Qualcomm Snapdragon GSR, Bisa Naikkan Grafis Game Android hingga 4K 60FPS

Qualcomm memperkenalkan Snapdragon GSR atau Game Super Resolution yang diklaim mampu menaikkan kualitas grafis game Android

Qualcomm Snapdragon GSR, Bisa Naikkan Grafis Game Android hingga 4K 60FPS

Jakarta, Gizmologi – Qualcomm makin serius untuk menghadirkan pengalaman bermain game konsol ke smartphone, dengan memperkenalkan Snapdragon GSR atau Game Super Resolution ke dalam platform Snapdragon Elite mereka. Teknologi baru ini akan disematkan pada System on-chip (SoC) Snapdragon 8 Gen 2.

Teknologi baru Snapdragon GSR ini ditujukan untuk memaksimalkan performa game mobile dan daya tahan baterai. GSR tidak hanya untuk ponsel Snapdragon 8 Gen 2 saja, tetapi juga akan membawa peningkatan pada ponsel dengan chip yang lebih lama.

“Peningkatan skala bermanfaat untuk kinerja dan daya tahan baterai, sehingga memungkinkan game berjalan pada resolusi yang lebih rendah tanpa mengorbankan kualitas,” tulis Qualcomm dalam postingan blog mereka, Kamis (27/4/2023).

Dijelaskan Qualcomm, Snapdragon GSR menggunakan teknik baru untuk meningkatkan resolusi, frame rate, dan daya tahan baterai. Berbekal teknologi terbaru ini, Qualcomm mengklaim dapat menaikkan kualitas game Android dari 1080p menjadi 4K dan 30FPS menjadi 60 FPS atau lebih.

Hal ini digambarkan sebagai “Teknik peningkatan spasial yang dioptimalkan untuk unit pemrosesan grafis (GPU) Snapdragon Adreno.” Jadi sistem single-pass ini mampu mengurangi penggunaan memori, bandwidth, latensi, dan penggunaan baterai.

Rencananya, sejumlah game Android yang sudah dibekali produk XR dengan GSR akan mulai diluncurkan akhir tahun ini. Bahkan Qualcomm telah bermitra dengan sejumlah publisher untuk menghadirkan GSR pada game-game seperti Call of Duty Warzone Mobile, Jade Dynasty: New Fantasy, dan Farming Simulator 23 Mobile.

“Peningkatan kinerja dua kali lipat dibandingkan dengan solusi peningkatan mobile lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 Bakal Pakai Core Buatan Sendiri

Snapdragon GSR (Game Super Resolution)

Snapdragon GSR
teknologi upscale grafis game di Android

Bersamaan dengan peluncuran chipset Snapdragon 8 Gen 2, Qualcomm telah memperkenalkan fitur ray tracing ke dalam platform Snapdragon Elite mereka. Kehadiran fitur tersebut diyakini dapat mempercepat proses SoC secara real-time, sehingga mampu menghadirkan cahaya, pantulan, dan iluminasi lebih nyata ke game seluler.

Principal Engineer dan Gaming di Qualcomm, Todd LeMoine, mengatakan, “Pemain dapat membuat atau melihat karakter mereka di dalam game lebih fotorealistik berkat dukungan Unreal Engine 5 Metahumans Framework pada Snapdragon.”

Todd menyebutkan, saat ini sudah ada beberapa pengembang besar di berbagai negara sudah siap meluncurkan game buatannya yang sudah mendukung teknologi ray-tracing. “Ubisoft saat ini sedang mengembangkan game Rainbow Six Mobile yang sudah mendukung teknologi ray-tracing,” papar Todd dalam sesi Snapdragon Summit 2022.

Selain itu, pihak Qualcomm mengatakan saat ini sudah ada 30 game mobile yang dikembangkan menggunakan Unreal Engine 5 dan beroperasi secara optimal di Snapdragon 8 Gen 2. Dari sisi grafis memang terlihat lebih detail, namun yang cukup mengejutkan adalah bagaimana teknologi ini mampu menampilkan pantulan tidak tampil di dalam satu frame.

Qualcomm menyebutkan, fitur ini dapat diaktifkan secara otomatis atau menggunakan tombol di dalam gim. “Tergantung dari developer, fitur ray-tracing ini dapat diaktifkan secara manual atau otomatis dari sisi pengembang.”