Aplikasi Android Terkenal Kuras Rekening, Hapus Sekarang!

Aplikasi Android yang sudah diinstal 2 juta kali ternyata kuras rekening. Hapus sekarang!

Aplikasi Android Terkenal Kuras Rekening, Hapus Sekarang!
image

Jakarta, CNBC Indonesia - Waspada terhadap aplikasi-aplikasi populer di Android karena mereka bisa menguras isi rekening Anda. Hal tersebut diketahui dari laporan terbaru dari Doctor Web.

Mereka mengidentifikasi beberapa aplikasi Android yang diinstall lebih dari 2 juta, menyamar sebagai aplikasi game atau produktivitas, namun sebenarnya adalah software untuk mendistribusikan dan menayangkan iklan pop-up tanpa henti dan berpotensi membawa malware.

Celah ini awalnya ditemukan oleh Bleeping Computer. Kini, aplikasi-aplikasi itu kini telah dihapus dari Google Play. Tapi jika Anda masih punya aplikasinya, segera hapus dari perangkat.

Aplikasi tersebut bernama Super Skibydi Killer, yang telah dipasang lebih dari satu juta kali. Aplikasi tersebut menjanjikan sebuah permainan di mana pemain berperan sebagai "pembunuh super" dan mencoba membunuh musuh mereka melalui serangkaian permainan menembak.

Setelah terinstal, Super Skibydi Killer dan lainnya mencoba "bersembunyi dari pengguna" dengan menggunakan ikon layar beranda transparan atau yang tampak seperti browser Google Chrome.

"Saat pengguna mengklik ikon tersebut, trojan meluncur ke browser dan terus beroperasi di latar belakang," kata Doctor Web, dikutip dari PCMa, Senin (30/10/2023).

Aplikasi lain yang menjadi bagian dari skema ini termasuk Agent Shooter, Rainbow Stretch, dan Rubber Punch 3D.

Doctor Web juga menemukan dua aplikasi keluarga Joker di Google Play yang membuat pengguna berlangganan layanan berbayar.

Salah satu aplikasi tersebut, Love Emoji Messenger, telah diunduh sebanyak 50.000 kali. Aplikasi lain, Beauty Wallpaper HD, hanya diunduh sekitar 1.000 kali.

Selain itu, situs tersebut juga menemukan beberapa aplikasi palsu yang didistribusikan sebagai software keuangan untuk hal-hal seperti perdagangan saham atau akuntansi rumah.

Namun pada kenyataannya mereka malah meluncurkan situs penipuan di mana korbannya didorong untuk menjadi investor. Aplikasi tersebut termasuk GazEndow Economic, MoneyMentor, FinancialFusion, dan Financial Vault.

Game lain di Google Play diiklankan sebagai game, tapi setelah dipasang, ia malah memuat situs web kasino online. Game-game tersebut antara lain Eternal Maze, Jungle Jewels, Stellar Secrets, Fire Fruits, Cowboy's Frontier, dan Enchanted Elixir.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

HP Tak Laku, Ponsel China Merana Cuma Ini yang Laris


(fab/fab)