Publisher Sega Beli Rovio Seharga 1 Milyar US Dollar!

Publisher Sega Beli Rovio – Sega Dikabarkan sedang melakukan pembelian terhadap studio pembuat game mobile populer Angry Birds yaitu Rovio. Studio asal Finlandia ini direncanakan akan dibeli oleh Sega seharga 1 Milyar Dollar. Dilansir melalui The Wall Street Journal, transaksi ini akan selesai minggu depan. Dengan dibelinya Rovio maka Sega semakin memperkuat lini game mobile […]

Publisher Sega Beli Rovio Seharga 1 Milyar US Dollar!

Publisher Sega Beli Rovio – Sega Dikabarkan sedang melakukan pembelian terhadap studio pembuat game mobile populer Angry Birds yaitu Rovio. Studio asal Finlandia ini direncanakan akan dibeli oleh Sega seharga 1 Milyar Dollar.

Dilansir melalui The Wall Street Journal, transaksi ini akan selesai minggu depan. Dengan dibelinya Rovio maka Sega semakin memperkuat lini game mobile yang mereka miliki dan semakin siap menembus pasar Mobile.

Sega Beli Rovio, Studio Mobile yang Pernah Populer?

Angry Birds Dibeli Oleh Sega
Publisher Sega Beli Rovio Seharga 1 Milyar US Dollar! 4

Rovio merupakan studio dibalik game Angry Birds, game puzzle physics yang rilis di iOS pada tahun 2009. Rovio sendiri telah membuat berbagai sequel, Spinoff, kolaborasi, dan film untuk franchise ini.

Sega sendiri memang pernah bekolaborasi dengan Rovio pada tahun 2015 untuk membawa Sonic the Hedgehog dan kawan – kawan kedalam game Angry Birds Epic, game turn-based RPG dari studio ini.

Baik pihak Sega maupun Rovio masih belum memberikan pengumuman resmi saat ini. Rovio juga sebelumnya dikabarkan akan dibeli perusahaan mobile asal Israel yaitu Playtika seharga 800 Juta US Dollar namun negosiasi berakhir bulan kemarin tanpa adanya deal.

Sega sendiri saat ini telah mengakuisisi berbagai perusahaan selama beberapa tahun terakhir, beberapa diantaranya adalah Relic Entertainment (Company of Heroes), Two Point Studio (Two Point Campus), dan juga Atlus (Shin Megami Tensei, Persona).

Rovio Hanya Sukses dengan Angry Birds Saja?

Sega beli Rovio Tak Dapat Kesuksesan Di Game Lain
Rovio Tak Dapat Kesuksesan Di Game Lain

Beberapa netizen berspekulasi bahwa Rovio hanya sukses berkat Angry Birds Saja. Hal ini dikarenakan kesuksesan game tersebut tidak menyebar pada game Rovio lainnya seperti game RPG Darkfire Heroes, dan juga game santai seperti Small Town Murders dan Sugar Blast.

Saat ini, Lineup game mobile Sega berisikan game – game Sonic the Hedgehog serta retro game dari konsol Sega Genesis. Persona X sendiri tidak terhitung sebagai game mobile dari Sega karena dikembangkan oleh Black Wings Game Studio dan dirilis oleh Perfect World.

Jika transaksi antara Sega dan Rovio berhasil, maka ini merupakan salah satu pembelian studio mobile game yang cukup besar dari publisher ternama. Seperti diketahui, pada 2021 kemarin, Electronic Arts membeli Playdemic seharga 1,4 Milyar US Dollar dan juga Glu Mobile sebesar 2,1 Milyar US Dollar. Pada tahun 2022 sendiri, Take-Two Interactive juga membeli Zynga sebesar 12,7 Milyar US Dollar.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]