Pantai Sawarna: Panduan Berwisata

Pantai Sawarna di Banten merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang layak untuk masuk dalam daftar kunjung. Berikut panduannya.

Pantai Sawarna: Panduan Berwisata

Provinsi Banten dikenal memiliki sejumlah wisata bahari yang terkenal seperti Pantai Carita dan Pantai Anyer. Namun, ada satu destinasi wisata bahari yang tengah naik daun dengan pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai lainnya, yakni Pantai Sawarna.

Nama dari Pantai Sawarna diambil dari nama sebuah desa yang lokasinya ada di pantai tersebut, yaitu Desa Sawarna. Lokasi pantai ini ada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Di pantai ini, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang memesona dengan warna air laut hijau kebiruan, pasir pantai masih bersih, dan masyarakat desa Sawarna yang ramah. Menariknya lagi, di pantai ini terdiri dari tujuh pantai yang terbentang dari Pantai Pulo Manuk sampai Pantai Karang Taraje dan ada gua-gua yang masih alami.

Aktivitas Seru di Pantai Sawarna

Panduan Liburan ke Pantai Sawarna:

1. Berenang dan Snorkeling

Wisata pantai identik dengan berenang. Wisatawan bisa berenang sepuasnya di pantai ini dan menikmati pemandangan di bawah laut dengan snorkeling. Untuk melakukan aktivitas ini, jangan lupa membawa perlengkapan yang dibutuhkan ya. Tersedia juga tempat peminjaman tetapi masih sangat terbatas.

Baca juga: Keindahan Tersembunyi Pantai Cimaja di Pelabuhan Ratu: Tempat Favorit untuk Surfing dan Menikmati Sunset

2. Berselancar

Posisi dari laut Sawarna yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat ombak di kawasan ini cocok untuk berselancar.

Ombak di Pantai Sawarna terkenal kuat, konsisten, dan durasi yang panjang. Jadi, untuk yang hobi surfing tempat ini sangat cocok untuk berselancar. Berbagai kompetisi surfing pun sering diadakan di pantai ini.

Kurang lebih ada 3-4 titik ideal untuk berselancar di Pantai Sawarna dengan ketinggian ombak yang mencapai enam meter. Tetapi, diperlukan kehati-hatian saat berselancar karena ada banyak karang yang ada di dasar laut.

3. Menjelajahi Objek Wisata Sekitar

Ada beberapa destinasi wisata di sekitar Pantai Sawarna, mulai dari Pantai Muara, Pantai Legon Pari, dan Pantai Pasir Putih. Selain itu, ada juga wisata gua seperti Gua Langir, Gua Lalay, Gua Sarah, dan Gua Seribu Candi. Jarak dari gua ini tidak jauh dari Pantai Sawarna.

4. Menikmati Alam

Pantai Sawarna mendapat julukan The Hidden Paradise in Banten. Dulu tempat ini masih sepi dan sedikit pengunjung. Walaupun sekarang ini sudah ramai dengan wisatawan, kamu bisa memilih waktu yang tepat misalnya tidak datang di musim liburan agar terhindar dari keramaian.

Menikmati sunset di pantai ini bisa menjadi aktivitas yang menarik. Hadirnya perpaduan cahaya jingga di sore hari yang mulai tenggelam di balik laut, bukit hijau nampak seperti sebuah lukisan panorama yang indah.

5. Menginap di Desa Wisata

Bagi wisatawan yang ingin mencari suasana yang tenang, menginap di desa wisata bisa menjadi solusi terbaik yang akan memberikan pengalaman berkesan sekaligus menyenangkan.

Ada banyak homestay yang disediakan oleh penduduk setempat dan menjadi referensi untuk menginap. Harganya pun terjangkau. Menginap di desa wisata ini, wisatawan bisa memiliki banyak waktu untuk menjelajahi objek wisata Pantai Sawarna.

6. Mengabadikan Momen lewat Konten Visual

Berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaik bersama orang tersayang. Keindahan pantai ini membuat banyak spot foto yang instagramable. Wisatawan bisa memotret foto lanskap yang indah dengan latar pasir putih, warna laut hijau kebiruan, dan bukit hijau.

Lebih menarik jika wisatawan bisa mengabadikan momen para peselancar yang tengah ‘menari’ di atas ombak. Memotret dan membuat video saat matahari terbit atau tenggelam pun sangat menarik untuk diunggah di media sosial.

7. Menyantap Kuliner Lokal

Berlibur rasanya tidak afdal jika tidak mencicipi kuliner lokal. Ada beragam restoran pinggir pantai yang bisa dipilih dengan aneka menu yang lezat. Wisatawan bisa mencicipi menu sambil menikmati indahnya Pantai Sawarna.

Akomodasi Menuju Pantai Sawarna

Akses menuju Pantai Sawarna tidak sulit dan jalannya sudah bagus. Untuk akomodasi bisa menggunakan transportasi publik seperti bus, dan kendaraan pribadi.

Menggunakan Transportasi Publik

  • Jika ingin menggunakan bus dari Jakarta, disarankan untuk naik KRL terlebih dulu dan turun di Stasiun Bogor. Selanjutnya, dari stasiun, naik angkot menuju Terminal Baranangsiang. Di terminal ini, cari bus menuju Pelabuhan Ratu. Waktu tempuh dari Bogor ke Pelabuhan Ratu kurang lebih lima jam. Tiba di Pelabuhan Ratu, naik mini bus jurusan Terminal Bayah. Tiba di sana, bisa sewa ojek untuk menuju Desa Sawarna dengan jarak 14 km.
  • Apabila dari Bandung, bisa naik bus di tTerminal Leuwi Panjang Bandung dengan rute Bandung-Sukabumi, lalu berhenti di Sukabumi. Lanjut dengan bus jurusan Pelabuhan Ratu. Tiba di terminal, bisa mengikuti rute seperti di atas.

Perlu diingat, mini bus menuju Sawarna dari Terminal Pelabuhan Ratu jumlahnya sedikit dan tersedia hanya sampai pukul 17.30 wib. Estimasi total biaya menggunakan transportasi umum sekitar Rp60.000-Rp.110.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Ada dua jalur yang bisa digunakan yaitu:

Jalur Timur

  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  • Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Jalur Barat

  • Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna
  • Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna

Kuliner Lokal di Pantai Sawarna

1. Pecak Bandeng

Lokasi Pantai Sawarna yang ada di Provinsi Banten, membuat para wisatawan bisa dengan mudah menemukan kuliner seperti pecak bandeng. Menu ini menggunakan satu ekor ikan yang utuh lalu dibakar hingga matang. Kemudian, di atas ikan dilengkapi dengan sambal yang khas dengan sedikit perasan dari jeruk limau.

2. Aneka Seafood

Kuliner pesisir pantai identik dengan seafood. Di deretan restoran Pantai Sawarna menjual aneka seafood segar dan rasa yang lezat. Mulai dari ikan bakar, cumi saus tiram, udang saus tiram, kepiting, dan lobster.

Baca juga: 6 Daya Tarik Pantai Pangandaran yang Tetap Memukau dari Dulu Hingga Sekarang

3. Sate Bandeng

Bentuknya mirip sate lilit khas Bali. Bahan utama dari menu ini adalah ikan bandeng. Tapi, ikan bandeng yang dipilih adalah masih segar dan terbaik agar hasilnya lebih enak. Daging dari ikan bandeng dihaluskan dan dicampurkan dengan aneka rempah. Lalu dibumbui, dibungkus dengan daun pisang, dan dibakar.

Berlibur ke Pantai Sawarna, wisatawan harus menyiapkan itinerary khusus agar sebagian besar objek wisata bisa dikunjungi. Tidak lupa juga anggarkan bujet untuk liburan ini agar perjalanan lebih aman dan nyaman.