14 Tips Liburan ke Jogja dengan Naik Kereta Api

Berlibur ke tempat wisata di Indonesia dengan naik kereta api ternyata seru.

14 Tips Liburan ke Jogja dengan Naik Kereta Api
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Berlibur ke tempat wisata di Indonesia dengan naik kereta api ternyata seru. Termasuk naik kereta api dari Jakarta ke Jogjakarta yang melintasi pengunungan, sawah dan desa ternyata memberikan pengalaman tersendiri.

Apalagi dibanding dengan moda transportasi lain, kereta api menawarkan perjalanan yang nyaman dengan harga yang terjangkau. Namun, sebelum memulai perjalanan, pastikan sudah memesan tiket kereta Jakarta Jogja.

Sebab, dengan perencanaan yang baik, liburan Anda akan berjalan lancar dan tentunya, lebih menikmati.

Maka dari itu, berikut ini 14 tips penting yang dapat membantu Anda merencanakan liburan ke Jogja dengan naik kereta api.

1. Memilih Tiket Kereta Jakarta-Jogja

Memilih tiket kereta api dari Jakarta ke Jogja merupakan hal pertama yang harus Anda lakukan. Ada banyak pilihan kereta api dari ekonomi hingga eksekutif.

Tentukan pilihan berdasarkan kebutuhan dan anggaran Anda. Ada banyak situs online yang menyediakan jasa penjualan naik tiket kereta Jakarta Jogja, seperti Tiket.com yang bisa diandalkan.

2. Persiapkan Pakaian yang Tepat

Dalam perjalanan kereta api, kenyamanan merupakan hal yang paling utama. Pastikan Anda membawa pakaian yang nyaman dan juga sesuai dengan cuaca di Jogja. Jangan lupa juga membawa jaket atau selimut kecil, karena biasanya AC di kereta api cukup dingin.

3. Bawa Camilan dan Minuman

Meski kereta api biasanya menyediakan makanan dan minuman, tapi tidak ada salahnya membawa camilan atau minuman sendiri. Hal ini juga bisa menjadi alternatif jika Anda tidak suka dengan makanan yang disediakan di kereta api.

4. Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

Pilihlah waktu perjalanan yang tepat. Perjalanan kereta api dari Jakarta ke Jogja memakan waktu sekitar 8-9 jam. Jika berangkat malam hari, Anda bisa tidur di kereta dan bangun pagi di Jogja.

5. Siapkan Hiburan Selama Perjalanan

Perjalanan dengan kereta api memang cukup lama, oleh karena itu siapkan hiburan seperti membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film. Pastikan perangkat Anda telah terisi penuh atau bawa power bank sebagai cadangan.

6. Rencanakan Itinerary Wisata Anda

Jangan lupa merencanakan wisata Anda di Jogja. Kota ini memiliki banyak destinasi menarik, mulai dari wisata sejarah, kuliner, sampai alam. Dengan perencanaan yang matang, liburan Anda akan lebih menyenangkan.

7. Manfaatkan Fasilitas Kereta Api

Kereta api modern kini dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti koneksi Wi-Fi, colokan listrik, dan kursi yang nyaman. Manfaatkan fasilitas-fasilitas ini untuk menunjang kenyamanan perjalanan Anda.

8. Pilih Penginapan yang Strategis

Pilihlah penginapan yang dekat dengan stasiun kereta api atau destinasi wisata yang Anda rencanakan. Hal ini akan memudahkan mobilitas Anda selama berada

9. Pilih Penginapan yang Strategis

Pilihlah penginapan yang dekat dengan stasiun kereta api atau destinasi wisata yang Anda rencanakan. Hal ini akan memudahkan mobilitas Anda selama berada di Jogja.

Selain itu, pilih penginapan yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Berbagai pilihan penginapan, mulai dari homestay hingga hotel berbintang, bisa Anda temukan di Jogja.

10. Berinteraksi dengan Sesama Penumpang

Berada di kereta api selama berjam-jam bisa menjadi kesempatan yang baik untuk berinteraksi dengan sesama penumpang. Jika Anda tipe orang yang suka bertemu orang baru, ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk bertukar cerita dan pengalaman.

11. Bawa Peralatan Pribadi

Sebagai langkah antisipasi, jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi seperti hand sanitizer, tisu, dan masker.

Meski kereta api biasanya menyediakan fasilitas ini, tetapi membawa sendiri akan lebih memastikan kebersihan dan kesehatan Anda selama perjalanan.

12. Manfaatkan Waktu Perjalanan

Meski perjalanan dengan kereta api bisa cukup lama, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal produktif. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan, belajar, atau bahkan meditasi.

13. Lakukan Penelitian Sebelumnya

Sebelum memulai perjalanan, lakukan penelitian tentang destinasi yang akan Anda kunjungi. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan menghindari kejutan-kejutan yang tidak diinginkan.

14. Pesan Tiket dan Hotel Anda di Tiket.com

Jangan lupa, pesan tiket kereta Jakarta Jogja dan hotel Anda di Jogja melalui Tiket.com. Dengan berbagai pilihan kereta api dan hotel, Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Selamat merencanakan liburan Anda dan semoga tips ini bermanfaat.

Dengan memanfaatkan layanan online seperti Tiket.com, Anda bisa membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh berbagai penginapan. Jangan lupa juga mempertimbangkan review dari pengguna sebelumnya untuk mendapatkan gambaran tentang pelayanan dan kenyamanan penginapan tersebut.

Liburan ke Jogja dengan naik kereta api bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Dengan persiapan yang matang dan tips yang telah disebutkan di atas, Anda bisa menikmati perjalanan yang lancar dan menyenangkan.

Kemudian, yang tak kalah penting, pastikan Anda mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan untuk menghindari penyebaran virus.

Jadi, sudah siap untuk merasakan petualangan seru dengan kereta api? Segera pesan tiket kereta Jakarta Jogja Anda dan booking hotel favorit Anda di Jogja melalui tiket.com. Nikmati kemudahan dan kenyamanan merencanakan liburan Anda bersama tiket.com. Jangan tunda lagi, Jogja sudah menunggu kedatangan Anda.

(adv/adv)