Sinopsis All Quiet on the Western Front, Hidup-Mati Prajurit Kala PD I

All Quiet in the Western Front (Im Westen nichts Neues) merupakan film yang diadaptasi dari novel karangan Erich Remarque dengan judul sama rilisan 1929.

Sinopsis All Quiet on the Western Front, Hidup-Mati Prajurit Kala PD I
Jakarta, CNN Indonesia --

All Quiet in the Western Front (Im Westen nichts Neues) merupakan film yang diadaptasi dari novel karangan Erich Remarque dengan judul sama rilisan 1929.

Film ini mengambil latar di Kekaisaran Jerman pada akhir masa Perang Dunia I (1917), yang mengisahkan prajurit muda asal Jerman untuk menghindari peperangan.

Berikut sinopsis All Quiet on the Western Front.

Kisah film ini fokus kepada sosok remaja 17 tahun bernama Paul Bäumer (Felix Kammerer) yang mendaftar masuk ke dalam pasukan prajurit perang di Kekaisaran Jerman.

Ia bergabung bersama tiga sahabatnya di sekolah yakni Franz Müller (Moritz Klaus), Albert Kropp (Aaron Hilmer) dan Ludwig Behm (Adrian Grünewald).

Mereka bergabung usai mendengarkan sebuah pidato patriotik dari guru sekolah Kantorek. Pidato itu memantik imajinasi para sekawan ini untuk sukarela membela negaranya di medan perang.

All Quiet on the Western FrontAll Quiet in the Western Front (Im Westen nichts Neues) merupakan film yang diadaptasi dari novel karangan Erich Remarque dengan judul sama rilisan 1929. (Netflix/Reiner Bajo)

Semangat membara itu diiringi dengan romantisisasi penyematan label pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara. Hal itu membuat Paul sampai rela untuk memalsukan tanda tangan ibunya agar dapat membela Jerman berperang.

Namun, romantisisasi Paul akan kisah kepahlawanan tersebut perlahan memudar usai kenyataan perang yang tragis dan mencekam.

Saat ditempatkan di sekitar La Malmaison utara Prancis, Ludwig langsung gugur di malam pertama dengan cara mengenaskan karena terkena serangan hebat dari pihak musuh. Tak hanya itu, mereka juga menemukan fakta bahwa persediaan makanan dan air bersih sangatlah minim.

Hingga kemudian, Paul bertemu dengan Stanislaus 'Kat' Katczinsky (Albrecht Schuch), seorang buta aksara yang memiliki pengalaman perang melimpah. Meski buta aksara, Kat mempunyai kesadaran yang sama dengan Paul dkk akan kelamnya medan perang.

Kesamaan itu kemudian membuat Paul dan Kat bekerja sama demi bertahan hidup di tengah rasa lapar dan udara dingin di tengah kelamnya Perang Dunia I.

All Quiet on the Western Front diarahkan oleh sutradara Edward Berger melalui adaptasi langsung dari novel berjudul Im Westen nichts Neues karangan Erich Maria Remarque (1929).

Film ini dibintangi oleh Felix Kammerer, Albrecht Schuch, Daniel Brühl, Sebastian Hülk, Aaron Hilmer, Edin Hasanovic and Devid Striesow.

All Quiet on the Western Front tayang perdana di Toronto International Film Festival pada 12 September 2022.

Selain itu, film ini juga dipilih untuk mewakili Jerman dalam Academy Award for Best International Feature Film di Academy Award ke-95, dan berhasil memasuki daftar pendek bulan Desember.

All Quiet on the Western Front dapat disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

(far/end)