Urban Legend Indonesia Terseram, Ada yang Diangkat Menjadi Film

Urban legend Indonesia banyak dikaitkan dengan hal-hal berbau horor dan cukup banyak tersebar di masyarakat. Ada juga yang diangkat menjadi film.

Urban Legend Indonesia Terseram, Ada yang Diangkat Menjadi Film

Urban legend Indonesia merupakan salah satu cerita yang disebarkan secara turun temurun dari mulut ke mulut. Cerita ini berupa sebuah legenda, misteri atau cerita horor yang sudah ada sejak zaman nenek moyang.

Di Indonesia, urban legend biasa kita dengar dari orang tua, keluarga, sahabat atau ingkungan tempat tinggal. Berdasarkan sebuah penelitian dari UNS, urban legend termasuk ke dalam salah satu cerita yang cukup populer di kalangan masyarakat umum. Beberapa di antaranya ada yang diangkat menjadi sebuah film.

Urban Legend Indonesia Terseram

Urban Legend Indonesia Terseram

Urban Legend Indonesia Terseram (Faisol.id)

Urban legend Indonesia merupakan cerita atau legenda yang berkembang di masyarakat. Cerita atau legenda di Indonesia biasanya berkaitan dengan cerita horor dan biasanya menimbulkan efek yang menyeramkan, berikut di antaranya:

1. Hantu Boneka Uci

Urband legend Indonesia pertama yaitu Hantu Boneka Uci. Cerita ini cukup terkenal di Kota Bandung, terutama bagi masyarakat yang tinggal di Jl. Siliwangi. Latar belakang cerita tersebut yaitu setelah terjadi sebuah kecelakaan yang menyebabkan tewasnya seorang anak bernama Uci.

Tragedi yang terjadi pada tahun 1998 ini terjadi akibat seorang pengendara motor yang kurang hati-hati. Menurut cerita yang beredar, sebelum meninggal anak tersebut bertanya di mana boneka miliknya dan setelah kejadian itu banyak warga yang melihat arwah anak kecil membawa boneka.

2. Wewe Gombel

Di urutan kedua, terdapat cerita Wewe Gombel yang cukup terkenal dan menyeramkan. Cerita horor Wewe Gombel sudah ada sejak dulu dan sering diceritakan secara turun temurun oleh orang tua kita saat kecil. Cerita ini cukup terkenal terutama di daerah Jawa.

Wewe Gombel di Indonesia digambarkan memiliki tubuh yang besar, berambut panjang dan sering keluar di waktu maghrib. Karena itu, biasanya anak kecil di zaman dulu sering dilarang keluar oleh orang tuanya saat maghrib agar tidak diculik oleh Wewe Gombel.

3. Mr. Gepeng

Urban legend Indonesia selanjutnya yaitu Mr. Gepeng, salah satu cerita horor yang cukup populer pada tahun 90-an. Di kalangan masyarakat, cerita Mr. Gepeng dilatarbelakangi dengan kejadian seorang pria yang terjepit lift dan tubuhnya menjadi gepeng.

4. Kolor Ijo

Selanjutnya pada tahun 2003 sempat beredar kisah yang cukup viral di daerah Bekasi. Cerita mistis ini berawal dari sebuah kasus pemerkosaan yang dialami seorang wanita. Dalam kesaksiannya, ia bercerita dirinya diperkosa oleh seorang makhluk bertubuh besar dan memakai celana pendek hijau.

Setelah kejadian tersebut, tersebarlah cerita mengenai Kolor Ijo di berbagai daerah di Indonesia. Banyak orang yang beranggapan bawa Kolor Ijo merupakan seseorang yang mendalami ilmu hitam dan syaratnya harus memperkosa wanita.

5. Nyi Roro Kidul

Terakhir, kisah urban legend yang menyeramkan yaitu Nyi Roro Kidul, penguasa pantai selatan. Sampai saat ini, masyarakat percaya bahwa jika kita akan ke pantai selatan dilarang memakai baju berwarna hijau.

Film Urban Legend Indonesia

Film Urban Legend Indonesia

Film Urban Legend Indonesia (Blibli.tv)

Tidak hanya disebarkan dari mulut ke mulut, ceritanya cukup banyak yang dijadikan film. Terlepas dari kebenarannya, urban legend yang diangkat menjadi sebuah film biasanya menjadi lebih terkenal di kalangan masyarakat. Berikut urban legend Indonesia yang diangkat menjadi film:

1. Terowongan Casablanca

Cerita pertama urban legend di Indonesia yaitu terowongan Casablanca. Kisah ini cukup terkenal dan dijadikan tempat keramat oleh masyarakat sekitar. Konon, hantu yang ada di terowongan ini merupakan seorang perempuan berambut panjang yang sering mengganggu pengguna jalan di sana.

2. Hantu Jeruk Perut

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, Hantu Jeruk Purut merupakan seorang pastor di zaman kolonial Belanda yang bergentayangan tanpa kepala bersama anjing hitamnya di Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut.

3. Nenek Gayung

Ketiga, film tentang urban legend yang cukup terkenal yaitu Nenek Gayung. Nenek ini digambarkan memakai kebaya hitam. Nenek tersebut dikisahkan sering tiba-tiba muncul di jalan dengan membawa sebuah gayung yang terbuat dari batok kelapa dan biasa digunakan untuk memandikan jenazah.

4. Suster Ngesot

Film yang mengisahkan mengenai Urban Legend Indonesia berikutnya ada Suster Ngesot. Konon katanya, kisah ini dilatarbelakangi oleh tewasnya seorang suster di sebuah rumah sakit Jakarta dan meninggal secara tidak wajar karena kakinya dimutilasi dan dikuburkan di sebuah ruangan laboratorium.

Urban legend Indonesia cukup banyak dan terkenal di berbagai daerah Indonesia. Cerita ini biasanya dikaitkan dengan adat dan budaya masyarakat sekitar. Terlepas dari benar atau tidaknya, urban legend sampai saat ini masih banyak dipercayai oleh masyarakat.