Tiga Hari Berwisata Seru dan Lengkap di Kota Ternate Saat Libur Akhir Tahun

Kota Ternate memiliki banyak objek wisata menarik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata bahari sampai wisata religi dan budaya.

Tiga Hari Berwisata Seru dan Lengkap di Kota Ternate Saat Libur Akhir Tahun
image

TEMPO.CO, Jakarta -  Ternate mungkin tidak sepopuler Bali sebagai destinasi liburan. Namun, jika wisatawan ingin merasakan pengalaman berbeda, kota yang ada di Maluku Utara ini sangata layak dikunjungi. Bahkan, wisatawan dapat mengunjungi beragam objek wisata dalam beberapa hari dengan biaya murah.

Kota Ternate memiliki banyak objek wisata menarik, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata bahari sampai wisata religi dan budaya. Semua objek wisata itu, berada di Pulau Ternate dan tidak jauh dari pusat kota sehingga semuanya dapat dikunjungi hanya dalam kurun waktu tiga hari.

Wisatawan dapat menyewa mobil dengan harga paling mahal Rp 350 ribu sehari atau sewa motor sekaligus tukang ojeknya dengan sewa paling mahal Rp 100 ribu. Tukang ojek di Ternate bisa sekaligus sebagai pemandu wisata karena telah dibina sebagai pemandu wisata oleh Dinas Pariwisata setempat.

Itinerary di Ternate

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rustam P. Mahli memberikan sejumlah saran mengenai rencana perjalanan di Ternate. Hari pertama, wisatawan bisa mengunjungi objek wisata budaya dan religi yang berada di pusat kota dan semuanya berdekatan satu sama lain.

Objek wisata sejarah yang dapat dikunjungi di antaranya Kedaton Kesultanan Ternate yang menyimpan beragam peninggalan kesultanan dan benteng peninggalan kolonial, seperti Benteng Oranye yang dibangun Belanda pada abad ke-16. Untuk objek wisata religi, ada Masjid Kesultanan Ternate yang berusia ratusan tahun, Gereja Batu dan Gereja Ayam yang dibangun pada zaman kolonial dan klenteng Ibu Surya Agung yang sudah ada sejak abad ke-17.

Pada hari kedua, wisatawan bisa mengunjungi objek wisata alam dan bahari yang berada di jalur jalan lingkar Pulau Ternate sepanjang 45 kilometer dengan pilihan melalui jalur utara atau jalur selatan. Jika melalui jalur utara, objek wisata yang bisa dikunjungi adalah kawasan Geo Park Batu Angus yang menyuguhkan hamparan batu hitam bekas letusan Gunung Api Gamalama pada abad ke-16, Pantai Tobololo dan Pantai Sulamadaha.

Selain pantai, wisatawan bisa mengunjungi objek wisata alam lain, yaitu Danau Tolire, Danau Ngade dan Cengkeh Afo. Di kawasan cengkeh Afo, wisatawan dapat melihat pohon cengkeh berusia lebih dari 400 tahun yang diklaim sebagai pohon cengkeh tertua di dunia. Berkunjung ke sana sangat menarik karena Ternate dikenal sebagai kota rempah.

Pada hari ketiga, saatnya wisatawan menikmati keindahan panorama bawah laut di perairan Pantai Taman Nukila dan di perairan Pantai Sulamadaha. Wisatawan juga bisa memanfaatkan hari terakhir dengan mengunjungi sejumlah UMKM untuk membeli oleh-oleh, seperti olahan buah pala berupa sirup pala dan selai pala serta aneka kue kering khas Ternate, di antaranya makron kenari dan bagea kenari.

Bagi wisatawan yang suka mendaki gunung, pilihan wisata lainnya adalah mendaki Gunung Api Gamalama setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut. Di puncaknya, keindahan panorama berupa laut biru dan pulau-pulau sekitarnya serta hamparan perkebunan cengkeh dan pala akan menjadi pengalaman berharga.

Ternate juga menawarkan wisata malam hari. Ada sejumlah taman kota yang menyuguhkan beragam kuliner khas Ternate, seperti air guraka, yakni minuman dari campuran santan, gula merah, jahe dan buah kenari, kopi rempah, yang biasa dikonsumsi para sultan di Ternate pada zaman dahulu. Minuman itu cocok disantap saat malam hari.

Wali Kota Ternate Tauhid Soleman menjamin wisatawan yang ingin menikmati libur tahun baru di daerahnya tidak akan kesulitan mencari akomodasi karena di daerah itu banyak terdapat hotel. Wisatawan juga bisa memilih menginap di homestay dengan sewa yang lebih murah.

Untuk menuju Ternate, akses wisatawan juga mudah dengan keberadaan Bandara Sultan Baabullah dengan tujuan berbagai kota di Indonesia setiap hari. Ada pula pilihan transportasi laut dari kapal Pelni sekali seminggu.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Ternate dan Tidore yang Beragam nan Ciamik

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.