WNI di Turki Cerita Ngerinya Insiden Ledakan di Istanbul

Ledakan hebat terjadi di Istiklal, Istanbul, Turki. Seorang WNI Wynne yang tengah berada di Turki sempat menceritakan ngerinya insiden ledakan tersebut.

WNI di Turki Cerita Ngerinya Insiden Ledakan di Istanbul
image
Istanbul -

Ledakan hebat terjadi di Istiklal, Istanbul, Turki. Seorang warga negara Indonesia (WNI) Wynne yang tengah berada di Turki sempat menceritakan ngerinya insiden ledakan tersebut.

Wynne merupakan seorang pelajar WNI yang tengah berada di Turki. Dia mengaku mengetahui insiden ledakan itu sekitar pukul 16.20 WIB.

"Iya kebetulan aku sedang studi di Turki. Saat kejadian itu aku gak langsung tahu, aku baru tahu infonya pun dari kasir minimart dekat rumahku, sekitar setengah jam setelah kejadian, pukul 16.20 WIB, aku pergi untuk beli minuman," kata Wynne saat dihubungi detikcom, Minggu (13/11/2022).

Dia mengaku tidak mendengar apapun saat ledakan terjadi lantaran berada 4 kilometer dari lokasi kejadian. Meski begitu, dia menyebut situasi di Turki menjadi sepi usai insiden tersebut.

"Aku nggak dengar apa-apa sih. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari rumahku, tapi di luar apartemen memang sepi sekali, nggak seperti biasanya banyak mobil dan bus lalu lalang karena depan apartemen aku itu kebetulan jalan raya," ucapnya.

Selain itu, Wynne menyebut insiden itu mengerikan lantaran lokasi kejadian merupakan salah satu destinasi wisata para turis-turis asing dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Dia mendengar sampai saat ini sudah ada 6 orang tewas dan 53 terluka akibat insiden tersebut.

"Agak ngeri sih soalnya Taksim (lokasi kejadian) itu selalu jadi titik yang didatengin turis-turis dan selalu ada di itinerary travel-travel Indonesia," ujar dia.

"Di sana itu memang rame, Taksim itu 1 jalan panjang sekitar 1-2 km mungkin yaa, kiri kanannya itu penuh toko-toko belanja. Sabtu-Minggu di sana bisa crowded banget sampe jalanpun memang agak susah," lanjut dia.

Kemudian, Wynne menyebut saat ini pemerintahan setempat juga tengah membatasi akses media sosial. Hal tersebut, kata dia, dilakukan demi menghindari keluarnya informasi hingga bukti-bukti kejadian.

"Beberapa lama sejak kejadian sampai sekarang Twitter, Instagram, dan Tiktok belum bisa diakses. Bisa jadi karena kejadian ini," ujar dia.

4 Orang Tewas

Sebelumnya diberitakan, ledakan hebat terjadi di wilayah Istiklal, Istanbul, Turki. Empat orang dilaporkan tewas akibat ledakan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Minggu (13/11), pejabat setempat melaporkan empat orang tewas dan belasan lainnya terluka akibat ledakan hebat tersebut. Insiden itu terjadi sekitar pukul 16.20 WIB atau 13.30 waktu setempat.

Sebuah video yang diposting online menunjukkan api meletus dan ledakan keras terjadi. Pada saat yang sama pejalan kaki pun berbalik dan berhamburan melarikan diri.

Pihak kepolisian setempat pun sempat mengepung daerah itu. Sejumlah helikopter terbang di atas pusat kota saat sirene berbunyi.

Sementara itu, Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya buka suara terkait insiden tersebut. Dia mencuit empat orang tewas dan 38 lainnya luka-luka menurut informasi awal.

Pihak berwenang tidak memberikan indikasi apa yang menyebabkan ledakan itu.

(maa/maa)