Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...

Xiaomi menghadirkan Redmi 12C dengan penawaran terjangkau dan desain unik, serta performa andal.

Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
Jakarta: Redmi 12C menjadi perangkat pertama Redmi yang menyapa konsumen Indonesia pada tahun 2023 ini, setelah sebelumnya diperkenalkan pada ajang peluncuran global untuk produk terbaru seri Redmi, di antaranya Redmi 60 dan Redmi Note 12 Pro Speed Edition.
 
Pada smartphone ini, Xiaomi mengunggulkan berbagai aspek, termasuk desain, kamera, baterai, layar, hingga performa kencang. Selain itu, Xiaomi juga mengunggulkan penawaran harga yang dinilainya terjangkau sehingga menggiurkan bagi konsumen untuk membeli ponsel cerdas ini.
 
Lantas, bagaimana dengan pengalaman penggunaan yang disuguhkan terkait aspek tersebut? Berikut ulasannya.
 

Desain

Saat memandangi smartphone ini untuk pertama kalinya, unik menjadi kata yang terlintas di benak kami, berkat desain berpola yang diusung Redmi 12C pada bagian belakang bodinya. Ponsel cerdas ini mengusung pola garis berjajar rapat dengan orientasi diagonal, seolah berbeda warna dengan satu bagian berwarna lebih gelap dan lainnya lebih terang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sekilas pola ini mengingatkan kami pada pola penanda area penyebrangan di jalan raya atau zebra cross, namun dengan orientasi diagonal. Tidak hanya sekadar pola, pola ini juga bertekstur sehingga saat diusap, kamu bisa merasakan kesan kasar pada bagian tersebut.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Kesan kasar ini sangat membantu menjaga kenyamanan dan keandalan genggaman saat harus menggenggam ponsel dengan tangan berkeringat. Selain itu, pola dan tekstur ini juga membantu mengurangi peluang bodi belakang Redmi 12C ini kotor akibat noda sidik jari.
 
Selain itu, di bagian belakang ponsel, kamu dapat menemukan modul kamera dan lensa auxiliary yang tersemat di area berwarna hitam di sudut kiri atas bodi ponsel, didampingi lampu flash dan logo AI dalam lingkaran berukuran kecil.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Menariknya arena berwarna hitam tersebut berada di dalam area lain yang berbeda dengan permukaan bagian belakang ponsel lainnya, sebab tidak mengusung tekstur yang kami jelaskan sebelumnya. Bagian ini hadir tanpa pola dan tekstur, namun tetap tidak mengkilat dan berkesan kesat, serta menjadi lokasi penyematan sensor pemindai sidik jari.
 
Xiaomi menghadirkan Redmi 12C dengan desain sasis bodi bagian belakang dengan tepian yang menimbulkan kesan seolah dapat dilepas dan dipasang kembali, sebab bodi bagian belakang berwarna biru ini seolah mendominasi bagian sisi bodi ponsel, menyisakan sedikit bagian berwarna hitam yang seolah merupakan bagian dari layar.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Kesan seolah dapat dilepas dan dipasang kembali ini juga didukung oleh perbedaan ketinggian yang diusung oleh bagian biru dan hitam di sisi bodi Redmi 12C ini. Soal layar, smartphone ini mengusung desain berponi DotDrop sebagai lokasi penyematan kamera depan, dengan ukuran bezel yang tergolong tipis di seluruh sisinya.
 
Selain itu, kamu bisa menemukan tombol daya dan volume yang tersemat berdampingan di sisi kanan, slot kartu SIM dan memori eksternal di sisi kiri, jack headphone 3.5mm di sisi atas kiri, serta lubang speaker dan port microUSB untuk mengisi daya baterai.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 

Fitur & Antarmuka

Redmi 12C masih mengadopsi sistem operasi Android 12 yang menjadi dasar dari MIUI 13 Global, menyuguhkan tampilan yang tergolong rapi dan bersih, dengan ikon aplikasi berukuran cukup besar serta berbentuk persegi dengan sudut membulat.
 
Berdasarkan pengalaman, sistem operasi dan antarmuka pengguna ini bisa berjalan lancar dan terasa ringan saat digunakan untuk menavigasikan Redmi 12C. Antarmuka pengguna ini memiliki laci aplikasi untuk menyimpan seluruh aplikasi yang kamu instal di smartphone ini dan dapat kamu akses dengan mengusap layar dari tepi bawah ke arah atas.
 
Sedikit berbeda dengan beberapa ponsel lain, pada laci aplikasi ini akan menampilkan aplikasi yang sering diakses, atau aplikasi yang direkomendasikan oleh perangkat di bagian khusus di layar atas laci aplikasi. Bagi pengguna pertama, kehadiran bagian khusus ini seolah menampilkan perangkat terinstal dua aplikasi yang sama.
 
Menariknya, Redmi 12C berbekal sejumlah fitur, salah satunya adalah Floating Windows, dengan ikon tombol shortcut dapat kamu temukan di menu dropdown yang dapat diakses dengan mengusap layar dari tepi atas ke arah bawah.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Seperti namanya, fitur ini memungkinkan aplikasi diakses sebagai jendela yang mengambang di atas tampilan layar, sehingga kamu bisa mengakses menu dan aplikasi lain saat mengakses aplikasi di jendela mengambang tersebut.
 
Hanya saja untuk saat ini, setiap kali kami mengetuk tombol ikon tersebut untuk mencobanya, menu ini menampilkan informasi bahwa belum ada aplikasi pendukung fitur ini yang tersedia di Redmi 12C.
 
Sementara itu, selain sensor pemindai sidik jari, Xiaomi turut membekali Redmi 12C dengan fitur keamanan pengenal wajah untuk membuka kunci layar ponsel atau Face Unlock. Dengan demikian, kamu bisa memilih opsi ini untuk menjaga keamanan ponsel.
 
Xiaomi turut mengunggulkan layar usungan Redmi 12C yang hadir dengan ukuran tergolong luas yaitu 6,71 inci. Tampilan suguhan layar ponsel ini juga cukup memanjakan mata berkat ketajaman dan kecerahan warna yang baik, didukung oleh resolusi 1650 x 720 piksel, rasio aspek 20,6:9, dan refresh rate 60Hz.
 

Kamera

Untuk kamera, Xiaomi mempersenjatai Redmi 12C dengan kamera utama 50MP di bagian belakang, yang didampingi oleh lensa auxiliary. Xiaomi juga membenamkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk membantu kamera ini menghasilkan foto terbaiknya.
 
Pada kondisi pencahayaan cukup, foto yang dihasilkan Redmi 12C cukup baik, meski kami menilai warna di hasil foto ini kurang cerah. Kendati demikian, ketajaman dan detail pada hasil foto ini tidak bisa dikatakan buruk, sebab tetap terjaga meski diteliti dengan melakukan zoom in pada hasil foto.
 
Sementara itu pada kondisi pencahayaan redup, Redmi 12C mampu menyuguhkan hasil foto cukup baik dan minim noise. Hanya saja, hasil foto ini sedikit kurang tajam, terutama saat kamu memeriksanya dengan cara melakukan zoom in pada foto.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Karenanya, kami tidak menyarankan kamu melakukan pemotongan atau crop pada foto yang dipotret di kondisi pencahayaan ini. Untuk kamera depan, Xiaomi membekali Redmi 12C dengan mode Portrait yang dapat kamu manfaatkan dengan cara menekan mode ini di layar aplikasi kamera bawaan ponsel.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Mode ini mampu menghadirkan hasil foto yang terfokus di wajah dengan layar belakang buram. Keburaman di latar belakang obyek foto tergolong halus dan mampu secara tepat membingkai tidak hanya wajah, juga tubuh obyek jika dipotret dengan kondisi masih terlihat di kamera.
 
Sementara itu, baik dalam kondisi pencahayaan cukup maupun redup, kamera depan Redmi 12C mampu menyuguhkan hasil foto dengan warna cerah dan tajam. Secara keseluruhan, foto yang dihasilkan kamera Redmi 12C cukup baik.
 

Performa

Soal spesifikasi, Redmi 12C didukung chipset MediaTek Helio G85, didampingi oleh GPU Mali-G52 MC2, RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal berkapasitas 128GB, mendukung suguhan pengalaman penggunaan yang mulus tanpa gangguan lag.
 
Pengalaman penggunaan menyenangkan ini juga kami rasakan dari transisi antar menu, pergerakan layar, eksekusi aplikasi, dan game yang berjalan dengan mulus. Kami juga melakukan pengujian melibatkan PCMark dan 3DMark for Android.
 
Pada pengujian yang melibatkan aplikasi PCMark Work 3.0, Redmi 12C memperoleh skor sebesar 8480. Sementara itu, pada pengujian yang melibatkan aplikasi 3DMark Wildlife, ponsel cerdas ini memperoleh skor sebesar 730.
 
Sedangkan pada pengujian yang melibatkan aplikasi 3DMark Wildlife Extreme, Redmi 12 memperoleh skor sebesar 188. Bukan angka besar, namun skor performa untuk perangkat di kelas Redmi 12C ini masih tergolong baik.
 
Review Redmi 12C, Terjangkau Tapi...
 
Performa memanjakan juga kami dapati saat memainkan game seperti PUBG Mobile dan Asphalt 9. Kedua game ini mampu berjalan dengan mulus, meski pada game PUBG Mobile, kualitas grafis dimaksimalkan pada pengaturan tertinggi yang tersedia untuk perangkat ini.
 
Selain itu, memainkan game pada Redmi 12C ini juga tidak terganggu oleh peningkatan suhu signifikan, meski telah digunakan untuk bermain selama sekitar 30 menit. Namun, peningkatan suhu lebih tinggi kami rasakan berada di area penyematan kamera belakang, dibandingkan dengan permukaan bodi belakang perangkat lainnya.
 
Soal baterai, Redmi 12C mengusung baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh. Xiaomi juga membekali kotak kemasan penjualan Redmi 12C dengan charger berdaya 10W. Mengisi baterai ponsel ini dari kondisi habis hingga penuh, sekitar satu jam 30 menit.
 
Sementara itu soal daya tahan, Redmi 12C menyuguhkan daya tahan tergolong lama. Pada pengujian yang melibatkan aplikasi PCMark Battery, ponsel cerdas ini mampu bertahan selama 14 jam 35 menit. Sedangkan dalam penggunaan sehari-hari, perangkat ini mampu bertahan sekitar 15 jam.
 
Kesimpulan
Redmi 12C bisa menjadi pilihan bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas, namun menginginkan performa mumpuni dan tidak mencari kesempurnaan dalam hal fotografi. Desain yang minim licin juga cukup menarik untuk kamu yang aktif sehingga mudah berkeringat. Harganya Rp1.799.000 juga membuatnya tetap masuk kelas terjangkau, favorit Mi Fans.
 
Karena, kamu tidak perlu terlalu khawatir ponsel akan tergelincir dan jatuh saat kamu genggam dengan telapak tangan berkeringat. Layar berukuran luas juga mungkin sesuai untuk kamu yang juga gemar menikmati konten multimedia di ponsel.
 
Satu hal yang sebenarnya sudah tidak relevan dari Redmi 12C adalah penggunaan Micro USB sebagai port pengisi daya dan transfer data. Beberapa produk pesaingnya sudah mengadopsi USB-C, yang tentunya punya kecepatan pengisian daya lebih baik. Adopsi USB-C yang sudah menjamur membuat HP ini tertinggal, dan mungkin cukup merepotkan saat ingin mengisi baterai di tempat publik dan tidak membawa kabel USB sendiri.
 
Spesifikasi  Redmi 12C
Prosesor  MediaTek Helio G85
GPU  Mali-G52 MC2
OS  Android 12, MIUI 13
RAM  4GB
Memori Internal  128GB
Kamera  Belakang 50MP
Depan 5MP
Baterai  5.000mAh
Layar  6,71 inci, 1650 x 720 piksel 60Hz
Harga  Rp1.799.000
 
  • Performa baik
  • Baterai tahan lama
  • Antarmuka sederhana
  • Charger belum USB Type-C