Insel Rewind: 10 Film Indonesia Penonton Terbanyak di 2023

Insel Rewind akan membahas mengenai deretan 10 Film Indonesia dengan penonton terbanyak di sepanjang tahun 2023. Semua film mencetak lebih dari 1 juta penonton.

Insel Rewind: 10 Film Indonesia Penonton Terbanyak di 2023

Insel Rewind – Sepanjang tahun 2023 banyak film-film Indonesia yang meningkat dratis dari sisi penonton dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan beberapa film bisa mencetak box office dalam waktu cepat.

Yuk intip 10 film dengan penonton terbanyak di 2023:

Baca Juga :

Instagram.com

Foto : Instagram.com

Sewu Dino berkisah tentang gadis bernama Sri yang ingin keluar dari desanya untuk mencari pekerjaan demi mengobati ayahnya yang sakit-sakitan. Hingga suatu hari, ia direkrut untuk bekerja di keluarga Mbah Atmojo dengan bayaran tinggi. Ia dibayar untuk mengurus Dela Atmojo, cucu Mbah Atmojo yang tak sadarkan di tengah hutan tersembunyi.

Film garapan dari rumah produksi MD Pictures ini meraih penonton 4.886.406.

YouTube/MVP Pictures ID

Foto : YouTube/MVP Pictures ID

Di Ambang Kematian berkisah tentang keluarga yang terdiri dari Bapak Suyatno Rifnu Wiyaka), Ibu (Kinaryosih), anak pertama Yoga (Wafda Saifan) dan anak bungsu bernama Nadia (Taskya Namya).

Di keluarga tersebut, setiap 10 tahun sekali mereka harus menghadapi teror mengerikan akibat tumbal pesugihan yang dilakukan oleh sang ayah, Suyatno. Tumbal pertama membuat sang ibu tewas bunuh diri dengan cara yang sangat mengenaskan. Hingga 10 tahun kemudian, Yoga di kakak tertua bernasib serupa.

Film garapan dari rumah produksi MVP Pictures ini meraih penonton 3.302.047.

Instagram

Foto : Instagram

Aqilla (Titi Kamal) melahirkan bayi dari pernikahan yang tidak direstui oleh Halimah, ibunya. Setelah suami Aqilla meninggal karena kecelakaan, Halimah membohongi Aqilla bahwa bayinya meninggal saat dilahirkan. Halimah terpaksa berbohong karena menurutnya Aqilla belum siap menjadi seorang ibu, apalagi tanpa kehadiran suami.

Halimah kemudian memberikan cucunya kepada pasangan yang sudah lama menikah tapi belum punya anak, yakni Arif (Fedi Nuril) dan Yumna (Citra Kirana). Bayi itu dinamai Baskara, yang artinya cahaya.

Kehadiran Baskara di rumah keluarga Arif dan Yumna memang ibarat cahaya yang menerangi dan membawa kebahagiaan bagi seisi rumah. Tujuh tahun kemudian, Aqilla mengetahui bahwa anaknya masih hidup. Dia bertolak dari kehidupannya yang hampa dan berusaha mendapatkan kembali Baskara.

Film garapan dari rumah produksi Beehave Pictures ini meraih penonton 3.127.671.

Istimewa

Foto : Istimewa

Film Petualangan Sherina 2 menceritakan pertemuan kembali antara Sherina dan Sadam di Hutan Kalimantan. Sherina sekarang adalah seorang jurnalis yang cerdas dan pemberani, sedangkan Sadam menjelma jadi manajer program sebuah LSM konservasi di hutan Kalimantan.

Kehangatan di antara mereka langsung terasa, diawali dengan nyanyian yang ceria layaknya dua sahabat yang melepas rindu, namun momen nostalgia mereka mendadak berubah ketika sekelompok kriminal mencuri anak orangutan yang dilepasliarkan. Persahabatan mereka diuji dan mereka kembali terseret dalam petualangan penuh drama dalam bentuk aksi, nyanyian, dan tarian yang menawan.

Film garapan dari rumah produksi Miles Films ini mendapatkan jumlah penonton 2.414.504.

Ist

Foto : Ist

Film Waktu Magrib bercerita tentang Adi (Ali Fikry) dan Saman (Bima Sena) yang sering dihukum oleh Bu Woro (Sarah Aulia) guru mereka yang disiplin dan galak. Suatu hari, kekesalan Adi dan Saman terhadap Bu Woro memuncak.

Mereka menyumpahi guru itu bersamaan dengan berkumandangnya adzan Magrib. Sejak itu, Adi dan Saman mengalami teror supernatural yang mengerikan.

Ayu (Nafiza Fatia) menduga ada kekuatan jahat yang lebih menakutkan di balik rentetan kejadian ini. Mampukah Ayu menyelamatkan Adi dan Saman sebelum semuanya terlambat. Saksikan di bioskop kesayangan anda, pada 9 Febuari 2023 mendatang.

Film garapan dari rumah produksi Rapi Films ini mendapatkan jumlah penonton 2.409.122.

6. Suzzanna: Malam Jumat Kliwon

Instagram/@sorayaintercinefilms

Foto : Instagram/@sorayaintercinefilms

Film Suzzanna: Malam Jumat Kliwon bercerita tentang Suzzanna yang hidup bahagia bersama kekasihnya, Surya. Sayangnya kebahagiaan mereka tidak bertahan lama karena Suzzanna mendengar bahwa keluarganya terlilit hutang. Jumlah utang yang besar dan waktu pelunasan yang terbatas membuat Suzzanna dijadikan jaminan. Suzzanna kemudian menjadi istri kedua Raden Aryo si pemberi utang, yang tidak dikaruniai anak dari istri pertamanya, Minati.

Pernikahan Suzzanna dan Raden Aryo membuat hati Surya dan Minati tak terima. Saat Surya akhirnya menyerah setelah mengacaukan pernikahan, Minati malah pergi ke dukun untuk mencelakai Suzzanna yang sedang hamil. Saat santet Minati berhasil mencelakai Suzzanna saat melahirkan, Surya bertindak. Surya malah menggali kubur dan mencoba membangkitkan Suzzanna melalui perjanjian dengan iblis.

Sementara itu, Minati terus berusaha mencelakai anak Suzzanna yang harus dia asuh. Dengan kebangkitan Suzzanna dan bantuan Surya, akankah anak yang diasuh Minati bisa bertahan?

Film garapan dari rumah produksi Soraya Intercine Films ini meraih jumlah penonton 2.189.363.

Rapi Film

Foto : Rapi Film

Sijjin bercerita tentang Irma yang jatuh cinta pada Galang, sepupunya yang sudah menikah dengan Nisa dan punya anak perempuan bernama Sofia. Meski Galang telah berkeluarga, hubungannya dengan Irma masih putus-sambung. Hingga suatu saat Galang memutuskan hubungan mereka dan meminta Irma untuk menjauhinya.

Kemarahan Irma membuat dirinya mendatangi dukun bernama Ikhsan. Permintaan Irma hanya satu, dia ingin menjadi satu-satunya perempuan di hidup Galang. Teror mistis pun mulai terjadi akibat Irma

Film garapan dari rumah produksi Rapi Films ini meraih penonton 1.838.167.

8. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul

Instagram/kisahtanahjawa_md

Foto : Instagram/kisahtanahjawa_md

Film ini mengisahkan tokoh Hao yang mempunyai kemampuan retrokognisi. Dengan kemampuan itu, Hao mampu melihat hal yang ada di masa lalu. Dengan kelebihannya tersebut, Hao coba menolong seorang bernama Sari, siswi SMK. Sari ternyata hilang karena diculik sosok pocong kepala gundul yang menyeramkan. Bersama dengan sahabatnya yang bernama Rida, Hao sukses menyelamatkan Sari. Di sisi lain, atas apa yang dilakukan Hao, pocong gundul merasa geram. Teror pun terus menghampiri Hao.

Dari sini, Hao pun berusaha untuk melihat masa lalu dari pocong gundul. Rupanya, selama hidupnya, pocong gundul merupakan seorang dukun hitam bernama Walisdi, manusia jahat yang menjalankan ritual kuno berbahaya yang menjadikannya pocong gundul.

Film garapan dari rumah produksi MD Pictures ini mendapatkan jumlah penonton 1.684.624.

Istimewa

Foto : Istimewa

Film Ketika Berhenti di Sini bercerita tentang Anindita Semesta (Prilly Latuconsina) bertemu dengan Ed (Bryan Domani). Pertemuan yang diawali salah paham, berujung pada perbincangan panjang dan hangat. Ed yang menggilai segala jenis riddle, meminta Dita menyelesaikan tantangan riddle darinya, dalam sebuah petualangan yang berakhir romantis.

Demikianlah, dua manusia yang serupa tapi tak sama bersatu. Empat tahun sejak pertemuan pertama mereka, Dita yang sedang merintis karir, sementara Ed sudah mapan dengan perusahaan arsitek miliknya sendiri. Dita yang masih berjuang untuk meraih impiannya, senantiasa dilanda rasa insecure, tanpa disadari, Dita senantiasa menuntut Ed. Walaupun Ed senantiasa sabar melayani Dita. namun akhirnya Ed mengalami kecelakaan saat diteror telepon oleh Dita. Ed meninggal. Dita terpukul dan dihinggapi rasa bersalah.

Singkat cerita, dua tahun kemudian, Dita berusaha melupakan segalanya tentang Ed dan mencoba menjalani kehidupannya yang baru bersama Ifan, yang sekarang resmi jadi kekasihnya. Dita kini menjadi sosok pribadi yang berbeda, namun tidak ada yang bisa menghapus masa lalu. Hingga suatu saat, Dita dipertemukan kembali dengan teki teki peninggalan Ed yang harus dipecahkan.

Hingga akhimya riddle terakhir dari Ed mengarahkan Dita untuk memahami arti sesungguhnya kehilangan dan bagaimana melepaskannya dengan ikhlas. Tidak pernah menduga bahwa makna teka teki tersebut, adalah untuk menyiapkan dirinya menjalani hubungan cinta yang lebih baik dengan Ifan (Refal Hady). Ifan, sosok yang senantiasa hadir untuknya dari dulu. Dita memutuskan untuk menemui Ifan dan mengajaknya kembali untuk melanjutkan hubungan mereka kembali, sebelum dia menyesal lagi di kemudian hari.

Film garapan dari rumah produksi Sinemaku Pictures ini mendapatkan jumlah penonton 1.611.005.

10. Pamali: Dusun Pocong

IntipSeleb/Yudi

Foto : IntipSeleb/Yudi

Film Pamali: Dusun Pocong berkisah tentang lima orang yang terdiri dari tiga orang wanita yang berprofesi sebagai tenaga medis dan dua orang pria yang berprofesi sebagai tukang gali kubur.

Ketiga orang wanita itu ditugaskan untuk membantu sebuah dusun terpencil yang tengah terkena wabah mematikan. Sedangkan, dua orang tukang gali kubur diminta untuk menguburkan mayat masyarakat yang meninggal karena wabah itu dengan jumlah yang terbilang banyak.

Di tengah tugas yang mereka jalani, rupanya ada gangguan mistis dari sejumlah pocong mengerikan. Kehadiran pocong itu membuat kelima orang itu merasa ketakutan dan mengganggu tugas mereka di dusun terpencil tersebut.

Film garapan dari rumah produksi Lyto Pictures ini meraih jumlah penonton 1.605.554.

Nah itu dia 10 film penonton terbanyak di 2023. Ada yang sudah kamu saksikan?

Baca Juga :