7 Film Indonesia yang Mengandung Pesan Moral dan Pelajaran Hidup

Selain menghibur sejumlah film Indonesia juga mengandung pesan dan makna. Berikut film Indonesia yang mengandung pesan moral.

7 Film Indonesia yang Mengandung Pesan Moral dan Pelajaran Hidup
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada beragam genre yang meramaikan industri perfilman Indonesia. Tak sekadar menghibur, di dalamnya juga terdapat pesan. Sejumlah film Indonesia juga diketahui mengandung pesan moral yang sarat makna.

Meski memiliki pesan moral dan menginspirasi, tetapi saat menontonnya kita tidak akan merasa seperti digurui. Selain itu, setiap filmnya juga menyuguhkan jalan cerita yang menarik sehingga membuat penontonnya terus menyaksikan hingga akhir cerita film.

Jika Anda sedang mencari rekomendasi film Indonesia yang mengandung pesan moral dan penuh makna, simak daftarnya di bawah ini, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Gie (2005)

Mengangkat kisah seorang tokoh nasional Indonesia, Gie merupakan film yang memiliki pesan moral di dalamnya. Film ini menceritakan tentang seorang mahasiswa bernama Soe Hok Gie yang berjuang untuk mendapatkan HAM bagi rakyat Indonesia.

Sejumlah pelajaran pun dapat diambil dari film yang dibintangi oleh Nicholas Saputra ini, mulai dari keberanian untuk bicara hingga keberanian melawan kolusi.

2. 5 Cm (2012)

Film berjudul 5 Cm ini bercerita tentang perjalanan menuju puncak Mahameru yang dilakukan oleh sekelompok sahabat. Namun mereka harus menemui banyak hambatan, mulai dari cuaca hingga faktor yang berasal dari dalam diri mereka sendiri.

Meski demikian, perjalanan mendaki tersebut banyak memberikan pelajaran dan mengubah hidup mereka dan juga penontonnya. Film ini mengajarkan perjuangan, persahabatan, serta rasa bangga dan cinta kepada tanah air.

3. Keluarga Cemara (2018)

Film 'Keluarga Cemara'.Film Indonesia yang mengandung pesan moral, salah satunya Keluarga Cemara (Foto: Dok. Visinema) 

Keluarga Cemara merupakan film yang diadaptasi dari novel milik Arswendo Atmowiloto. Drama keluarga ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang tinggal di Jakarta. Namun, mereka harus pindah ke desa karena masalah finansial.

Abah dan keluarga harus mampu beradaptasi dengan hal-hal baru di desa. Ditambah lagi sejumlah permasalahan juga turut datang silih berganti. Film ini sarat akan nilai-nilai kekeluargaan, perjuangan, dan kebersamaan.

4. Imperfect (2019)

Film Indonesia yang mengandung pesan moral selanjutnya adalah Imperfect, yang bercerita tentang seorang perempuan yang lahir dengan tubuh gemuk dan berkulit agak gelap bernama Rara.

Suatu hari, Rara memperoleh peluang untuk naik jabatan di perusahaan kosmetik tempatnya bekerja. Namun, bosnya meminta Rara untuk mengubah penampilannya.

Imperfect merupakan film yang akan memberikan semangat dan rasa percaya diri untuk para penontonnya. Oleh sebab itu, film ini bagus untuk ditonton siapa pun yang sedang merasa insecure dengan kondisi tubuh.

5. Dua Garis Biru (2019)

Film 'Dua Garis Biru'. (dok. Starvision Plus)Film Indonesia yang mengandung pesan moral, salah satunya Dua Garis Biru (Foto: dok. Starvision Plus)

Dua Garis Biru merupakan film yang menceritakan tentang dua remaja yakni Dara dan Bima yang berpacaran tetapi berani melakukan sesuatu yang di luar batas. Hal tersebut membuat keduanya harus bertanggung jawab atas perbuatan mereka.

Film ini memberikan pesan bahwa pendidikan seks sepatutnya diajarkan orang tua kepada anak untuk menghindari berbagai hal negatif terjadi. 

Meski pendidikan seks masih terkesan tabu, alangkah baiknya orang tua selalu mengingatkan mengenai dampak yang bisa terjadi di masa depan.

6. Yuni (2021)

Datang dari sutradara wanita yakni Kamila Andini, Yuni merupakan film yang bercerita tentang seorang remaja bernama Yuni yang mendapat lamaran dari dua pria berbeda.

Yuni dituntut oleh budaya dan ekspektasi lingkungan yang mengatakan bahwa wanita tidak perlu memiliki pendidikan tinggi.

Film Yuni berhasil mengangkat masalah-masalah yang kerap menghantui remaja perempuan serta menunjukkan perjuangan perempuan dalam melawan budaya patriarki.

7. Penyalin Cahaya (2021)

Film Penyalin CahayaFilm Indonesia yang mengandung pesan moral, salah satunya Penyalin Cahaya (Foto: Tangkapan layar instagram @penyalincahaya)

Penyalin Cahaya bercerita tentang Suryani yang datang ke pesta perayaan grup teater di kampusnya. Namun, keesokan harinya, ia terbangun dalam kondisi tak mengingat apa pun.

Selain berhasil mengundang emosi penontonnya, film ini juga mengandung sejumlah nilai hidup yang dapat dipetik.

Pesan yang terdapat di film ini adalah jangan mudah memercayai orang lain dan berani untuk mencari kebenaran. Ceritanya yang menarik dan didukung oleh akting para pemainnya yang apik membuat film ini memperoleh banyak nominasi di Festival Film Indonesia.

Demikian sejumlah film Indonesia yang mengandung pesan moral. Selamat menonton!

(juh)

[Gambas:Video CNN]