6 Tips Naik Kereta di Jepang, Jangan Lupa Kartu Ini

Sebelum naik kereta di Jepang, ada baiknya kamu mencari tahu beragam informasi mendasar agar kunjungan menjadi lebih efisien.

6 Tips Naik Kereta di Jepang, Jangan Lupa Kartu Ini

KOMPAS.com - Naik kereta bisa dikatakan menjadi cara terbaik dan paling praktis untuk menjelajahi Jepang, termasuk jika kamu hendak mengunjungi di kota-kota besar dan daerah populer.

Namun, sebelum naik kereta di Jepang, ada baiknya kamu mencari tahu beragam informasi mendasar agar kunjungan menjadi lebih efisien.

Termasuk Cara Naik Kereta di Jepang berikut sehingga kunjungan ke Negeri Sakura bisa lebih maksimal.

Sebelumnya, kamu harus menetapkan terlebih dahulu destinasi tujuanmu karena pilhan kereta dan tarifnya bisa berbeda-beda.

Di Tokyo, misalnya, tersedia Japan Railways (JR) , Tokyo Metro Lines, dan Toei Subway Lines, seperti dikutip dari situs resmi Japan National Tourism Organization (JNTO).

Lebih lanjut, berikut tips naik kereta di Jepang, seperti dihimpun oleh Kompas.com saat menjajal langsung moda transportasi ini untuk mengunjungi beberapa perfektur.

1. Riset destinasi yang dituju

Berbekal itinerary alias rencana perjalanan akan membantu kita memetakan tujuan sekaligus menyusun rencana stasiun mana saja yang akan kita singgahi.

Memiliki itinerary tidak hanya membuat kunjungan kita lebih efisien, tetapi juga hemat biaya?

Mengapa demikian? Jika sudah memiliki Japan Railways Pass (JR Pass), kita bisa menggunakan moda transportasi manapun secara unlimited selama itu berada dalam jangkauan Japan Railways.

Baca juga: Cara Mengajukan Bebas Visa Jepang secara Daring dan Penggunaannya

Berbeda jika salah satu stasiun yang disinggahi bukan dalam jangkauan Japan Railways, maka kita perlu membeli tiket tambahan.

2. Beli JR Pass atau IC Card

Jika datang ke Jepang untuk berwisata, tentunya kita tidak hanya menghabiskan satu atau dua hari saja. Seringkali, kita juga punya banyak destinasi yang ingin dikunjungi.

Jika demikian, berbekal JR Pass dan/atau IC Card, seperti Welcome Suica atau Pasmo, menjadi hal wajib demi memudahkan perjalanan.

Sehingga, kita tidak perlu membeli karcis satu kali perjalanan yang tentunya akan lebih memakan waktu.

Suica (kini hanya tersedia Welcome Suica), salah satu IC Card yang dapat digunakan turis untuk naik kereta di Jepang.SHUTTERSTOCK/WALAIPORN PAYSAWAT-MIZU Suica (kini hanya tersedia Welcome Suica), salah satu IC Card yang dapat digunakan turis untuk naik kereta di Jepang.

IC Card dibutuhkan untuk membayar moda transportasi yang tidak berada dalam jangkauan Japan Railways dan bermanfaat pula untuk berbelanja secara cashless.

Kartu ini dapat dibeli di bandara-bandara ketibaan dan stasiun-stasiun besar, seperti Stasiun Tokyo. Sementara JR Pass juga bisa dibeli secara online, kemudian ditukarkan menjadi kartu fisik di bandara ketibaan.

Baca juga: Onsen di Jepang Ini Tawarkan Pengalaman Berendam dengan Godzilla

Menggunakan kartu-kartu ini dapat menghemat biaya transportasi, mengingat tarif kendaraan seperti taksi sangatlah mahal di Jepang.

[embedded content]