7 Android Emulator Terbaik untuk Windows dan Mac, Paling Ringan!

Emulator Android bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi serta game mobile di PC dan laptop. Berikut Android emulator paling ringan untuk Windows dan Mac.

7 Android Emulator Terbaik untuk Windows dan Mac, Paling Ringan!
image

Daftar Isi

Jakarta -

Bosan main game Android hanya memakai handphone saja? Ingin rasanya coba bermain game mobile menggunakan mouse, keyboard, dan di tampilan layar yang lebih besar? Kamu bisa kok melakukannya!

Detikers dapat memainkan game seperti Mobile Legends atau PUBG Mobile di PC atau laptop dengan sistem operasi Windows maupun Mac dengan memanfaatkan Android emulator. Apa saja emulator Android yang bisa kamu gunakan? Temukan informasinya di bawah ini.

Android Emulator Paling Ringan untuk Windows dan Mac

Ada sejumlah emulator terbaik yang bisa detikers gunakan di perangkat PC atau laptop. Berikut emulator Android paling ringan untuk Mac dan Windows yang telah detikInet himpun dari berbagai sumber.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. NoxPlayer

NoxPlayer menjadi emulator yang populer dan cukup akrab di kalangan gamer. Emulator ini ringan serta didukung utilitas dan beberapa penyesuaian sehingga dapat membantu penggunanya untuk mengendalikan mouse dan keyboard.

Selain itu, Nox memiliki banyak fitur menarik, seperti mengambil tangkapan layar hingga merekam video. Android emulator satu ini juga gratis untuk didownload dan digunakan pada PC atau laptop Windows maupun Mac.

2. BlueStacks

Banyak gamer mungkin sudah tak asing lagi dengan BlueStacks. Pasalnya, emulator Android ini bisa dipakai di Windows dan Mac, serta dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk meningkatkan pengalaman bermain para penggunanya.

Fitur terpopulernya seperti Keymapping Tool untuk membuat skema kontrol sesuai keinginan, Instance Manager memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa game secara bersamaan, sampai Eco Mode yang bantu meminimalisir pemakaian baterai saat memainkan game berat.

3. Ko Player

Ko Player memungkinkan penggunanya untuk benar-benar merasakan bermain game Android di desktop. Emulator ini berfokus pada penyediaan pengalaman memainkan game yang lancar dan bebas lag.

Fitur yang tersedia di Ko Player pun beragam. Mulai dari mendukung perangkat keyboard, mouse, sampai kamera untuk gaming, fitur perekaman video, menangkap layar, hingga penyesuaian volume dan resolusi.

4. Android Studio

Android Studio merupakan emulator yang berasal dari Google. Secara teknis, Android Studio adalah sebuah IDE yang dilengkapi dengan emulator. Sehingga emulator ini cocok untuk developer yang ingin menguji aplikasi buatannya sebelum peluncuran.

Selain developer, orang awam juga bisa kok memakai emulator ini. Performanya cukup baik untuk menggunakan beberapa aplikasi dan memainkan game mobile.

5. MEmu Play

MEmu merupakan salah satu Android emulator yang sudah ada selama bertahun-tahun. Emulator ini dikenal punya performa bagus untuk memainkan game mobile di PC atau laptop.

MEmu Play dilengkapi beberapa fitur terbaiknya, yakni Instance untuk menjalankan beberapa aplikasi game secara bersamaan, serta fitur keymap-nya mendukung keyboard, mouse, dan gamepad untuk memainkan game Android dengan baik.

6. Genymotion

Genymotion merupakan emulator Android yang mudah digunakan. Emulator ini ditujukan untuk developer yang ingin menguji aplikasinya selama proses pembuatan dan menyediakan banyak fitur khusus yang dapat digunakan, seperti sensor yang kuat, GPS, serta multi sentuh.

7. LDPlayer

LDPlayer berfokus untuk gaming, meski begitu aplikasi lain juga bisa dijalankan menggunakan emulator ini. LDPlayer juga gratis, berperforma lancar, dan memiliki cukup banyak fitur tambahan.

Fitur-fiturnya memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar, merekam video, mengatur pemetaan keyboard, mouse serta gamepad.

Itu dia sederet Android Emulator terbaik dan paling ringan digunakan untuk PC atau laptop dengan sistem operasi Windows dan Mac.

Selain game, sejumlah aplikasi Android lain juga dapat dijalankan di laptop maupun PC dengan bantuan emulator ini. Selamat mencoba!

Simak Video "5 Emulator yang Ringan untuk Laptop dan PC di Tahun 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(inf/inf)