Tips Melakukan Engine Brake Mobil Matik dan Mobil Manual

BREAKINGNEWS : Teknik engine brake hanya digunakan di situasi tertentu, seperti berkendara mobil mnual dan matik di jalan panjang yang menurun ekstrem.

Tips Melakukan Engine Brake Mobil Matik dan Mobil Manual
image

TEMPO.CO, Jakarta - Engine brake adalah salah satu teknik memperlambat laju kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Teknik ini tidak memanfaatkan rem, tapi putaran mesin dengan cara menurunkan gigi persneling ke yang lebih rendah.

Teknik engine brake hanya digunakan di situasi tertentu, seperti berkendara mobil di jalan panjang yang menurun ekstrem. Jika menggunakan rem mobil, sistem pengereman akan bekerja terlalu keras, bahkan rem bisa blong alias tidak efektif.

Auto2000 memberikan cara melakukan engine brake yang baik pada mobil, dikutip hari ini, Rabu, 31 Agustus 2022:

1. Engine Brake Mobil Manual
Untuk mobil manual, mulailah dengan melepaskan kaki dari pedal gas dan menurunkan gigi ke posisi yang lebih rendah. Kemudian, lepaskan kopling mobil secara perlahan. Biarkan mobil melambat ke kecepatan yang tepat dan menurunkan gigi satu per satu.

Cara ini akan memperlambat laju mobil tanpa perlu menginjak rem mobil transmisi manual. Pengendara juga dapat menghentikan mobil dengan aman menggunakan kopling dan rem.

2. Engine Brake Mobil Matik
Melakukan engine brake pada mobil matik sangat jarang ditemukan, meskipun hal tersebut dapat dilakukan. Caranya, pindahkan gigi persneling mobil matik dari posisi D  (drive) ke gigi yang lebih rendah.

Pengendara mobil matik pun bisa mengaktifkan tombol Over Drive (OD) bila ada. Bila diperlukan, pengendara mobil matik selanjutnya bisa menurunkan gigi persneling ke posisi L.

JOBPIE | HILMAN HAIKHAL

Baca: Ini Kegunaan 7 Gigi Persneling Mobil Matik

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.