Suzume no Tojimari Cetak Rekor Baru untuk Film Makoto Shinkai

Suzume no Tojimari menghasilkan Rp208 miliar selama tiga hari penayangan di bioskop Jepang, mengalahkan Your Name dan Weatherin With You.

Suzume no Tojimari Cetak Rekor Baru untuk Film Makoto Shinkai
Jakarta, CNN Indonesia --

Suzume no Tojimari mencetak rekor baru untuk film yang pernah disutradarai oleh Makoto Shinkai. Film animasi tersebut menghasilkan 1,88 miliar yen atau sekitar Rp208 miliar selama tiga hari penayangan di bioskop Jepang sejak debut pada Jumat (11/11) lalu.

Angka pendapatan ini merupakan pencapaian terbaik film yang disutradarai dan ditulis oleh Makoto Shinkai. Bahkan, pencapaian Suzume no Tojimari mengalahkan film populer Shinkai lainnya, yaitu Your Name (2016) dan Weathering With You (2019).

Berdasarkan laporan Anime News Network, Your Name meraup 1,27 miliar yen atau sekitar Rp141 miliar selama tiga hari pertama penayangan pada 2016 lalu.

Sedangkan, Weathering With You mengantongi 1,64 miliar yen atau Rp182 miliar selama tiga hari penayangan.

Pencapaian Suzume no Tojimari di bioskop Jepang ini bahkan mengalahkan film terbaru dari Marvel Cinematic Universe (MCU), Black Panther: Wakanda Forever.

Film yang juga tayang perdana di Jepang pada 11 November lalu itu menempati posisi kedua dengan meraup pendapatan sebesar US$3,5 juta atau sekitar Rp54 miliar.

Di posisi ketiga ada film action India berjudul RRR yang sudah memasuki minggu keempat di bioskop Jepang sejak 21 Oktober lalu.

[Gambas:Video CNN]

Suzume no Tojimari menjadi film terbaru Makoto Shinkai hampir tiga tahun terakhir, usai merilis Weathering with You (Tenki no Ko) pada 2019. Shinkai kembali menyutradarai dan menulis film animasi tersebut.

Hokuto Matsumura dan Nanoka Hara dipercaya untuk memerankan dua karakter utama film anime terbaru Makoto Shinkai. Dalam film tersebut, Matsumura berperan sebagai Souta Munakata, dan Hara mengisi suara karakter Suzume Iwato.

Para pemeran yang turut membintangi film anime tersebut adalah Eri Fukatsu, Shota Sometani, Kana Hanazawa, Sairi Ito, Kotone Hanase, dan Matsumoto Koshiro IX.

Suzume no Tojimari mengisahkan Suzume, remaja 17 tahun yang memulai perjalanannya di Kyushu usai bertemu pria muda yang sedang mencari pintu.

Kemudian Suzume menemukan satu pintu tua yang berdiri tegak di tengah reruntuhan, seolah terlindung dari bencana apa pun yang terjadi dan menghancurkan sekelilingnya.

Ia terpesona dengan pintu tersebut, dan seperti tertarik ke arahnya, hingga meraih kenop pintu tersebut.

Pintu mulai terbuka satu per satu di seluruh Jepang dan menyebabkan kehancuran bagi siapa pun yang berada di dekatnya. Hal tersebut membuat Suzume harus menutup portal tersebut untuk mencegah bencana.

Suzume no Tojimari masih tayang di bioskop Jepang sejak 11 November lalu.

Gif banner Allo Bank
(pra/pra)