagaimana performa yang ditawarkan Xiaomi 14 nantinya, terutama saat digunakan buat main game Android dengan grafis AAA seperti Genshin Impact.

WIlliam menyampaikan, Xiaomi 14 dengan Snapdragon 8 Gen 3 dapat membuka hingga 30 aplikasi hanya dalam 140 ms saja. Meski ini klaim sepihak, tapi ia menunjukkan seberapa tinggi kinerja dari suksesor Xiaomi 13 tersebut.

“Xiaomi dan Qualcomm, kami memiliki kerja sama yang panjang. Dan Xiaomi 14 adalah produk terbaru kami hasil kolaborasi dengan Qualcomm,” kata William, di Snapdragon Summit 2023.

Baca Juga :

Images

“Xiaomi 14 sangat powerful meski form factor-nya kecil. Performanya tinggi, Xiaomi 14 bisa membuka 30 aplikasi hanya dalam 140 ms,” klaimnya.

Sementara untuk bermain game, game seberat Genshin Impact dapat dijalankan secara stabil pada frame rate 59,39 FPS. Bermain game dengan grafis AAA seperti itu, Xiaomi 14 diklaim tak mengalami overheat.

“Gaming juga performanya lebih baik, game seperti Genshin Impact bisa dimainkan secara stabil pada frame rate 59,39 FPS dengan suhu ponsel maksimal 43,2 derajat Celcius,” ujar William.

“Dari pengalaman kami, Snapdragon 8 Gen 3 adalah platform paling efisien di dunia saat ini,” pungkas William.

alt-img

Dari bocoran yang beredar, layarnya OLED seluas 6,36 inci, tidak terlalu besar dan kecil, namun pas untuk dioperasikan dengan satu tangan. Refresh rate layarnya mencapai 120Hz dengan dukungan Dolby Vision, HDR10+, serta jangkauan warna sampai 12-bit color.

Ponsel ini gak cuma jadi yang pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 saja, tapi menjadi smartphone pertama dengan sistem operasi HyperOS. Kinerjanya makin lancar berkat RAM berjenis LPDDR5x dan memori penyimpanan berjenis UFS 4.0 dengan kapasitas yang besar.

Baca Juga :

Images

Baterainya berkapasitas 4.600 mAh, lebih besar dari sebelumnya, yang didukung pula dengan fast charging mencapai 90W, 50W wireless charging dan 10W reverse wireless charging.

Di sektor kamera, Xiaomi membenamkan kamera belakang dengan lensa Leica Summilux. Ada tiga kamera, terdiri dari kamera utama 50 MP bersensor OmniVision OV50H dengan dukungan optical image stabilization (OIS), kamera ultrawide 50 MP, dan kamera telephoto 50 MP. 

Teknologi lain yang dibenamkan pada smartphone ini antara lain, speaker stereo, IR Blaster, solusi thermal yang lebih bagus, hingga sertifikasi IP68 tahan air dan debu.

Cek informasi menarik lainnya di Google News