Visinema Pictures Laporkan Situs Pembajakan Film Mencuri Raden Saleh

Visinema Pictures melaporkan tujuh situs terkait dugaan pembajakan film Mencuri Raden Saleh ke Polda Metro Jaya.

Visinema Pictures Laporkan Situs Pembajakan Film Mencuri Raden Saleh
Jakarta, CNN Indonesia --

Visinema Pictures melaporkan tujuh situs terkait dugaan pembajakan film Mencuri Raden Saleh ke Polda Metro Jaya pada Rabu (21/9).

"Pada dasarnya kami datang ke sini karena ada pembajakan film, ada beberapa wbsite yang kami laporkan. Sudah kami laporkan terkait film Mencuri Raden Saleh," kata pengacara pihak Visinema Pictures, Muhammad Aris Marasabessy, di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Aris menjelaskan film Mencuri Raden Saleh mulai tayang di bioskop pada 25 Agustus lalu. Kemudian, Visinema Pictures mendapat informasi soal aksi pembajakan itu pada 7 September.

Disampaikan Aris, aksi pembajakan ini dilakukan dengan cara merekam secara langsung di dalam bioskop saat film diputar.

"(Direkam) full satu film. Yang lebih menyakitkan mereka record langsung di dalam bioskop," ungkapnya.

Aris menyebut pihak Visinema Pictures masih terus menyelidiki apakah ada situs lain yang melakukan pembajakan. Namun sejauh ini, baru tujuh situs yang secara nyata telah melakukan pembajakan.

Akibat pembajakan ini, kata Aris, Visinema Pictures mengalami kerugian materiil. Namun, pihaknya masih mengkalkulasi kerugian akibat pembajakan ini.

[Gambas:Video CNN]

Di sisi lain, Aris turut menyampaikan bahwa Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara merasa kecewa dengan aksi pembajakan ini. Sebab, bagi seorang sutradara, fim adalah sebuah kebanggaan dan mestinya dinikmati secara legal.

Terlebih, lanjut Aris, saat ini juga sudah ada situs resmi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati film.

"Namun, sayangnya masih banyak website-website yang seperti ini (ilegal). Makanya dari Angga sendiri ingin ada penindakan," tuturnya.

Laporan ini diterima polisi dengan nomor LP/B/4844/IX/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tanggal 21 September 2022.

Dalam laporan itu, tertulis bahwa pihak terlapor masih dalam status penyelidikan. Sedangkan, pihak korban adalah PT Visinema Pictures.

Tindak pidana yang dilaporkan adalah pelanggaran hak ekonomi pencipta atau pembajakan sebagaimana diatur dalam Pasal 9 Jo Pasal 113 UU Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan atau Pasal 32 Jo Pasal 48 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Sebagai informasi, Mencuri Raden Saleh menjadi film heist pertama yang ditayangkan Visinema Pictures pada 2022. Film ini disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko dan Husein M. Atmodjo selaku penulis skenario.

Film ini mengisahkan sejumlah mahasiwa yang ingin mencuri lukisan karya Raden Saleh di Istana Negara. Masing-masing memiliki nama alias sesuai peran masing-masing.

Mereka adalah Piko the Forger, Ucup the Hacker, Fella the Negotiator, Sarah the the Brute, Tutuk the Driver, dan Gofar the Handyman.

Gif banner Allo Bank
(dis/pra)

[Gambas:Video CNN]