Terapi Musik Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Terapi musik bermanfaat untuk meningkatkan kesenangan.

Terapi Musik Bermanfaat untuk Kesehatan Mental
image

TEMPO.CO, Jakarta - Terapi musik bermanfaat untuk meningkatkan kesenangan. Mengutip Medical News Today, musik mempengaruhi otak yang sangat kompleks. Segala unsur musik, yaitu nada, tempo, dan melodi diproses di sisi otak yang berbeda. Misalnya, ritme diproses di otak kecil. Nada dipahami sebagain kecil lobus temporal kanan. Bagian nucleus accumbens menghasilkan kesenangan atau mempengaruhi suasana hati, seperti merinding saat mendengarkan musik yang kuat. 

Manfaat terapi musik

Tubuh mempunyai reaksi fisik mendalam terhadap musik. Itu sebabnya musik bisa bermanfaat untuk kesehatan mental. Musik mendorong perubahan positif terkait suasana hati dan pola pikir mental secara keseluruhan. Ahli terapi musik akan menggunakan respons dan koneksi seseorang terhadap musik. 

Hal tersebut bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, kemandirian, kesadaran, dan keterampilan konsentrasi. Itu yang membuat terapi musik bermanfaat bagi orang yang mengalami kesulitan berkomunikasi secara verbal, misalnya tersebab neurodegeneratif seperti demensia atau cedera otak.

Meskipun terapi musik bukan obat untuk kondisi kesehatan mental, namun efektif untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Terapi musik memperkenalkan orang ke banyak budaya berbeda dari menjelajah semua jenis dan genre. Terapi musik pun bisa membantu orang terhubung dengan sejarah di balik karya seniman.

Cara lain untuk memproses emosi, pengalaman, atau ingatan sulit, bisa diakses melalui analisis lirik musik. Misalnya, menemukan tema dan makna dalam lirik lagu. Adapun menawarkan lirik alternatif yang sesuai dengan kehidupan dan pengalaman seseorang. Itu membantu menemukan kata-kata yang bisa mewakili perasaan seseorang apabila dirasa sulit untuk mengungkapkan sendiri.  Merujuk Cleveland Clinic, terapi musik umum bisa dilakukan antara lain di rumah sakit, sekolah, panti, klinik rawat jalan, pusat kesehatan mental.

Pilihan Editor: Manfaat Terapi Musik untuk Penderita Insomnia

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “http://tempo.co/”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.