Walikota Jakbar Gunakan Aplikasi Online Khusus Koordinasi Pengurus RW Pantau PSBB

BREAKINGNEWS.CO.ID -  Pemantauan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta Barat kini tak hanya melalui patroli di wilayah, namun juga dilaksanakan dengan aplikasi online khusus, guna berkoordinasi dengan pengurus RW setempat. Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi memberikan imbauan, dan koordinasi dengan pengurus RW menggunakan aplikasi online kepada para pengurus RW di wilayahnya. "Kegiatan…

Walikota Jakbar Gunakan Aplikasi Online Khusus Koordinasi Pengurus RW Pantau PSBB

BREAKINGNEWS.CO.ID -  Pemantauan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta Barat kini tak hanya melalui patroli di wilayah, namun juga dilaksanakan dengan aplikasi online khusus, guna berkoordinasi dengan pengurus RW setempat. Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi memberikan imbauan, dan koordinasi dengan pengurus RW menggunakan aplikasi online kepada para pengurus RW di wilayahnya. "Kegiatan (rapat online) ini sampai tingkat RW baru pertama kali kemarin menggunakan aplikasi online," ujar Rustam dikonfirmasi, Rabu (22/4/2020).

Rustam menjelaskan pentingnya pantauan dan upaya memutus penyebaran Covid-19, jelas harus diterapkan mulai dari lingkungan tempat tinggal warga itu sendiri, yang merupakan peran RT dan RW.

Dalam imbauan guna penangangan pandemi Covid-19, ada beberapa poin yang Walikota sampaikan kepada para pengurus RW di Jakarta Barat. "Diantaranya dibentuk Gugus Tugas Covid 19 tingkat RW. Tugasnya antara lain melakukan pencerahan kepada warga dari rumah ke rumah tentang bahaya wabah Covid-19," ujar Rustam.

Rustam mengatakan RT RW sangat berperan penting dan merupakan garda terdepan dalam melakukan pengawasan serta himbauan terhadap warga di berbagai daerah Jakarta Barat. "Serta melakukan kontrol terhadap masyrakat setempat tentang penerapan PSBB di tingkat RW dan RT," ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap akan membentuk kampung percontohan di Jakarta Barat yang bebas dari Covid-19. "Serta menginformasikan kepada Puskesmas jika ada warga yang ada gejala-gejala Covid-19, mengatur dan memberikan bantuan kepada masyarakat rentan ekonomi sosial dampak Covid-19," ujarnya.

Lanjut Rustam, kegiatan koordinasi secara online dirinya dengan para pengurus RW Jakarta Barat ini akan rutin dilaksanakan sepekan sekali selama pandemi corona ini. "Jadi jika keadaan tidak membaik akan rutin seminggu sekali kami lakukan karena memerangi Covid-19 ini harus mulai dari bawah di komunitas RT/RW " ujarnya.