Tips Berkunjung ke Masjid Agung Sunda Kelapa, Pilih Waktu yang Tepat

Jika ingin berwisata religi ke Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, bisa simak beberapa tips berikut.

Tips Berkunjung ke Masjid Agung Sunda Kelapa, Pilih Waktu yang Tepat

KOMPAS.com - Masjid Agung Sunda Kelapa dikenal sebagai masjid ikonis di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, karena bangunannya yang tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya.

"Dulu kubah dianggap sebagai ciri arsitektur dari Timur Tengah, sementara di sini (Menteng) kawasan orang-orang modern yang merasa tidak perlu kubah. Yang penting space-nya (areanya) bagus dan menghindari tiang," terang Sekretariat Masjid Agung Sunda Kelapa, M Reno Fathur Rahman kepada Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Baca juga:

Selain menjadi rumah ibadah, Masjid Agung Sunda Kelapa juga kerap dikunjungi sebagai tempat wisata religi.

Jika wisatawan ingin berkunjung ke Masjid Agung Sunda Kelapa, simak beberapa tips berikut.

1. Hubungi petugas sebelum kedatangan

Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa menjadi pemandu tim Kompas.com saat berkunjung.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa menjadi pemandu tim Kompas.com saat berkunjung.

Khusus wisatawan yang membutuhkan bantuan pengurus masjid untuk menjelaskan detail arsitektur Masjid Agung Sunda Kelapa, disarankan menghubungi petugas sebelum berkunjung.

"Kalau datang bersurat, nanti akan kita siapkan pemandunya," kata Reno.

Baca juga: 8 Masjid Tertua di Pulau Jawa, Ada yang Usianya 735 Tahun

2. Pilih waktu berkunjung

Ilustrasi jemaah beribadah di dalam Masjid Agung Sunda Kelapa.KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Ilustrasi jemaah beribadah di dalam Masjid Agung Sunda Kelapa.

Jika wisatawan butuh ditemani oleh pemandu untuk berkeliling masjid, disarankan datang sebelum siang, atau sekitar pukul 10.00 WIB.

Bukan tanpa alasan, sebelum siang biasanya pengurus bisa menemani keliling kawasan masjid tanpa terhenti oleh waktu ibadah karena masih pagi.

Saat Kompas.com berkunjung ke Masjid Agung Sunda Kelapa pada Rabu (29/3/2023) sore, sebagian besar pengurus masjid tampak sibuk beribadah, mengelilingi kawasan, dan mengerjakan pekerjaan lainnya di kawasan masjid.

Sebaliknya, jika tidak perlu bantuan pemandu dari pengurus masjid, wisatawan bisa datang kapan saja selama masjid masih buka.

Adapun waktu operasional Masjid Agung Sunda Kelapa yakni mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Itinerary Seharian di Kota Tua Jakarta, dari Sunda Kelapa ke Museum Fatahillah

[embedded content]