Tips Liburan Akhir Tahun Hemat Tapi Tetap Asyik Bersama Keluarga, Bikin 'Itinerary' itu Penting

Inilah tips liburan akhir tahun hemat tapi tetap mengasyikkan bersama keluarga. Siapkan itinerary-mu!

Tips Liburan Akhir Tahun Hemat Tapi Tetap Asyik Bersama Keluarga, Bikin 'Itinerary' itu Penting
image

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sulvi Sofiana

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Momen libur akhir tahun menjadi hal yang banyak dinanti masyarakat.

Apalagi libur kali ini juga bersamaan dengan libur sekolah siswa usai ujian akhir semester.

Untuk menikmati liburan kali ini, dosen Pariwisata Universitas Airlangga (Unair) M Nilzam Aly SHum MSc membagikan beberapa tips untuk masyarakat dalam menghabiskan waktu liburan tanpa harus menghabiskan banyak uang dan bepergian jauh.

“Yang perlu diingat, bukan seberapa jauh atau seberapa banyak uang yang dikeluarkan, melainkan apa makna dari momentum liburan yang didapatkan,” tekannya.

Baca juga: Banjir Wisatawan, Tarif Hotel di Kota Batu Naik Dua Kali Lipat saat Libur Natal dan Tahun Baru

[embedded content]

1. Anjuran Staycation

Mengingat durasi libur yang pendek, Nilzam menyarankan masyarakat untuk menghabiskan waktu libur di daerah yang dekat dengan rumah, hingga melakukan staycation.

“Bisa menciptakan agenda yang spesial dibanding hari-hari lain, semisal makan bersama, camping ala-ala. Intinya bisa menumbuhkan keakraban dalam keluarga,” jelas dosen Fakultas Vokasi (FV) Unair tersebut.

2. Lokasi dan Tranportasi

Namun, bagi keluarga yang ingin melaksanakan wisata, disarankan untuk menjauhi area yang sudah lama menjadi rujukan untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung.

“Akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi anak, sehingga keluarga yang ingin berwisata bisa melakukan kunjungan alternatif di ring 2 atau ring 3, sebagai contoh Magelang atau Gunung Kidul yang cenderung bisa diakses dan tingkat keramaiannya tidak sepadat wilayah kota,” sebutnya.

Meski keadaan sudah lebih longgar dari tahun lalu, masyarakat juga perlu memperhatikan syarat, ketentuan, serta regulasi yang berlaku terkait aturan perjalanan.

Baca juga: Pacet Mojokerto Diserbu Wisatawan Saat Libur Nataru 2022, Jumlah Pengunjung Diprediksi Naik

3. Kesehatan Fisik dan Finansial

Selain menjaga kesehatan fisik di tengah masa endemi, kesehatan finansial juga menjadi hal yang penting diperhatikan dalam masa berlibur.

“Jangan sampai pengeluaran besar pada liburan mengakibatkan kondisi finansial yang tidak stabil di kemudian hari,” imbaunya.

Dosen yang membidangi bidang bisnis kepariwisataan/bina wisata itu menyebutkan pembuatan itinerary atau rencana perjalanan sebelum berlibur dapat menjadikan liburan lebih terarah.

“Itinerary adalah daftar rencana perjalanan serta estimasi biaya yang dibutuhkan. Dengan membuat rancangan ini, maka pos-pos pengeluaran selama liburan akan dapat lebih diperhitungkan,” jelasnya.

Berita Surabaya lainnya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunJatim.com