Bisa Menang Banyak, Ini Nih Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapat Menyusun Sendiri Itinerary Liburanmu

Bagi traveler pasti sangat familiar dengan istilah itinerary. Namun, sebagian wisatawan, terutama yang baru pertama kali traveling

Bisa Menang Banyak, Ini Nih Keuntungan Yang Bisa Kamu Dapat Menyusun Sendiri Itinerary Liburanmu
image

BatuNetwork.id - Bagi traveler pasti sangat familiar dengan istilah itinerary. Namun, sebagian wisatawan, terutama yang baru pertama kali traveling pasti masih bertanya-tanya apa itu itinerary.


Menyusun itinerary liburan ternyata memiliki banyak manfaat bagi para traveller lho. Mulai dari perkiraan waktu perjalanan, memiliki daftar destinasi wisata, bahkan bisa menekan biaya perjalanan. 

Baca Juga: Rekomendasi Itinerary Wisata Seharian di Sekitar Ketep Pass

Secara harfiah itinerary dapat didefinisikan sebagai rincian atau rencana detail yang akan dilakukan dalam suatu perjalanan.

Jadi itinerary adalah rencana perjalanan yang disiapkan pada saat anda ingin melakukan perjalanan. Jika Anda akan berlibur, jadwal liburan biasanya berisi daftar tempat wisata yang akan dikunjungi, tempat menginap, restoran atau kafe, rute, kegiatan yang harus dilakukan, perkiraan waktu, budget, transportasi, barang yang harus dibawa dan segala hal yang berhubungan dengan itu.

Akan berbeda jika kamu berlibur tanpa menggunakan jasa travel agent. Kamu tetap harus menyiapkan itinerary agar liburanmu semakin nyaman. Jika kamu akan pergi bersama teman, maka kamu dapat mendiskusikan rencana perjalanan liburan.

Menariknya, kini tersedia beberapa aplikasi untuk menyusun rute yang bisa Anda unduh ke ponsel cerdasmu. Berikut ini alasan penting untuk mengatur itinerary sebelum melakukan perjalanan di masa liburan.

1. Liburan lebih teratur dan terjadwal

Beberapa traveller menyukai liburan yang menawarkan pengalaman tak terduga dan kejutan, sehingga perjalanan mereka berjalan mulus tanpa terlalu banyak perencanaan. 

Di sisi lain, ada traveller yang lebih memilih liburan yang lebih terorganisir dengan perencanaan matang di setiap detail. Rencana perjalanan akan membantu Anda memiliki liburan yang lebih terorganisir.

Ada jadwal yang ditetapkan setiap hari dan tujuan akan didekati. Selama perjalanan pengunjung juga harus menentukan alat transportasi dan biaya yang dikeluarkan agar tidak bingung karena sudah ada foto terlebih dahulu.

Baca Juga: Semua Ada! Wisata Alam Hingga Edukasi Lengkap di Desa Punten Kota Batu, Liburan Seru Bisa Nambah Ilmu

2. Penyusunan waktu yang lebih optimal

Rencana perjalanan mengoptimalkan waktu perjalanan, karena kamu sudah mengetahui tempat wisata yang akan dikunjungi, sarana transportasi menuju tempat tersebut, restoran yang akan dikunjungi bahkan kisaran harganya.