Wakili Indonesia di Oscar 2023, Ini Fakta dan Sinopsis Film Ngeri-Ngeri Sedap! Sudah Nonton?

Film Ngeri-Ngeri Sedap terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang penghargaan Oscar 2023 mendatang. Penasaran dengan filmnya? Ini beberapa fakta menariknya!

Wakili Indonesia di Oscar 2023, Ini Fakta dan Sinopsis Film Ngeri-Ngeri Sedap! Sudah Nonton?

Film keluarga garapan sutradara Bene Dion Rajagukguk yang tayang di bioskop pada awal Juni lalu, terpilih menjadi wakil Indonesia di ajang Oscar 2023. Ngeri-Ngeri Sedap yang juga ditulis oleh Bene Dion memang cukup banyak mendapat perhatian dari pecinta film tanah air.

Kamu termasuk yang menonton pada masa penayangan film ini di bioskop? Film dengan pesan moral kuat yang juga diwarnai dengan dialog dan scene komedi ini, punya beberapa fakta menarik loh Beauties! Yuk tahu lebih banyak di sini!

1) Tembus 2,8 Juta Penonton

Sejak perilisan pertamanya 2 Juni lalu, Ngeri-Ngeri Sedap bertahan cukup lama di bioskop hingga 64 hari loh. Film yang diperankan oleh Tika Panggabean dan Arswendy Beningswara Nasution sebagai pasangan suami istri ini, tembus hingga 2,8 juta penonton.

Pemeran dan Sutradara Ngeri-Ngeri Sedap
Pemeran dan Sutradara Ngeri-Ngeri Sedap /Foto: Instagram Bene Dion

Angka ini menjadi pencapaian besar bagi Bene Dion yang sebelumnya juga pernah menggarap film Ghost Writer. Sesuai unggahan Bene di akun Instagram pribadinya, Ngeri-Ngeri Sedap bahkan menjadi film dengan cerita asli terlaris.

2) Wakil Indonesia untuk Kategori The International Feature Film Award

Film yang mendapat sebutan ”film agak lain” dari sutradaranya ini, bakal bersaing di Oscar 2023 untuk kategori The International Feature Film Award. Kategori ini diperuntukkan bagi film panjang yang tayang di luar Amerika Serikat.

Indonesia sendiri telah mengirimkan perwakilan pada kategori ini sejak tahun 1987, namun belum pernah memenangkan penghargaan. Demikian yang dilansir pada laman detikSumut. Kita nantikan kiprah Ngeri-Ngeri Sedap di Oscar pada 12 Maret 2023 mendatang ya Beauties!

3) Dapat 5 Nominasi Festival Film Bandung 2022

Ngeri-Ngeri Sedap /Foto: Instagram Bene Dion
Ngeri-Ngeri Sedap /Foto: Instagram Bene Dion

Prestasi yang ditorehkan film ini terbilang cukup gemilang. Film yang diperankan Boris Bokir dan lainnya ini mendapat 5 nominasi di Festival Film Bandung (FFB) 2022. Kabar baik tersebut dibagikan Bene Dion melalui unggahan di instagram pribadinya.

5 nominasi itu di antaranya kategori film bioskop terpuji, penulis skenario terpuji, pemeran utama pria terpuji, penata editing terpuji, serta penata musik terpuji. FFB 2022 sendiri rencananya bakal dihelat pada Oktober mendatang.

4) Mengangkat Tradisi Masyarakat Etnis Batak

Film ini menyajikan cerita sebuah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan empat anaknya. Kisah yang diusung dalam film ini juga kental dengan tradisi etnis Batak.

Ngeri-Ngeri Sedap
Ngeri-Ngeri Sedap /Foto: Instagram Bene Dion

Premis cerita dalam film ini mengangkat tentang konflik antara adat dan perasaan, Beauties. Hal ini divisualisasikan lewat konflik antara Pak Domu (diperankan Arswendy) dan tiga anak lelakinya yang memilih hidup merantau dibanding menuruti keinginan ayahnya.

Sementara itu, penonton juga dibuat merasakan emosi mendalam dari Sarma yang merupakan anak perempuan satu-satunya dalam keluarga. Sarma terpaksa mengorbankan keinginannya dan menuruti keinginan ayahnya demi berbakti pada orang tuanya.

Meski mengaduk emosi, namun sepanjang film kamu juga bakal tetap terbahak dengan komedi yang dikemas apik oleh Bene Dion lewat akting Indra Jegel dan pemeran lainnya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)