Tanggal 10 Maret Hari Memperingati Apa?

Tanggal 10 Maret biasa diperingati sebagai Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) dan hari lainnya.

Tanggal 10 Maret Hari Memperingati Apa?
image

KOMPAS.com - Tanggal 10 Maret 2023 jatuh pada hari Jumat. Setiap tanggal 10 Maret ditetapkan sebagai Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Selain itu, tanggal 10 Maret juga diperingati sebagai hari lain. Berikut peringatan dan perayaan yang jatuh pada tanggal 10 Maret 2023:

Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI)

Tanggal 10 Maret diperingati sebagai Hari Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) bertepatan dengan HUT PARFI yang ke-67. 

Mengutip dari situs resminya, PARFI berdiri sejak tahun 1956 melalui kongres kedua mereka. Dalam kongres tersebut banyak tokoh dan seniman yang hadir. Diantaranya seperti Usmar Ismail, Suryo Sumanto dan Djamaludin Malik.

Lahirnya PARFI ini sebetulnya berawal dari vakumnya kegiatan Sarikat Artis Indonesia (SARI) akibat masuknya Jepang ke Indonesia. Hingga pada 10 Maret 1956 PARFI kemudian didirikan di Gedung SBKA Manggarai, Jakarta dengan Ketua Umum PARFI Suryo Sumanto. 

PARFI diyakini hadir sebagai wadah para Artis Film Indonesia dalam karyanya kepada Bangsa dan Negara. Untuk mengapresiasinya, setiap tanggal 10 Maret akhirnya ditetapkan sebagai Hari PARFI. 

Hari Kehakiman Perempuan Internasional

Hari Kehakiman Perempuan Internasional atau International Women Judges Day jatuh setiap tanggal 10 Maret. 

Melansir dari situs resmi PBB, meskipun diskriminasi terhadap kaum perempuan relatif menurun namun angka peran serta kaum perempuan dalam peradilan masih terbilang kecil. Terutama pada posisi kepemimpinan yudisial senior.

Hadirnya hakim perempuan dipercaya dapat meningkatkan legitimasi lembaga pengadilan. Oleh karena itu adanya Hari Kehakiman Perempuan Internasional memberikan apresiasi dan dukungan kepada para perempuan yang berada dalam lingkungan kehakiman.

Baca juga: Tanggal 6 Maret Hari Memperingati Apa?

Skirt Day

Skirt Day atau Hari Rok merupakan hari perayaan di luar negeri untuk memakai rok bagi kaum perempuan. Meskipun tidak semua negara merayakannya namun perayaan ini cukup terkenal di Amerika Serikat. 

Perayaannya bisa dengan memakai segala jenis rok yang ada di lemari dan mengajak semua teman mengenakan rok bersama untuk pergi ke kantor atau ke acara lain. 

Asal muasal adanya Hari Rok memang tidak terlalu jelas. Namun mengutip situs National Today, sejumlah orang mengklaim bahwa ini pertama kali diamati pada tahun 1998.

Meskipun di sebelum masehi rok juga dikenakan oleh kaum pria namun masa kini rok identik dengan kaum perempuan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jenis mobil apakah yang menggunakan dua mesin penggerak dengan bensin dan motor listrik?

Dapatkan total hadiah Rp 5.000.000,- untuk 10 orang beruntung dengan mengikuti kuis otomotif berikut ini!

Berikut ini yang merupakan kelebihan dari kendaraan listrik, kecuali?

Apa nama bahan bakar dari pertamina ber-oktan 92?

Pada tahun berapakah Robert Anderson mengembangkan mobil roda tiga menggunakan baterai listrik?

Apakah kepanjangan EV yang biasa digunakan dalam mobil listrik?

E-mail

Isi data dirimu untuk keperluan pendataan dan pengiriman hadiah ya

No. Handphone

Nama Lengkap

Provinsi Domisili

Kota/Kabupaten Domisili

Tahun Lahir

Apakah Anda sudah terlindungi dengan Asuransi?

Jenis perlindungan apa yang Anda butuhkan?

Terima kasih atas partisipasinya!

Silahkan login dengan KG Media ID untuk melanjutkan survey Login