Rekor! Film Indonesia Kuasai 61% Share Market Dalam Negeri

Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI), Reza Rahadian menyebut tingginya share market film dalam negeri menjadi sejarah bagi perfilman Indonesia.

Rekor! Film Indonesia Kuasai 61% Share Market Dalam Negeri
image
Kabupaten Magelang -

Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI), Reza Rahadian menyebut bahwa tahun ini merupakan tahun yang bersejarah bagi perfilman Indonesia. Hal itu tidak lepas dari tingginya market share atau pangsa pasar film Indonesia yang mencapai 61 persen. Bahkan angka tersebut tidak pernah dicapai dalam tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun ini adalah tahun tertinggi market share film Indonesia 61 persen. Itu angka yang tidak pernah dicapai sebelumnya. Jadi, ini tahun bersejarah buat dunia film nasional," kata Reza kepada wartawan di Rumah Dinas Bupati Magelang, Jumat (21/10/2022).

Di mana pada tahun ini jumlah penonton mencapai 9 juta orang melalui Film KKN Desa Penari. Hal ini menunjukkan bahwa film nasional mampu bersaing dengan film-film asing di Indonesia.

"Film-film box office banyak sekali sampai di titik 10 besar saja angkanya sudah di atas 1,5 juta, semua rata-rata 2 juta ke atas. Apalagi dengan pencapaian tertinggi lewat film KKN Desa Penari di 9 juta. Itu juga menjadi momentum penanda bahwa film kita mampu bersaing dengan hadirnya film-film asing di Indonesia," katanya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Perfilman, Musik dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud Ristek, Ahmad Mahendra. Kemdikbud Ristek secara umum terus mendorong kemajuan perfilman nasional.

"Sekarang kan lagi bagus-bagusnya, semua festival. Sesuai misi kami dari pandemi, jangan sampai ada festival yang mati, itu kita bantu semua," ujar Mahendra.

"Film-film lagi (nasional) banyak menang di luar negeri, itu juga atas fasilitas kita. Sekarang penonton lagi bagus-bagusnya, KKN Desa Penari, ngalahin hollywood. Jadi perfilman sekarang lagi semua bergerak, lagi kondusif sekali dan ini yang kita tunggu-tunggu," katanya.

Reza menambahkan, dalam nominasi FFI 2022 yang dilangsungkan di Candi Borobudur besok akan dihadiri sekitar 450 orang secara online. Kemudian, juga hadir sejumlah orang secara langsung di Pelataran Candi Borobudur.


Simak Video "Kafe Tak Berizin di Babarsari Disegel, Sempat Terjadi Perlawanan"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/ahr)