Viral Video Wisatawan Terbangkan Drone di Pulau Kalong padahal Dilarang

Pulau Kalong di kawasan Taman Nasional Komodo merupakan zona merah yang tidak boleh menerbangkan drone karena khawatir mengganggu psikologis kelelawar

Viral Video Wisatawan Terbangkan Drone di Pulau Kalong padahal Dilarang
image

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan seorang wisatawan menerbangkan drone di perairan Pulau Kalong, Kawasan Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), viral di media sosial.

Wisatawan menerbangkan drone itu saat berada di atas kapal pesiar pada Minggu (4/9/2022).

Aktivitas wisatawan itu direkam warga yang berada tak jauh dari kapal tersebut.

"Halo, sore teman-teman, boleh naik drone di Pulau Kalong ini kah?," tanya warga dalam video yang kini viral itu.

Baca juga: Wisatawan Bakar Petasan di Perairan Pulau Kalong, Balai TN Komodo Kirim Surat Teguran

Menanggapi hal itu, Ketua Asosiasi Kapal Wisata (Askawi) Labuan Bajo, Ahyar Abadi, mengecam keras aktivitas kapal besar mewah yang bebas mengambil foto dan video dengan drone di Pulau Kalong. Sebab, menerbangkan drone di pulau itu dilarang.

"Pulau Kalong itu kan red zone yang tidak boleh terbangkan drone," ujar Ahyar saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/9/2022).

Baca juga: Viral, Video Wisatawan Nyalakan Petasan di Pulau Kalong Taman Nasional Komodo, Pemkab Akan Panggil Pelaku

Ia berharap, pihak Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) dan pemerintah segera memanggil pemilik kapal itu untuk diberikan sanksi.

Sebab, dengan alasan apapun, penerbangan drone di wilayah Kalong sangat mengganggu psikologis kelelawar yang bersarang di kawasan itu.

"Kami sangat berharap agar pemerintah dan BTNK segera memanggil dan mengehentikan aktivitas wisata kapal ini," tegas dia.

Ia menambahkan, sebagai pelaku wisata dan juga sebagai warga lokal, marah besar atas aktivitas penerbangan drone di Pulau Kalong itu.

Sementara itu, pihak Balai Taman Nasional Komodo belum merespons saat dikonfirmasi mengenai adanya aktivitas penerbangan drone di Pulau Kalong.

[embedded content]Menika Ambar Presiden Jokowi batalkan rencana kenaikan tiket masuk Taman Nasional Komodo

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.