Wisata Gili Labak Madura: Harga Tiket, Lokasi, dan Spot Foto Menarik

Destinasi wisata Gili Labak Madura belum begitu terkenal layaknya pulau Bali. Sebelum datang, ketahui segala informasi tentang Gili Labak berikut.

image

TEMPO.CO, JakartaGili Labak adalah nama pulau kecil di tenggara pulau Madura. Bukan hanya satai nikmat khas Madura yang bisa Anda nikmati, tetapi pulau Madura ini memiliki surga dunia yang patut dijadikan itinerary.

Destinasi wisata Gili Labak belum begitu terkenal layaknya pulau Bali atau kawasan-kawasan mancanegara di DIY Yogyakarta. Namun, bagi para pelancong sejati, wisata ini banyak dituju karena keasrian yang masih terjaga. Terutama dengan hadirnya biodata laut dan pasir putih di hamparan sekitar 6 hektar.

Jika Anda datang dari pelabuhan Tanjung, jaraknya diperkirakan sekitar 18 kilometer menuju destinasi wisata Gili Labak. Namun, akses transportasi satu-satunya menuju pantai Gili Labak adalah transportasi air yang harganya bisa dibilang terjangkau. Sebelum datang, ketahui segala informasi tentang Gili Labak berikut.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Lokasi 

Pulau terpencil dan termenarik di Madura bisa Anda akses dengan tarif masuk gratis ke destinasi wisata pulau Gili Labak. Pulau wisata ini juga memberlakukan 24 jam buka. Lokasi Gili Labak Madura berada di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Jika Anda bertanya tarif transportasi menuju ke sini, maka seperti yang sudah disebut di atas bahwa hanya transportasi air seperti kapallah yang bisa membawa Anda ke Gili Labak. Setiap agen kapal mungkin memiliki kebijakan yang tidak kompak. Namun, paket-paket kendaraan dibanderol mulai Rp 250.000,00 hingga jutaan. Hal ini pun tergantung dari rute perjalanan yang inginkan. Cobalah menawar dan pergi ke sini minimal dengan teman-teman agar biaya lebih murah serta menikmati wisata lebih tenang.

Jika Anda ingin berangkat menggunakan kapal nelayan, maka bisa mengikuti jadwal keberangkatannya. Diperkirakan akan berangkat setiap pukul 05:30 WIB dan kembali ke Madura mulai pukul 16:00 WIB. Menurut berbagai sumber, Kepala Dinas Pariwisata Sumenep mematenkan tarif Rp 80.000 untuk keberangkatan dari dermaga mana saja. Entah Anda berasal dari Pelabuhan Kalianget, Pelabuhan Rakyat Gresik Putih, Pelabuhan Dungkek, maupun Pelabuhan Saronggi. Namun, ada kemungkinan tarif ini akan berubah.

Fasilitas di Gili Labak 

1. Hotel, penginapan, atau homestay

Menikmati pulau Gili Labak seharian mungkin tidak cukup memuaskan bagi pelancong sejati seperti Anda. Di pulau ini, Anda bisa menyewa homestay atau tempat penginapan milik warga lokal. Namun, jangan sangka harga juga aman di kantong.

Anda bisa menikmati fasilitas homestay dengan tarif sewa sebesar mulai Rp500 ribu per malam. Begitu pula fasilitas penginapan milik warga yang disewa mulai Rp300 ribu per malam dengan 3 kamar tidur. Kemudian, ada rekomendasi hotel-hotel terdekat yang bisa Anda jadikan penginapan nyaman selagi menyusuri Gili Labak.

  • Hotel Dubai 

Jarak 9.6 Km dari Gili Labak. Lokasinya di Jl. Payudan Barat 14 A, Kota Sumenep, Jawa Timur 

Telepon: 0877 – 5006 – 8648

  • Family Nur Hotel

Jarak 10.8 Km dari Gili Labak. Lokasinya di Perum Bumi Sumekar Asri, Jl. Sultan Abdurrahman, Kota Sumenep, Jawa Timur.

Telepon: 0877 – 5507 – 2011

  • Hotel Garuda

Jarak 11 Km dari Gili Labak. Lokasinya di Jl . Kamboja No. 20 A, Lingkungan Dhalem, Pajagalan, Kota Sumenep, Jawa Timur.

Telepon: 0817 – 5009 – 505

  • Hotel Kangen

Jarak 11.7 Km dari Gili Labak. Lokasinya di Jl. Adi Poday Gg. V No. 93, Manggeling, Kolor, Kota Sumenep, Jawa Timur.

Telepon: 0821 - 5769 - 7647

  • Hotel Surabaya

Jarak 11.9 Km dari Gili Labak. Lokasinya di

Jl. Mustika No. 1, Karangrawa, Bangselok, Kota Sumenep, Jawa Timur. 

Telepon: 0859 – 3111 – 6998

2. Menyewa kapal penyebrangan

Fasilitas yang cukup menarik ialah kapal di Gili Labak bisa disewakan. Liburan dengan orang-orang tercinta memang lebih baik selalu bersama termasuk masalah transportasi yang nyaman. Anda bisa menyewa (carter) kapal yang ada di pelabuhan.

Tarif sewa ini tergantung pada jenis kapal. Kemudian, menyesuaikan kapasitas penumpangnya. Harga paling murah dipatok sekitar Rp800 ribu untuk perjalanan pulang-pergi.

3. Saung-saung tepi pantai

Ada saung – saung juga tempat-tempat menepi ala pantai yang nyaman untuk rileksasi. Jangan lupa sembari menyeruput segarnya kelapa muda segar di depan pantai.

4. Keseruan yang Bisa Dilakukan di Gili Labak 

  • Snorkeling

Bukan kegiatan baru di pantai. Namun, kapan lagi Anda bisa snorkeling di Gili Labak Madura ini?

  • Susur pantai 

Menyusuri pantai Gili Labak dengan menyewa perahu. Hanya dalam waktu 30 menit saja, tetapi tidak masalah, bukan?

  • Bermain banana boat

Banana Boat disewakan sekitar Rp150.000 untuk sekitar 5 putaran. Pastikan seru-seruan hanya bersama orang-orang tercinta, ya!

  • Bermain ATV 

Aktivitas seru nan semi ekstrim bisa Anda coba di sini. ATV menyusuri pantai Gili Labak dengan harga terjangkau juga!

  • Camping pantai

Boleh camping di tepian pantai Gili Labak. Namun, pastikan ombak aman, ya!

Pilihan editor: 10 Wisata Pantai Bawean, Surga Tersembunyi di Gresik

NIA HEPPY | ALFI MUNA SYARIFAH