Target Akhir Tahun Tercapai, Box Office Avatar 2 Tembus US$1 Miliar

Avatar 2 menjadi film tercepat pada tahun ini yang mencapai pendapatan prestise US$1 miliar.

Target Akhir Tahun Tercapai, Box Office Avatar 2 Tembus US$1 Miliar
image
Jakarta, CNN Indonesia --

Hanya dalam waktu 14 hari setelah tayang di seluruh dunia, Avatar The Way of Water mencapai angka box office US$1 miliar. Capaian ini membuat Avatar 2 menjadi film tercepat pada tahun ini yang mencapai pendapatan prestise itu.

Berdasarkan data Box Office Mojo yang diakses pada Kamis (29/12), film James Cameron ini mendapatkan US$1,03 miliar atau setara dengan Rp16,2 triliun (US$1=Rp15.788).

Berkat angka tersebut, peringkat Avatar 2 dalam daftar film terlaris secara global pada 2022 juga naik dari posisi lima ke posisi dua.

Pendapatan teranyar Avatar 2 ini mengalahkan perolehan Jurassic World: Dominion yang mengumpulkan US$1,001 miliar atau setara dengan Rp15,8 triliun.

Dilaporkan Variety pada Rabu (28/12), Avatar 2 menjadi yang tercepat pada tahun ini mendapatkan angka US$1 miliar lantaran Top Gun Maverick butuh 31 hari, sementara Jurassic World Dominion butuh 4 bulan.

Meski begitu, Avatar 2 masih kalah cepat memperoleh angka US$1 miliar milik Spider-Man: No Way Home yang mampu menggapai batas itu dalam waktu 12 hari.

Variety menyebut, hanya ada enam film dalam sejarah yang bisa menggapai angka box office US$1 miliar dalam dua pekan penayangan di bioskop.

Meski sudah mencapai angka penjualan tiket US$1 miliar yang sudah ditargetkan pada akhir tahun, Variety menyebut film berbujet US$350 juta ini masih butuh lebih banyak uang lagi untuk balik modal.

Hal itu lantaran bujet produksi tersebut belum termasuk biaya promosi sebesar US$100 juta.

Untuk mencapai angka titik impas, analis menyebut Avatar 2 butuh setidaknya pendapatan hampir US$2 miliar. Namun sebagian yakin setidaknya angka box office US$1,5 miliar sudah bisa mulai mendulang untung.

Avatar: The Way of Water merupakan film kedua dari saga Avatar garapan James Cameron. Saga ini diproyeksi akan merilis hingga lima film yang tayang dalam beberapa tahun mendatang.

Avatar: The Way of Water kembali dibintangi aktor dari film pertama, seperti Sam Worthington, Zoe Saldana, Sigourney Weaver, hingga Stephen Lang.

Selain itu, film ini juga dibintangi sejumlah aktor baru lainnya, seperti Kate Winslet, Cliff Curtis, Edie Falco, Brendan Clower, Britain Dalton, Jamie Flatters, hingga Jack Champion.

[Gambas:Video CNN]

(end)