5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan Besar

Film tentang perjuangan perempuan yang memilki badan besar

5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan Besar

Salah satu isu tentang body shaming yang kerap membuat para perempuan menjadi insecure adalah berat badan. Masalah ini juga diangkat beberapa film dan series Indonesia.

Inilah beberapa tayangan film dan series Indonesia, tentang perjuangan perempuan yang mendapatkan stigma negatif gegara berbadan besar, dan perjuangan melakoninya. 

1. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan (2019)

5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan BesarImperfect (dok. Starvision Plus / Imperfect )

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan, menjadi film Indonesia pertama yang ikut menyuarakan keresahan perempuan dalam hal bentuk badan. Film ini mendulang kesuksesan dan penghargaan. Film ini juga sukses dalam hal jumlah penonton, yang ditonton dua juta lebih penonton. 

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan, menceritakan tentang keresahan yang kerap dialami seorang perempuan bernama Rara (Jessica Mila). Sejak kecil, dirinya sering dibandingkan dengan sang adik yang terlihat lebih langsing, putih dan terawat. Tidak jarang, Rara diatur dalam hal makanan oleh sang ibu.

Keresahan Rara tidak hanya di lingkungan keluarga saja, tetapi berujung ke dunia kerja, yang lebih menghargai seseorang mempunyai fisik langsing.

2. Gendut Siapa Takut?! (2022)

5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan BesarGendut Siapa Takut?! (dok. Spectrum Film / Gendut Siapa Takut?!)

Keresahan dalam hal bentuk tubuh, kembali disuarakan oleh film Gendut Siapa Takut?! (2022). Sebuah film yang disutradarai oleh Pritagita ini, menceritakan tentang keresahan yang dialami oleh Moza (Marshanda), seorang penulis novel berbadan gemuk, yang kerap ditanyai kapan menikah oleh sang ibu dan orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga: 7 Film Indonesia dengan Rating Tertinggi Tahun 2023 Berdasarkan IMDb

3. 200 Pounds Beauty (2023)

5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan Besar200 Pounds Beauty (dok. MD Pictures / 200 Pounds Beauty)

Diadaptasi dari film Korea Selatan yang sempat viral, kali ini ada 200 Pounds Beauty (2023). Film yang diproduksi oleh MD Pictures ini, menceritakan kisah seorang perempuan berbadan besar yang mempunyai untuk menjadi seorang penyayi terkenal. Namun terkendala karena badannya yang besar.

Bosan menjadi penyanyi di belakang layar, Juwita (Syifa Hadju) akhirnya memutuskan untuk merubah fisiknya dengan cara operasi plastik. Kebahagiaan dan kesuksesan, secara otomatis didapatkan Juwita dengan cara yang cepat. Namun sayangnya, hal tersebut tidak bertahan lama, karena Juwita merasa kehilangan jati diri yang sesungguhnya.

4. Series Induk Gajah (2023)

5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan BesarInduk Gajah (dok. MD Entertainment / Induk Gajah)

Marshanda kembali bermain akting tentang isu keresahan bentuk badan perempuan, berjudul Induk Gajah. Sebuah series yang berlatarkan keluarga Batak ini, berfokus pada Ira (Marshanda), yang kerap dijodoh-jodohkan oleh sang ibu. Hal ini dilakukan, karena Ira yang memiliki bentuk badan besar tidak kunjung memiliki kekasih.

Selain dijodoh-jodohkan, Ira juga kerap diatur-atur dalam hal makan oleh sang ibu. Bahkan hampir setiap hari, harus menimbang berat badan untuk mengetahui progres diet yang dilakukan bersama sang ibu. Series ini, sepertinya sangat cocok sekali ditonton bersama sang ibu tercinta, deh.

5. Series Love Ice Cream (2023)

5 Film dan Series Indonesia Angkat Cerita Perempuan Berbadan BesarLove Ice Cream (dok. Paragon Pictures / Love Ice Cream)

Selanjutnya ada series Love Ice Cream, yang tayang sejak 24 September 2023. Tayang secara streaming di vidio. Series ini tentang kisah asmara dan kehidupan seorang pegawai yang bekerja di toko ice cream, Irene (Mawar Eva de Jongh). Dia memang baik hati, namun tidak jarang diremehkan karena memiliki bentuk badan yang cukup besar.

Konflik dalam series Love Ice Cream ditambah, dengan rasa cinta yang Irene rasakan kepada atasannya, yang diperankan Krisjiana Baharudin. Padahal, banyak sekali perempuan-perempuan yang lebih cantik dan pintar, yang jatuh hati kepada Greg (Krisjiana Baharudin). Berhasil atau tidak mendapatkan cinta, lihat saja nanti di series Love Ice Cream.

Film dan series di atas, memberi perspektif baru untuk tidak menilai seseorang dari bentuk fisik. Kamu suka tayangan yang mana? 

Baca Juga: 9 Film Dibintangi Mawar de Jongh Produksi Falcon Pictures

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.