Review Film: All Quiet on the Western Front

Review: All Quiet on the Western Front mampu bikin penonton mempertanyakan kembali apakah Dunkirk dan Pearl Harbor masih bisa disebut film perang paling keren.

Review Film: All Quiet on the Western Front
Jakarta, CNN Indonesia --

Menyaksikan film All Quiet on the Western Front (Im Westen nichts Neues) membuat saya mempelajari satu hal penting, yakni bagaimana pentingnya sebuah selipan komedi dalam memaknai tragedi.

Mereplikasi kisah novel yang ditulis oleh Erich Maria Remarque pada 1929, sutradara Edward Berger berhasil menuangkan sisi komedi tersebut dalam kelamnya pemandangan medan perang di barat Eropa pada awal abad ke-20.

Sejak film ini dimulai, Berger dan tim produksi berhasil menyuguhkan suatu sajian sinematik yang menggambarkan kondisi tersebut.

Mulai dari detail kecil seperti deru mesin jahit untuk seragam perang, arsitektur kokoh nan membosankan ala Jerman era sosialis demokrat, hingga pemilihan gradasi warna yang begitu depresif.

Sang penulis novel Remarque memang berupaya untuk mendeskripsikan kisah nyata yang terjadi di musim semi 1917, saat Kekaisaran Jerman begitu kukuh mempertahankan wilayah kedaulatan mereka dari Perancis.

Begitu beruntung -- saya dan juga para penonton lain -- dapat menyaksikan sajian sinematografi top notch dari film yang hadir nyaris satu abad setelah novel orisinalnya rilis.

All Quiet on the Western FrontReview: All Quiet on the Western Front mampu bikin penonton mempertanyakan kembali apakah Dunkirk dan Pearl Harbor masih bisa disebut film perang paling keren. (Netflix/Reiner Bajo)

Dalam menjahit bagan cerita, esensi tegang, kaku, dan dingin tampak menjadi ide utama yang dipelihara oleh Berger. Hal ini tersaji nyaris di seluruh plot film, mulai dari awal hingga akhir.

Sang pemeran utama Felix Kammerer yang memainkan karakter pemuda peragu Paul Bäumer juga patut diapresiasi lewat aksinya yang ciamik.

Sedari awal, Kammerer begitu piawai dalam menginterpretasi kenaifan bocah asal Jerman yang terbius oleh elemen patriotisme semu melalui propaganda perang.

Berbicara tentang berjalannya plot, Berger juga mahir dalam menggunakan metode historis. Ia tak lupa mencantumkan tanggal serta konteks kejadian, sehingga memudahkan para penonton yang buta akan sejarah Perang Dunia I.

Hal ini tentu memudahkan penonton awam untuk tetap terjaga dalam relevansi cerita peperangan.

Namun, ide dasar dalam film ini tentu bukan hanya soal penggambaran perang. Sama seperti kisah orisinal dalam novelnya, Berger juga berusaha untuk mengirimkan narasi penting yang menyuarakan anti perang.

Bagi penggemar adegan aksi dan peperangan khas film blockbuster Hollywood, jangan khawatir, film All Quiet on the Western Front menyimpan segudang fenomena tragis penuh darah dan anggota tubuh yang membuat Anda cukup gusar berpikir, 'kok bisa ya menempatkan Dunkirk/Pearl Harbour sebagai film perang paling keren?'.

Lanjut ke sebelah..

Review Film: All Quiet on the Western Front

BACA HALAMAN BERIKUTNYA