Joko Anwar: Film Indonesia Bisa Mendunia, Asal...

Sutradara Joko Anwar belum lama ini meluncurkan pendapat yang cukup mengejutkan

Joko Anwar: Film Indonesia Bisa Mendunia, Asal...

SUTRADARA film Indonesiaa Joko Anwar belum lama ini meluncurkan pendapat yang cukup mengejutkan. Orang di balik film Pengabdi Setan tersebut mengatakan bahwa film atau serial indonesia bisa mendunia, asalkan ada faktor pentingnya.

Faktor yang yang dimaksud Joko adalah agar film Indonesia bisa dinikmati oleh negara lain, yakni memiliki cerita yang universal.

"Saya percaya bahwa cerita yang menarik itu adalah cerita yang punya tema universal, tapi diceritakan dari sudut pandang filmmaker-nya," jelas Joko seperti yang dikutip dari laman Antara.

Baca juga:

Pentingnya Peran Film Sebagai Media Promosi Pariwisata

Joko Anwar berpendapat film Indonesia bisa mendunia asalkan mengambil cerita yang universal. (Foto: pixabay/geralt)

Menurut Joko, cerita yang diambil dengan isu serta latar belakang budaya lokal tetap bisa terhubung dengan masyarakat mancanegara. Bahkan, hal itu bisa menjadi refleksi untuk penonton di sejumlah belahan dunia lain.

"Seperti halnya tentang perceraian, tapi dari sudut pandang filmmaker-nya. Di Indonesia cerai gampang misalnya tapi peraturan di negara lain susah. Di negara lain bisa buat bercermin," sambungnya.

Selain itu, ia menuturkan bahwa para sineas Indonesia saat ini memiliki tantangan yang besar di industri film, bukan hanya di Indonesia tapi dunia.

Hal itu tak lepas dari berkembangnya platform digital yang menuntut para pembuat film, untuk terus meningkatkan kemampuan agar memiliki daya saing global.

Baca juga:

Perankan Karakter Ibu di Film 'Broker', IU Berusaha Keras

Sutradara kelahiran Medan 3 Januari 1976 itu menyarankan, bahwa setiap film atau serial diharapkan bisa menunjukan keunikan atau unsur yang otentik dengan kehidupan masyarakat Tanah Air. Hal tersebut pun bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk penonton global.

"Mau enggak mau harus meningkatkan skill kita. Harus ada sesuatu yang khas dari film atau serial itu, apa keunikan karakternya, apa keunikan negaranya," jelas Joko.

Film harus memiliki keunikan dan karakter yang kuat. (Foto: pixabay/janbaby)

Sebagai informasi, Joko bergabung dengan sineas Indonesia lain dalam proyek Waktu Netflix Indonesia. Ia akan menghadirkan sebuah serial bergenre sci-fi thriller berjudul Nightmares and Daydreams.

Serial tersebut dikabarkan berkisah tentang orang-orang yang mengalami sejumlah kejadian aneh. Dengan berbagai plot, kisah-kisah tersebut pada akhirnya saling bertautan dan mencapai ujung yang dramatis. (Ryn)

Baca juga:

Official Teaser Film 'Nagih Janji Cinta' Resmi Dirilis