Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin Terarah

Bisa melihat lokasi liburan lewat fitur Street View

Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin Terarah

Bagi sebagian orang, ketika merasa suntuk dan penat dengan kesehariannya, liburan atau traveling jadi solusi yang tepat. Dengan liburan, pikiran menjadi semakin segar dan siap menyongsong aktivitas keseharian yang dirasa menjemukan.

Namun, menyusun rencana liburan ternyata gak semudah yang kamu kira. Mulai dari itinerary, penginapan, hingga memesan tiket pesawat atau kereta, semua perlu dipikirkan dan disiapkan dengan matang.

Untungnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur di Google untuk mempersiapkan liburanmu. Dari jalan-jalan hingga kembali ke tempat tinggal, Google siap membantumu mengatur dan mempersiapkan perjalanan liburanmu biar makin berkesan.

1. Manfaatkan fitur Street View untuk menjelajah secara virtual

Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin TerarahGoogle Street View (dok. Google Street View)

Kamu pasti terkadang bingung membayangkan bagaimana suasana dan keadaan di sekitar tempat wisata, kan? Untungnya, Google memiliki fitur canggih bernama Street View. Sesuai namanya, kamu bisa melihat kondisi nyata di sekitar wisata secara virtual.

Street View menggabungkan miliaran gambar panorama yang berkolaborasi dengan Google Maps. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menjelajah lokasi wisata secara virtual. Lakukan sebelum berangkat ketika kamu sedang menyusun itinerary, ya.

2. Menemukan hotel atau tempat menginap bisa lebih nyata

Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin TerarahGoogle Travel (dok. Google Travel)

Selain memilih tempat wisata yang akan dikunjungi ketika liburan, tempat menginap, seperti hotel atau hostel, juga perlu dipikirkan. Pasalnya, setelah seharian beraktivitas, kamu tentu membutuhkan sesi istirahat yang nyaman.

Kamu bisa memanfaatkan Google untuk menemukan tempat menginap terbaik di kota tujuanmu berlibur. Buka google.com/travel, lalu pilih kota mana yang menjadi tujuan wisatamu kali ini. Dengan layer baru di Google Maps, kamu dapat memeriksa lingkungan menginap lebih mudah.

Untuk tujuan yang lebih populer, ketuk “Tempat Menginap” di bawah filter penelusuran. Kalau kurang puas, gunakan mode penjelajahan baru untuk hotel di ponselmu. Kamu bisa melihat story hotel untuk mengetahui situasi, harga, lokasi, dan ulasan.

3. Fitur Jelajahi memudahkan menemukan lokasi wisata terbaik

Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin TerarahFitur Jelajahi Google (dok. Google)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Banyak orang yang pergi berlibur tanpa menyusun itinerary. Hal tersebut lumrah dilakukan, mengingat sudah banyak informasi yang bisa didapatkan melalui internet.

Menentukan tempat wisata saat liburan kini semakin mudah dengan fitur Jelajahi dari Google. Dengan fitur Jelajahi, kamu bisa menelusuri lokasi di seluruh dunia. Manfaatkan pula filter anggaran dan lama perjalanan untuk memudahkanmu menyusun bujet liburan.

Dalam tampilan default, Jelajahi akan menunjukkan harga tiket pesawat. Namun, saat ini kamu juga akan melihat titik merah mudah dan gelembung bertuliskan “Jelajahi sekitar”, Nah, ketuk tulisan tersebut untuk mempersempit penelusuran.

Baca Juga: 5 Destinasi Paling Banyak Dicari di Google Flights, Saatnya Liburan!

4. Gunakan fitur Live View untuk mencari rute jalan kaki terbaik

Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin TerarahGoogle Live View (dok. Business Insider)

Saat pertama kali berkunjung ke kota baru, kamu terkadang kesulitan menemukan jalanan yang harus dilalui. Gak selalu naik kendaraan umum, jalan kaki saat liburan pun jadi pilihan tepat untuk menjelajah seluk-beluk kota.

Dengan Live View dari Google Maps, kamu bisa melihat tanda panah AR yang mengarahkanmu ke lokasi tujuan. Gak cuma dari luar, fitur ini juga bisa di dalam bangunan tertentu, seperti bandara saat mencari area pengambilan bagasi.

Dari situ juga, kamu bisa mencari berbagai hal menarik di sekitar lokasi, seperti restoran, taman, atau stasiun. Gak main-main, jam operasional tiap lokasi pun akan tercantum di sana.

5. Lens membantu wisatawan melihat review makanan lebih nyata

Cara Memanfaatkan Google saat Liburan, Traveling Makin TerarahGoogle Lens (dok. Google)

Selama ini, kamu mungkin merasa kebingungan saat memilih tempat makan ketika pergi berlibur. Takut rasa makanan tak seenak yang diharapkan atau penampilan makanan di media sosial takut menipu.

Kalau ragu-ragu, kamu bisa menggunakan Lens di aplikasi Google. Kamu bisa menggunakan tangkapan layar dan menambahkan “Terdekat” untuk menemukan makanan favorit atau produk dari toko lokal.

Liburan kini semakin nyaman dan terkendali jika memanfaatkan Google. Gak cuma untuk mencari informasi berupa teks, Google menyediakan beragam fitur terbaiknya untuk membantumu liburan lebih seru. Gimana, tertarik mencobanya, kan?

Baca Juga: 5 Taman Paling Populer di Google Maps, Asyiknya Piknik di Sini