7 Artis Meninggal Tahun 2023, Malang Melintang di Industri Hiburan Indonesia

Artis meninggal pada tahun 2023 tentu menimbulkan duka bagi pencinta dunia entertainment.

7 Artis Meninggal Tahun 2023, Malang Melintang di Industri Hiburan Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Artis meninggal di tahun 2023 telah malang melintang cukup lama di dunia entertainment Indonesia. Beberapa artis bahkan sudah agak jarang tampil di televisi karena sudah berumur dan mengalami penyakit tertentu sebelum tutup usia.

Selama tahun 2023 ini, industri hiburan Indonesia kehilangan beberapa artis, mulai dari pemeran film, sinetron, hingga musisi. Beberapa artis ini mungkin sudah kerap mengisi layar kaca kamu di rumah, di antaranya Nani Wijaya, Eeng Saptahadi, Iqbal Pakula, Carlo Saba, hingga H. Suparman.

Artis meninggal pada tahun 2023 tentu menimbulkan duka bagi pencinta dunia entertainment. Apalagi, bagi para penggemar dari artis-artis tersebut. Setelah berkarya cukup lama di industri hiburan tentunya banyak orang yang terhibur dengan aksi-aksi mereka di layar kaca.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/8/2023) tentang artis meninggal.

2 dari 4 halaman

1. Nani Wijaya

Artis meninggal di tahun 2023 datang dari sosok senior, yaitu Nani Wijaya. Lama tidak muncul di layar kaca, Nani Wijaya sempat dikabarkan sakit. Pada awal Maret 2023, ia dilarikan ke rumah sakit. Kondisinya kritis dan alami sesak napas.

Nani Wijaya meninggal dunia di usia 78 tahun pada Kamis (16/3) pagi. Peran ikoniknya dalam dunia seni peran adalah saat dirinya bermain dalam sitkom 'Bajaj Bajuri' sebagai sosok Emak.

2. Iqbal Pakula

Artis meninggal pada tahun 2023 salah satunya adalah Iqbal Pakula. Pesinetron Iqbal Pakula meninggal dunia pada Selasa, 25 April 2023 pukul 02.30 WIB di Rumah Sakit Siloam Semanggi, Jakarta. Menurut keterangan istrinya, Handis Kardinah Reswari alias Andiez La'nuite, salah satu pemeran di sinetron Cinta Fitri itu mengidap penyakit jantung dan sempat melakukan pemasangan ring jantung.

Iqbal sempat didiagnosis mengalami leukemia pada Januari 2023. Hal ini disampaikan rekan artis, Meidiana Hutomo yang sempat bertanya langsung pada Andiez. Sementara, gejala penyakit jantung sudah dirasakan Iqbal Pakula sejak November tahun lalu yakni 2022.

3. Ikranagara

Salah satu aktor senior, Ikranagara, meninggal dunia pada 6 Maret 2023. Ikranagara meninggal dunia pada usia 79 di tanah kelahirannya, Bali. Dijelaskan Evry Joe, Ketua Humas PARFI, sebelum meninggal dunia, Ikranagara sempat mengalami sakit stroke.  Artis meninggal dunia di tahun 2023 ini memiliki karier yang cukup mentereng.

Sepanjang kariernya Ikranagara terlibat dalam 14 film dan dua sinetron. Ia pernah berperan di film Laskar Pelangi, Garuda di Dadaku, Sang Kiai, dan lain sebagainya. Ia dikenal selektif memlih proyek dan lebih aktif dalam mengembangkan dunia teater tradisional.

3 dari 4 halaman

4. Carlo Saba

Carlo Saba, salah satu vokalis Kahitna, meninggal dunia di usia 54 tahun pada Rabu (19/4/2023). Ia menambah daftar artis meninggal di tahun 2023. Carlo diketahui telah dirawat selama dua bulan di RS Mayapada, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Ia sempat kolaps saat akan tampil di sebuah kafe. Saat itu ia diduga mengalami serangan jantung.

Sebelum berpulang, Yovie Widianto mengatakan jika Carlo sempat memasang ring pada jantungnya. Kondisinya pun sempat membaik, namun kembali drop dan akhirnya Carlo Saba meninggal dunia pada pukul 21.00 WIB.

5. Connie Nurlita

Connie Nurlita merupakan pedangdut populer era 90-an yang menghembuskan napas terakhirnya di usia 51 tahun di Jakarta. Wanita kelahiran 10 Juni 1972 ini meninggal secara mendadak akibat serangan jantung. Connie Nurlita menambah daftar artis meninggal di tahun 2023.

Connie Nurlita telah memasuki industri musik dangdut sejak lama dan mendapatkan popularitas yang lebih luas dengan dirilisnya lagu hit "Ayang-Ayangmu" sebagai single utama dari album Campursari Nusantara Vol.1. Selama karirnya, Connie sering berduet dengan penyanyi terkenal seperti Ndarboy Genk dan mendiang Didi Kempot.

4 dari 4 halaman

6. Eeng Saptahadi

Artis meninggal di tahun 2023 selanjutnya adalah Eeng Saptahadi. Ia meninggal dunia pada Minggu (21/5/2023) di Rumah Sakit Primaya, Bekasi. Kabar duka ini diketahui melalui unggahan dari pemerhati film, Yan Widjaya. Eeng Saptahadi meninggal dunia di usia 65 tahun.

Lebih lanjut, Yan Widjaya menyebut bahwa Eeng Saptahadi meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Wara wiri di dunia seni peran selama 40 tahun, ia pernah membintangi berbagai sinetron, di antaranya Anak Band hingga Takdir Cinta yang Kupilih.

7. H. Suparman

Artis meninggal di tahun 2023 berikutnya adalah H. Suparman yang terkenal sebagai pemeran Haji Murod di sinetron Tukang Ojek Pengkolan. H. Suparman meninggal dunia pada Minggu (29/1/2023) sekitar pukul 11.00 WIB. Aktor yang memiliki nama lengkap H Suparman bin Supardi menghembuskan nafas terakhirnya di usia 77 tahun.

Ia meninggal di kediamannya, daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat akibat setelah menderita penyakit jantung. Kabar meninggalnya pemeran Haji Murod ini diketahui dalam unggahan Furry Setya yang juga aktor di sinetron tersebut.