DJI Hadirkan Drone Lipat dan Terkecil di Indonesia

BREAKINGNEWS.CO.ID - Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak produk-produk penunjangn gaya hidup hadir di pasaran, salah satunya adalah drone. Pesawat tanpa awak ini, dalam beberapa waktu terakhir sudah menjadi kebutuhan sehari-hari para penghobi fotografi dan videografi.

DJI Hadirkan Drone Lipat dan Terkecil di Indonesia

BREAKINGNEWS.CO.ID - Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak produk-produk penunjangn gaya hidup hadir di pasaran, salah satunya adalah drone. Pesawat tanpa awak ini, dalam beberapa waktu terakhir sudah menjadi kebutuhan sehari-hari para penghobi fotografi dan videografi.

Menjawab kebutuhan tersebut, DJI perusahaan pengembang dan produsen drone sipil dan teknologi menghadirkan terobosan baru, DJI Mavic Mini di Indonesia. Drone lipat ultra ringan ini, dirancang untuk menjadi FlyCam sehari-hari. Dengan berat hanya 249 gram, Mavic Mini protable mudah untuk diterbangkan, dirancang untuk keselamatan dan sempurna untuk semua orang yang ingin merasakan kenyamanan terbang.

Tidak hanya desainnya yang unggul, Mavic Mini dari DJI juga dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu 5,4 jutaan dan 6,9 jutaan. "DJI Mavic mini akan tersedia dalam dua tipe, standar dan fly more combo dengan harga yang berbeda. Standar dibanderol dengan harga, 5.499.000 rupiah, yang mencakup Mavic Mini, remote kontrol, satu baterai, baling-baling tambahan dan beberapa alat serta kabel pendukung dan fly more combo, 6.999.000 rupiah, paket ini mencakup lebih banyak aksesori tambahan yang termasuk tempat Propeller 360, Hub pengisian dua arah, tiga baterai, tiga set baling-baling dan tas untuk penyimpanan perangkat," ujar Natasha Gray, Head of International Communication DJI, saat konferensi pers peluncuran Mavic Mini di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (12/11/2019).

Di Indonesia, DJI Mavic Mini sudah dapat dipesan mulai 12 November 2019 melalui distributor resminya, Erajaya. Dalam kesempatan tersebut, Djatmiko Wardoyo (Koko), Direktur Marketing dan Komunikasi, Erajaya mengaku optimis produk terbaru dari DJI ini akan mendapat sambutan yang baik di Tanah Air. "Saya punya keyakinan, semakin harga murah, pasar akan semakin jadi. Nanti DJI Mavic Mini ini penjualannya juga akan lebih tinggi karena harganya lebih murah," pungkasnya.

Drone ini merupakan bentuk inovasi yang dikemas dari sejumlah teknologi pada produk drone lainnya, yakni seperti Mavic Pro, Mavic Air hingga Mavic.

"Untuk mendesain drone yang ringan, praktis namun hebat seperti Mavic Mini adalah salah satu proyek paling menantang yang pernah kami rancang di DJI," kata Presiden DJI, Roger Luo.

Drone ini telah dibekali dengan segudang fitur yang termasuk aplikasi DJI Fly terbaru, GPS, transmisi Wi-Fi, dan kamera 12 megapiksel yang dapat merekam video kualitas 2,7k 30fps dan FHD hingga 60fps.

Aplikasi DJI Fly terbaru itu dirancang secara intuitif dengan menyederhanakan fitur di dalamnya agar dapat dengan mudah untuk dipakai berbagai kalangan dan tingkat keterampilan pengguna.

Selain itu, Mavic Mini juga menyediakan tiga mode penerbangan untuk memudahkan pengoperasiannya, yakni mode Posisi (P) untuk operasi dasar bagi pengguna pemula.

Kemudian ada moode Sport (S) yang diperuntukan bagi pilot berpengalaman dan mode CineSmooth (C) untuk pembuatan konten yang lebih sinematik dan berdurasi panjang.

Berkat ukurannya yang kecil dan ringkas pula produk ini dianggap tidak membahayakan untuk digunakan secara bebas dimana pun, kapan pun dan oleh siapa pun.

Tetapi perlu diingat bahwa para pengguna atau pilot drone disarankan untuk tetap memperhatikan hukum dan peraturan setempat yang berlaku.

Mengenai beberapa spesifikasi utama yang ditanamkan dalam produk Mavic Mini ini, sebagaimana dilansir laman resmi DJI, adalah sebagai berikut:  

- Berat perangkat: 249 gram

- Maksimal ketinggian: 3.000 m diatas permukaan laut

- Maksimal Flight Time: 30 menit (diukur saat terbang pada 14kpj dalam kondisi tidak berangin)

- Suhu pengoperasian: 0° to 40°C (32° to 104°F)

- Kamera: Sensor 1/2.3" CMOS, Effective Pixels: 12 MP

- Lensa: FOV 83°, 35 mm Format Equivalent: 24 mm, Aperture: f/2.8, Shooting Range: 1 m to ∞

- ISO range: Video 100-3200 (Auto), Photo 100-1600 (Auto) dan 100-3200 (Manual)

- Kecepatan shutter: Electronic Shutter: 4-1/8000s

- Resolusi hasil foto: 4:3: 4000×3000 dan 16:9: 4000×2250

- Mode fotografi: Single shot , Interval: 2/3/5/7/10/15/20/30/60 s

- Resolusi video: 2.7 K: 2720×1530 25/30 p dan FHD: 1920×1080 25/30/50/60 p

- Maksimal bitrate video: 40 Mbps

- Dukungan sistem file: FAT32(≤32 GB)dan exFAT(>32 GB)

- Format foto: JPEG

- Format video: MP4 (H.264/MPEG-4 AVC)

- Dukungan port USB: Lightning, Micro USB (Type-B), USB Type-C

- Sistem transmisi video: Enhanced Wi-Fi

- Kualitas video live: 720p/30fps

- Kapasitas baterai: 2.600 mAh.