Sutrada Perempuan Pertama yang Raih Piala Citra di Festival Film Indonesia

Siapakah sutrada pertama perempuan penerima Piala CItra di Festival Film Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya.

Sutrada Perempuan Pertama yang Raih Piala Citra di Festival Film Indonesia
image

TOPMEDIA – Tajuk atau tema Festival Film Indonesia 2022 (FFI 2022) mengangkat tema Perempuan, berikut ini sutradara perempuan pertama raih Piala Citra dalam sejarah Festival Film Indonesia yang perlu diketahui.

Gelaran FFI 2022 kali ini memaknai tema Perempuan bagian dari kepingan sejarah industri film Indonesia, lantas siapa sutradara perempuan pertama kali yang mendapatkan Piala Citra di Festival Film Indonesia.

Berikut dalam catatan sejarah sutradara perempuan Indonesia pertama kali yang meraih Piala Citra di Festival Film Indonesia. 

Baca Juga: Cara Nonton Festival Film Indonesia 2022, Berikut link nontonnya FFI 2022! 

Sutradara perempuan Indonesia yang kali pertama mendapatkan penghargaan Piala Citra di Festival Film Indonesia ialah Ida Farida.

Ida Farida yang juga dikenal sebagai penulis skenario yang produktif. Perempuan kelahiran tahun 1939 di Rangkasbitung, Lebak Banten.

Sutradara film Ida Farida mendapat Piala Citra sebagai penulis skenario terbaik lewat film Semua Sayang Kamu pada tahun 1989.

Baca Juga: Link Nonton Festival Film Indonesia 2022, Berikut Jumlah Nominasinya!

Ida Farida memulai debutnya sebagai sutradara lewat film berjudul  "Asmara di Balik Pintu" (1984). Ia kemudian juga menyutradarai di antaranya film "Perempuan Kedua" (1990) dan "Barang Titipan" (1991).

Oh iya Ida Farida juga terlibat penyutradaraan dan penulis naskah skenario serial televise Si Doel Anak Sekolahan.