Sri Asih, Film Superhero Indonesia yang Spektakuler - Tribun-timur.com

Lewat tangan dingin Joko Anwar selaku produser dan sutradara wanita Upi, Sri Asih menjadi spektakuler dan akan menjadi era baru perfilman Indonesia.

Sri Asih, Film Superhero Indonesia yang Spektakuler - Tribun-timur.com
Jery Wong, pengamat film nasional

Jery Wong, pengamat film nasional (dok.tribun)

Oleh: Jeri Wongiyanto
Pengamat Film

TRIBUN-TIMUR,COM - UPI, Sang Sutradara film Sri Asih, membuktikan Indonesia bisa membuat superhero yang bagus, dan layak mendapat apresiasi!!

Jagat Bumi Langit Universe Cinematic kembali membuktikan janjinya menghadirkan film superhero buatan anak bangsa yang berkualitas dan layak dibanggakan berjudul Sri Asih. Ini film kedua Bumi Langit, setelah Gundala.

Lewat tangan dingin Joko Anwar selaku produser dan sutradara wanita Upi, Sri Asih menjadi spektakuler dan akan menjadi era baru perfilman Indonesia. Skenarionya juga ditulis oleh Upi dan Joko Anwar.

Sri Asih sendiri adalah salah satu karakter dari patriot Indonesia karya R.A. Kosasih, yang dirilis pertamakali pada tahun 1954 lewat komik Sri Asih terbitan Melodie Bandung.  Hadirnya Sri Asih dalam film, merupakan Superhero Wanita pertama di layer bioskop nasional.

Film ini mempunyai cerita yang ringan namun menarik. Tak perlu banyak berpikir untuk paham alur kisahnya, berbeda dengan film Gatotkaca karya Hanung Bramantyo yang rumit. Dibuka dengan kisah Alana kecil yang hidup di panti asuhan bersama sahabatnya Tangguh.

Alana  dikenal berani dan suka membela temannya yang tertindas. Hingga kemudian Alana diadopsi oleh Sarita Hamzah yang mempunyai sasana bela diri martial art. Di tangan Sarita, Alana menjadi gadis remaja yang tangguh dan kuat, namun masih sulit mengendalikan kekuatannya.

Masalah besar kemudian datang dan mengubah hidup Alana. Ia mendapat tantangan beradu di atas ring oleh Mateo Adinegara, putra  pengusaha Prayogo Adinegoro. Bersamaan dengan ini muncul kekuatan besar dan jahat  mulai meneror bumi, yang kemudian membangkitkan Dewi Api.

Akting dan Action Memukau

Dari jajaran pemain top, mulai dari bintang utama Pevita Pearce sebagai Sri Asih/Alana, Randy Pangalila, Jenny Chan, Surya Saputra, Reza Rahardian, Aryo Bayu, Dimas Anggara, Christine Hakim, Jerfi Nicol hingga Rivaldo, semua bermain apik dan bagus. Peran para pemeran dalam mendalami karakter setiap tokoh mampu menguatkan film ini  

Sebagai film superhero, Sri Asih juga menampilkan banyak adegan action yang memukau.  Adegan laga yang seru akan memanjakan mata penonton. Aksi Sri Asih di setiap pertarungannya layak diacungi jempol.

Yang juga patut diapresiasi adalah sentuhan CGI (Computer Graphic Images) yang dibuat oleh anak bangsa. Walau ada beberapa kelemahan, namun secara keseluruhan tertutupi dengan polesan tim spesial efek yang memang menarik. Sutradara Upi mengatakan, hampir seluruh unsur dan departemen dalam proyek ini, dikerjakan oleh anak negeri. Kecuali kostum Sri Asih yang masih dibuat oleh perusahaan Monster Inc, Los Angeles. Berbanga ***