7 Tempat Wisata Cikarang yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Memangnya ada tempat wisata di Cikarang? Tentu saja ada! Daripada Anda pergi jauh-jauh, coba kunjungi berbagai tempat wisata Cikarang berikut ini!

7 Tempat Wisata Cikarang yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Cikarang merupakan sebuah kota kecil yang masih berada di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Cikarang termasuk tempat strategis mengingat posisinya berada di tengah-tengah kota besar, seperti Bandung, Cirebon, dan Jakarta. Itu sebabnya kota satu ini sering dilalui masyarakat. Walau demikian, tidak banyak orang tahu tentang berbagai tempat wisata Cikarang.

Masyarakat hanya melewati Cikarang karena kota-kota di sekitarnya jauh lebih dikenal. Kalau AutoFamily sedang mencari tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga di Lebaran 2023 maka Cikarang bisa dijadikan salah satu pilihan. 

Namun sebelum pergi, pastikan AutoFamily sudah membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk pemeriksaan berkala. Layanan Bengkel Toyota akan memastikan mobil Anda berada dalam kondisi terbaiknya sehingga perjalanan yang dilakukan tidak ada masalah.

Tanpa berpanjang lebar lagi mari cari tahu berbagai tempat wisata Cikarang di bawah ini! 

Berbagai Tempat Wisata Cikarang untuk Libur Lebaran

Bersantai di kota yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya jelas memberikan pengalaman yang berbeda. Namun bukan berarti buruk, justru Anda sedang mencoba hal baru dan ini adalah sesuatu yang bagus. Jadi mari siapkan liburan Anda dan susun itinerary dengan tempat-tempat berikut ini. 

1. Jababeka Botanical

Buat Anda yang suka berolahraga, Jababeka Botanical bisa dijadikan tempat yang tepat. Tempat ini terdiri dari wilayah yang cukup besar dengan berbagai fasilitas, seperti area untuk berolahraga, toilet, musala, wisata edukasi tumbuhan, hingga area makan untuk mengisi tenaga. 

Anda tentu dapat menghabiskan waktu seharian selama berada di Jababeka Botanical. Pada pagi hari Anda bisa berolahraga bersama keluarga, kemudian dilanjutkan dengan berjalan-jalan di area tanaman untuk belajar berbagai jenis spesiesnya. 

DAPATKAN PENAWARAN AVANZA TERBARU HANYA DI AUTO2000

image

2. Waterpark Cikarang

Bermain air untuk mendinginkan tubuh dari panas matahari terik memang menjadi alternatif paling seru. Tenang saja, tempat bermain air ini sangat family-friendly sehingga anak-anak bisa leluasa bersenang-senang seharian. 

Tersedia wahana air megah yang pastinya sangat seru dan menantang. Untuk Anda yang sudah dewasa, ada banyak wahana menantang yang tidak kalah menyenangkan. Kemudian ada area arus yang airnya cukup deras. 

Meski demikian, arus ini buatan dan Anda tidak perlu khawatir akan terjadi hal berbahaya pada anak-anak. Namun Anda tetap harus memperhatikan mereka agar semua kondisi terkendali. 

Baca juga: Exit Tol Cikarang Barat dan Pilihan Lainnya Menuju Cikarang

3. Kampoeng Djamoe Organik

Zaman sekarang sudah sangat sulit menemukan lahan hijau luas yang bisa dikunjungi. Lahan tanah kosong selalu diubah menjadi perumahan atau bahkan kawasan ruko. Namun ternyata lahan hijau seperti ini masih bisa Anda temukan di Cikarang. 

Disebut sebagai Kampoeng Djamoe Organik, tempat ini punya luas tanah 10 ha dengan 600 lebih jenis spesies tanaman obat yang ditumbuhkan secara organik. Tempat ini terbagi menjadi 2, yakni Aromatic Land dan Beauty Land. 

Tentunya Aromatic Land dipenuhi dengan berbagai tanaman yang mengeluarkan aroma menarik. Beberapa di antaranya ialah pandan, melati, som jawa, kenangka, kayu putih, kamboja, dan lain sebagainya. 

Di sini Anda dan keluarga bisa mengenal berbagai jenis spesies tanaman sekaligus merasakan sejuknya area hijau tersebut. 

4. Saung Ranggon

Saung Ranggon merupakan rumah panggung yang sudah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya tempat ini didirikan sebagai area berlindung dari kejaran Belanda. Namun sekarang sudah dijadikan sebagai tempat menaruh benda-benda pusaka sekaligus tempat berziarah. 

Banyak orang termasuk beberapa bagian masyarakat percaya bahwa berziarah ke tempat ini dapat mendatangkan kejadian baik. Mereka banyak meminta bantuan agar proses kenaikan pangkat berjalan lancar, tetap diberi kesehatan, dan lain sebagainya. 

Terlepas dari kepercayaan yang Anda punya, tidak ada salahnya datang ke tempat ini untuk melihat berbagai pusaka yang ditampilkan. Anda jadi bisa belajar hal baru tentang sejarah Indonesia sekaligus memahami bagaimana kebudayaan warga setempat. 

Baca juga: Daftar Exit Tol Cikampek yang Wajib Diketahui

5. Taman Sehati

Taman Sehati bisa dijadikan tempat bercengkrama dan juga bersantai apabila Anda sudah lelah berkeliling seharian. Tempat ini sebenarnya sebuah taman biasa yang memiliki berbagai ikon hati besar. 

Namun masyarakat setempat suka menggunakannya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada malam hari, Anda bisa menemukan berbagai jajanan untuk mengisi perut sambil menikmati pemandangan kota Cikarang. 

6. Pusat Perbelanjaan

Meski bukan pusat perekonomian dan bisnis seperti Jakarta, Cikarang tetap punya semua fasilitas yang masyarakat butuhkan termasuk pusat perbelanjaan. Setidaknya ada 2 pusat perbelanjaan yang bisa Anda kunjungi selama di Cikarang. 

Masing-masing pusat perbelanjaan menawarkan keberagaman toko, tempat makan, dan fasilitas yang bisa Anda gunakan. Jadi tinggal pilih saja salah satu pusat perbelanjaan dan habiskan waktu menyenangkan bersama keluarga Anda!

DAPATKAN KUPON SERVICE UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000

7. Gedung Juang 45

Selanjutnya Cikarang juga punya tempat bersejarah lainnya yang patut Anda kunjungi. Gedung Juang 45 benar-benar merupakan tempat yang digunakan dalam masa penjajahan untuk bertahan melawan Sekutu dan Jepang. Bisa dibilang tempat ini merupakan pusat kekuatan RI untuk kawasan Tambun dan Cibarusah. 

Sekarang, Gedung Juang 45 sudah dijadikan museum yang menyimpan berbagai peninggalan. Terdapat foto-foto zaman penjajahan dan juga kemerdekaan yang bisa membuat pengunjungnya memiliki gambaran tentang masa lalu. Kemudian ada juga area digital yang menampilkan video perjuangan rakyat Bekasi. 

Kemungkinan besar Anda sudah tahu alur cerita penjajahan Indonesia hingga kemerdekaannya. Namun tempat ini akan menceritakan sejarah Indonesia yang lain, khususnya dari perspektif rakyat Bekasi. Pastinya seru mendapatkan pengetahuan baru lagi tentang Indonesia serta perjuangan hebat di baliknya. 

Anak-anak Anda jadi bisa lebih menghargai perjuangan serta dapat menumbuhkan sikap nasionalisme dalam diri. 

image

Jadi itu dia berbagai tempat wisata Cikarang yang bisa Anda kunjungi. Tentunya masih ada banyak hal lain yang bisa Anda temukan saat datang ke Cikarang. Anda perlu mencoba berbagai kuliner khasnya yang tidak ada di Jakarta atau daerah lainnya. 

Manfaatkan kesempatan yang ada untuk menjelajahi Cikarang. Jadi setelah ini Anda bisa dengan bangga memberitahukan apa saja yang ada di kota Cikarang kepada kerabat yang ingin melakukan liburan. 

Durasi ke tempat ini juga hanya menghabiskan 1 sampai 2 jam sehingga Anda bisa menggunakan mobil pribadi agar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya sewa kendaraan. Tidak perlu khawatir apabila Anda menghadapi masalah ketika berada di Cikarang. Tersedia Bengkel Toyota Cikarang yang siap membantu Anda mengembalikan mobil ke dalam kondisi terbaiknya. 

Namun agar terhindar dari hal-hal berbahaya, pastikan Anda sudah membawa mobil ke bengkel Auto2000 sebelum keberangkatan. Jadwalkan kedatangan Anda sekarang melalui Auto2000 Digiroom!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.