Suarakan Isu Perubahan Iklim Dengan Cara Positif, Ini Jadwal Tayang Film Climate Witness di Medan - Tribun-medan.com

Hadir dari keresahan, Hivos Indonesia bersama Coaction Indonesia dan Hutan Itu Indonesia memproduseri sebuah series yang berjudul ‘Climate Witness’.

Suarakan Isu Perubahan Iklim Dengan Cara Positif, Ini Jadwal Tayang Film Climate Witness di Medan - Tribun-medan.com
image

TRIBUN-MEDAN.com - Hadir dari keresahan pada gaya edukasi perubahan iklim yang bernuansa kelam, Yayasan Humanis dan Inovasi Sosial (Hivos Indonesia) bersama Coaction Indonesia dan Hutan Itu Indonesia memproduseri sebuah series yang berjudul ‘Climate Witness’. 

Film ini menyuarakan isu iklim dengan cara positif dan menyenangkan melalui tagar kampanye #MauHidupLebihLama sebagai motivasi bahwa ada urgensi untuk menjaga kelestarian alam, dan #LangkahHariIni, sebagai Call-To-Action, untuk bersama-sama melakukan aksi dimulai dari "hari ini".

Film dokumenter yang berdurasi kurang lebih 60 menit ini menceritakan tentang empat sosok inspiratif dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dimulai dari daerah pesisir Tanah Merah di Kupang, Pasir Panjang di kota Kupang, Desa mbatakapidu di Sumba Timur dan Kambata Wundut di Sumba Timur.

Mereka adalah Joni Messakh, Yasinta Adoe, Selia Narwasti Rangi dan Lunggi Randa yang telah melakukan berbagai inisiatif aksi iklim mulai dari pengelolaan hutan mangrove, pendampingan warga pesisir terdampak, kearifan lokal masyarakat adat hingga keterlibatan anak muda dalam memberikan edukasi di lingkungan sekitarnya.

Harapannya, melalui berbagai pendekatan seperti aksi lingkungan, advokasi, pendidikan dan adat leluhur semuanya bersinergi menjaga bumi kita dari ancaman perubahan iklim yang terjadi. Tentunya berbagai inisiatif ini juga mampu mendorong masyarakat luas luas untuk memiliki aksi positif serupa.

Film “Climate Witness” ini akan rilis pada tanggal 25 Februari 2023 di Kineforum, Taman Ismail Marzuki Jakarta. Yuk nonton bareng bersama komunitasmu, teman dan keluarga di 20 titik di Indonesia yaitu Bali, Bandung, Bogor, Depok, Deli Serdang, Halmahera Utara, Jakarta, Kupang, Lombok, Manado, Pacitan, Pontianak, Semarang, Sumba, Surabaya, Sorong, Tangerang Selatan, Tasikmalaya, Tegal, Yogyakarta dan jadilah agent of change yang terus menyuarakan dan melakukan praktik baik menjaga kelestarian alam Indonesia.

Khusus di area Medan, Tribunners bisa nonton film ‘Climate Witness’ di kegiatan ZONA IKLIM: SUMUT NOBAR: “CLIMATE WITNESS” yang diselenggarakan pada hari Kamis, 2 Maret 2023, jam 13.30 WIB di Aula SMK PAB 12 Saentis, Sampali, Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

Mengenal Hutan Itu Indonesia (HII) dan Koaksi Indonesia

HUTAN ITU INDONESIA

Hutan Itu Indonesia (HII) adalah gerakan terbuka yang percaya pada kekuatan pesan positif untuk menumbuhkan rasa cinta kepada hutan Indonesia melalui cara yang unik, menyenangkan dan dilakukan secara kolaboratif.

Berdiri sejak 22 April 2016 di Jakarta, HII memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran publik, khususnya anak muda Indonesia di perkotaan yang tinggal jauh dari hutan, tentang kekayaan hutan Indonesia, dan berkontribusi dalam upaya menjaga hutan. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://hutanitu.id/.

KOAKSI INDONESIA

Coaction Indonesia, atau Koaksi Indonesia dalam bahasa Indonesia, adalah organisasi nirlaba yang berperan sebagai simpul jejaring dan simpul pembelajaran aksi dan solusi inovatif yang berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah Nusantara.

Pendekatan yang dilakukan Koaksi adalah advokasi kebijakan, penyadartahuan atau kampanye untuk mendapatkan dukungan publik, dan pengembangan kolaborasi strategis dengan berbagai mitra, seperti pembuat kebijakan, sektor swasta, lembaga riset/kampus dan akademisi, organisasi masyarakat sipil, komunitas, dan penggerak muda.

Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://coaction.id/.

(*)