Syarat dan Cara Pengajuan Visa untuk Liburan di Australia

Australia menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, tapi untuk ke sana kamu perlu mengurus visa lebih dulu di Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Syarat dan Cara Pengajuan Visa untuk Liburan di Australia
Jakarta, CNN Indonesia --

Suatu ide menarik jika liburan diisi dengan wisata ke Australia. Selain tiket dan paspor, Anda juga harus menyiapkan visa. Simak dulu syarat dan cara pengajuan visa Australia.

Visa merupakan izin masuk ke suatu negara untuk berbagai tujuan dalam jangka waktu tertentu. Jika ingin berlibur, Anda bisa mengajukan visa kunjungan wisata. Seperti dilansir dari laman resmi Kedutaan Besar Australia, pemegang visa ini berhak mengunjungi keluarga atau teman juga berwisata.

Anda pun harus memiliki cukup dana untuk tinggal di sana tanpa mengambil waktu untuk bekerja.

Syarat pengajuan visa kunjungan wisata di Australia

1. Mengisi formulir aplikasi visa Australia

Cek laman resmi Kedutaan Besar Australia dan temukan jenis visa kunjungan - wisata kemudian cetak formulir. Kemudian isi formulir dengan lengkap dan benar.

2. Fotocopy KTP dan KK

Pengajuan visa memerlukan fotocopy KTP dan KK (Kartu Keluarga). Siapkan beberapa lembar untuk dibawa saat pengajuan.

3. Dua lembar pasfoto ukuran 4x6

Anda perlu menyertakan dua lembar foto berukuran 4x6 dengan latar putih. Sebaiknya kenakan kemeja agar terlihat lebih formal dan rapi.

4. Fotocopy rekening tabungan 3 bulan terakhir

Anda wajib membuktikan bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk tinggal di Australia. Hal ini dibuktikan dengan lembar rekening koran selama 3 bulan terakhir. Setidaknya Anda harus memiliki saldo sebesar Rp10 juta di tabungan untuk liburan selama sekitar seminggu.

5. Laporan kartu kredit dan slip gaji

Siapkan laporan kartu kredit dan slip gaji. Dokumen ini akan memperkuat bukti bahwa Anda tidak memiliki masalah terkait pembayaran kartu kredit dan memiliki pekerjaan dengan penghasilan tertentu.

Kawanan kanguru yang dilepas bebas di kandangnya menjadi daya tarik bagi turis yang datang ke Symbio Wildlife Park Di sana turis bisa berfoto bersama dengan kanguru maupun koala.Hewan Kanguru, ikon Australia. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Kemudian, ada pun beberapa dokumen yang perlu disiapkan jika sewaktu-waktu diperlukan, antara lain.

1. Rencana perjalanan (itinerary)
2. Bukti transaksi pemesanan tiket pesawat dan akomodasi penginapan
3. Surat rekomendasi dari kerabat, teman atau rekan kerja yang tinggal di Australia. Pemberian rekomendasi juga mencantumkan bukti status kependudukan.

Cara Ajukan Visa Australia

BACA HALAMAN BERIKUTNYA