Android Diprediksi Akan Lebih Bertenaga Ketimbang IPhone pada 2023

Tahun ini, dikatakan smartphone Android akan bisa lebih bertenaga dan melampaui iPhone. Hal ini bisa dicapai berkat Snapdragon 8 Gen 2 baru.

Android Diprediksi Akan Lebih Bertenaga Ketimbang IPhone pada 2023
image

JawaPos.com – Sepanjang 2022 yang baru saja berlalu, banyak sekali smartphone yang hadir. Terutama Android yang terus menelurkan model terbaru dari berbagai merek, kategori ini juga makin kuat dari waktu ke waktu. Meski demikian, smartphone Android paling kuat saat ini tetap belum ada yang bisa menggoyahkan dominasi iPhone bikinan Apple. IPhone, selalu unggul dalam hal performa ketimbang smartphone Android terkuat sekali pun.

Namun untuk 2023 ini diprediksi tidak lagi demikian. Tahun ini, dikatakan smartphone Android akan bisa lebih bertenaga dan melampaui iPhone. Hal ini bisa dicapai berkat Snapdragon 8 Gen 2 baru yang diperkenalkan Qualcomm November lalu.

Dengan chip tersebut, dilansir dari Gizchina, tampaknya ponsel Android teratas akhirnya akan sekuat model iPhone terbaru setelah bertahun-tahun kalah. Ponsel cerdas pertama yang menjalankannya sekarang tersedia di pasaran, dan ulasan awalnya sangat bagus.

Menurut tes yang dilakukan pada Xiaomi 13 oleh @Golden Reviewer dan diposting di Twitter, prosesor Qualcomm yang baru menawarkan peningkatan yang signifikan dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan chip Snapdragon 8+ Gen 1, yang meningkatkan efisiensi di beberapa area.

Tentu saja, Anda mungkin khawatir hal ini akan mengakibatkan masa pakai baterai lebih pendek dan panas yang lebih besar dihasilkan oleh prosesor. Tetapi penelitian tersebut mengungkapkan bahwa meskipun 10 persen lebih bertenaga, inti paling kuat Snapdragon 8 Gen 2 masih beroperasi pada kecepatan yang setara dengan Snapdragon 8+ Gen 1.

Kritik paling serius yang dapat ditujukan pada Qualcomm adalah tampaknya mereka berkonsentrasi terutama pada peningkatan empat core besar, yang diaktifkan saat kita membutuhkan kinerja tinggi, seperti selama aplikasi atau permainan video yang menuntut daya lebih. Inti yang efisien hampir tidak berubah sejak generasi sebelumnya.

Namun, seperti yang ditekankan Max Weinbach, faktor krusialnya adalah kekuatan benturan ini membuat chip terbaru Apple mudah dijangkau. Bermain game seharusnya berjalan lancar karena Snapdragon 8 Gen 2 dapat menyaingi Apple A16 yang terdapat di iPhone 14 Pro dalam hal performa GPU. Ini kira-kira sama dalam hal kinerja CPU.

Prediksi ini juga didukung dengan Apple dikabarkan akan mengubah strateginya dengan iPhone generasi berikutnya, menekankan pada efisiensi dari pada kinerja, dan Qualcomm memiliki keunggulan dengan Nuvia, pembuat chip yang dibentuk oleh mantan pekerja Apple yang dibeli pada awal 2021 dan akan berdampak pada chip masa depan.

Atas dasar hal tersebut, tidak mengherankan jika ponsel Android segera mengungguli iPhone dalam hal daya. Benarkah demikian? Kita nantikan saja karena setiap ponsel Android terkuat pasti akan mampir ke meja redaksi JawaPos.com untuk diuji.