SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Unjuk Gigi di Krenova 2023

Tim Kreativitas dan Inovasi (Krenova) SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menyabet juara harapan dua di ajang bergengsi lomba Krenova 2023 kategori pelajar di tingkat Kota Surakarta. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, di Gedung Inkubator Bisnis Kawasan Sains dan Tek

SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Unjuk Gigi di Krenova 2023
image

RADARSOLO.COM – Tim Kreativitas dan Inovasi (Krenova) SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menyabet juara harapan dua di ajang bergengsi lomba Krenova 2023 kategori pelajar di tingkat Kota Surakarta. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, di Gedung Inkubator Bisnis Kawasan Sains dan Teknologi, Solo, Kamis (25/5/2023).

Produk yang menjadi juara harapan dua adalah inovasi di bidang pangan. Kyla Audrey Saraswati membuat inovasi berupa cilok isi jamu tradisional.

Cemilan ini memiliki banyak manfaat rasa yang lezat. Bagi kesehatan, cilok isi jamu diklaim mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

“Kadang banyak cilok itu isinya hanya daging, tapi kami kombinasikan dengan bahan-bahan jamu tradisional. Alhamdulilah inovasi ini berhasil menyabet juara harapan dua di Krenova tahun ini,” ucap Pembina KIR Ayu Perdanasari, Kamis (25/5/2023).

Cilok ini mengombinasikan bahan-bahan jamu tradisional, mulai dari kunir asam, brotowali, dan bahan jamu tradisional lainnya. “Ini bisa menjadi alternatif cemilan sehat bagi remaja,” beber  Ayu Perdanasari.

Sementara itu dalam lomba ini, SMA Muhammadiyah 1 membuat tiga produk. Selain cilok, inovasi lainnya adalah aplikasi Ecotab. Aplikasi ini untuk memudahkan mempelajari materi ekonomi sesuai gaya belajar siswa. Ecotab adalah karya Audiena Miftakhurrizky, Andara Putri Hartini, dan Garwita Akayla Putri.

“Aplikasi ini menampung materi-materi ajar berbagai bentuk yang disatukan dalam satu aplikasi. Sehingga memudahkan anak untuk belajar secara mandiri sesuai konsep Kurikulum Merdeka Belajar,” ucap Ayu.

Selain itu ada juga aplikasi FIRUS 11 karya Tika Shaliha Manaf, Salwa Putri K, dan Nizma Fairus. Inovasi ini untuk memudahkan siswa mempelajari rumus fisika dengan desain tema bermain game karya. Inovasi ini dijalankan menggunakan smartphone Android. Aplikasi ini digunakan sebagai media belajar interaktif untuk mempelajari rumus fisika kelas XI.

“Aplikasi FIRUS 11 didesain dengan konsep game untuk belajar rumus fisika. Tujuannya agar pembelajaran lebih menyenangkan dan anak lebih aktif belajar. Ide inovasi ini sepenuhnya diramu oleh para siswa kami,” imbuhnya.

Potensi kreativitas dan inovasi siswa yang cukup tinggi diimbangi dengan fasilitas sekolah yang memadai. Mulai dari adanya laboratorium sains hingga komputer. Para siswa juga selalu didampingi untuk mengembangkan ide-ide kreatifnya. Sekolah juga secara khusus membuat ekstrakulikuler KIR untuk memfasilitasi bakat dan minat siswa dalam pegembangan iptek.

“Syukurnya sekolah sangat memfasilitasi siswa untuk mengaplikasi ide-ide kreatifitasnya. Ada ekstrakurikuler KIR yang siap membantu anak berkembang. Sedangkan dari segi fasilitas juga sangat mendukung,” tandasnya (ian/nik/dam)

Reporter: Septian Refvinda Argiandini