Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi

Baru-baru ini, Vivo sebagai brand yang terkenal dalam dunia smartphone merilis Vivo V27e.

Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
Jakarta: Baru-baru ini, Vivo meluncurkan smartphone V27e. Smartphone tersebut tergolong sebagai smartphone mid-range dan dinilai punya performa tangguh. 
 
Pertanyaannya adalah apakah Vivo V27e ini mempunyai nilai sudah dijanjikan? Apakah pengalaman pengguna sangat memuaskan untuk menggunakan smartphone mid-range dari Vivo tersebut? Berikut adalah review Vivo V27e oleh Redaksi Teknologi medcom.id.
 

Desain

Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Pada kesempatan kali ini, kami melakukan review untuk varian Lively Green. Terlihat pada bagian belakang HP terdapat 3 buah kamera dengan warna hijau yang terkena pantulan cahaya sehingga menciptakan warna gradasi biru. Kesan pertam saat melihat warna ini adalah terdapat kesan yang elegan dan mempunyai nilai estetika yang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Pada bagian bawah Vivo V27e ini terdapat speaker dan Port Type-C untuk pengisian daya dan port untuk menghubungkan earphone bawaan. Bisa terlihat bahwa HP ini tidak mempunyai Audio Jack 3.5mm dan hanya mengandalkan Type-C. Selain itu, terdapat mikrofon untuk menangkap suara ketika melakukan panggilan telepon atau video.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Bagian kanan dari HP ini terlihat tombol lock, dan volume. Dimensi dari HP ini 162,51 × 75,81 × 7,80 mm dengan berat hanya 185g. Bobot dari HP ini sudah tergolong ringan sehingga menciptakan kenyamanan saat menggenggam dengan waktu yang lumayan lama.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
Bagian layar Vivo V27e ini sendiri terlihat tajam dan jernih. Layar dari HP ini sudah bersertifikasi AMOLED dengan besar layar mencapai 6.62 inci dengan screen-to-body. Selain itu, resolusi layar mencapai 1080 x 2400 pixel yang menciptakan kenyamanan saat menatap layar Vivo V27e.
 
Perlu diketahui bahwa memang layar dari V27e ini menjadi lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, kecerahan dari HP ini juga mencapai 1300 nits, sehingga akan sangat berguna ketika menggunakan HP ini di luar ruangan dengan gangguan sinar matahari.

Antarmuka dan Fitur

Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Antarmuka dari V27e ini tergolong sangat friendly dan mudah dipahami. Selain itu, hadirnya Android 13 atau FunTouch 13 sebagai OS juga mendukung kemudahan untuk bisa memahami antarmuka yang diberikan oleh Vivo V27e.
 
Kelengkapan yang diperlihatkan pada halaman utama juga tergolong lengkap. Namun, yang membedakan adalah HP ini tidak memperlihatkan temperature sekitar sehingga pengguna harus membuka aplikasi cuaca untuk mengetahui sekitar.
 
Selain itu, layaknya smartphone dengan sistem operasi Android, pastinya sudah tergolong Google Friendly, sehingga pada bagian atas layar sudah tersedia Google Search yang siap untuk digunakan oleh pengguna.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Fitur yang satu ini sangat menguntungkan para gamer, karena terdapat sebuah fitur yang disebut Gaming Assistant. Fitur ini berguna untuk memonitor refresh rate yang dihasilkan selama bermain game. Hadirnya fitur ini juga memungkinkan para pengguna untuk mengontrol mode dari kinerja atau performa HP sesuai keinginan pengguna.
 
Terlihat pengguna bisa memilih mode Boost agar menghasilkan performa paling kuat, Balance Mode yang menghadirkan performa normal saat bermain game, dan Battery Saver Mode yang mengutamakan efisiensi daya yang digunakan untuk bermain game.

Kamera

Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Vivo V27e mempunyai kamera belakang 64MP dan bertenaga OIS, dan dilengkapi oleh 2MP Macro Camera, serta 2MP Depth Camera. Hadirnya ketiga kamera tersebut membuat hasil jepretan yang maksimal, terlebih lagi dengan menghasilkan tipe foto High Light atau pencahayaan yang maksimal dan bersumber dari matahari.
 
Terlihat bahwa foto tersebut menghasilkan foto dengan kualitas tajam dan jernih. Selain itu, pada foto tersebut juga terlihat tone warna yang sangat sesuai pada lingkungan sekitar, hal itu bisa terwujud karena hadirnya teknologi OIS untuk memaksimalkan hasil foto.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Ketika HP ini digunakan untuk melakukan foto dengan pencahayaan yang rendah mak HP ini juga tergolong menciptakan hasil foto yang memukau. Terlihat pada foto tersebut bahwa kamera berhasil untuk menangkap detail-detail warna lampu yang dihasilkan oleh lingkungan sekitar. Kamera tersebut juga mampu menghasilkan foto dengan noise yang tergolong minim, sehingga kualitasnya jernih dan tajam walaupun dalam pencahayaan yang minim.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Kamera selfie HP ini sebesar 32MP, dan sudah mendukung HDR dan mampu untuk menciptakan video dengan resolusi 1080p 30fps. Namun, kamera tersebut kurang maksimal untuk menangkap objek foto yang jauh dari jangkauan kamera.
 
Terlihat pada foto tersebut objek foto terlihat sedikit blurry. Bisa dikatakan kamera selfie dari Vivo V27e tergolong belum maksimal.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Berbeda dengan hasil dari foto selfie, kamera ini juga mempunyai fitur portrait sehingga pengguna bisa menciptakan foto bokeh. Terlihat bahwa hasil foto tersebut sangat maksimal dan sangat jernih menggunakan fitur tersebut.
 
Fitur ini juga sudah mendukung HDR sehingga menciptakan foto yang maksimal dan memukau, serta foto sangat fokus pada objek utama dan membuat background dari objek tersebut blur.
 

Performa dan Baterai

sebuah smartphone, pastinya akan selalu membahas baterai. Vivo V27e ini mempunyai kekuatan baterai sebesar 4.500 mAh. Selain itu, kekuatan pengisian baterai tersebut mencapai 66W dan sudah bersertifikasi Fast Charge, sehingga para pengguna bisa melakukan pengisian daya dengan waktu yang singkat.
 
Vivo V27e, HP Ideal Untuk Produktivitas Tinggi
 
Saat dilakukan pengetesan menggunakan PCMark Battery Performance, terlihat bahwa HP ini mampu bertahan selama 15 jam 57 menit, hampir menyentuh 16 jam. Bisa dikatakan bahwa Vivo V27e mampu untuk digunakan dengan tingkat produktivitas yang tinggi tanpa mengkhawatirkan baterai.
 
HP ini juga sempat digunakan untuk bermain game PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile, tidak disangka bahwa V27e ini mampu untuk menopang beban dari kedua game tersebut dengan menggunakan Graphic Ultra High. Bisa dikatakan kuat karena temperatur dari V27e tidak naik dan stabil, bisa dikatakan HP tidak menghasilkan panas yang signifikan.
 

Kesimpulan

Vivo V27e ini terbilang sangat ideal untuk digunakan oleh para pengguna yang mempunyai produktivitas yang tinggi. Selain itu, HP ini juga bisa digunakan untuk melakukan gaming yang terbilang cukup tinggi, karena memang saat bermain dengan kualitas grafis yang tinggi HP ini masih tergolong kuat.
 
Selain itu, bila pengguna merupakan lansia, HP ini juga sangat cocok karena antarmuka yang sangat mudah dipahami, sehingga menjadikan Vivo V27e menjadi HP easy-to-use. (Christopher Louis)
 
Spesifikasi Vivo V27e
Prosesor Mediatek MT8781 Helio G99
GPU Mali-G57 MC2
OS Android 13/FunTouch 13
RAM 8GB
Memori Internal  256GB
Kamera Belakang 64MP + 2MP + 2MP
Depan 32MP
Baterai Li-Po 4500mAh, Fast Charge 66W
Layar 6.62" AMOLED 
Harga Rp4.899.000
 
  • NFC
  • Performa lumayan
  • Kamera cukup bagus
  • Baterai awet
  • Fast charge
  • Tak ada ultra wide
  • Speaker mono