Reedukasi Terorisme dengan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Agama

BREAKINGNEWS.CO.ID--Salah satu program deradikalisasi yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ((BNPT) terhadap para narapidana kasus terorisme (Napiter) adalah Reedukasi. Yang mana Reedukasi ini merupakan pembinaan atau penguatan kepada seorang napiter atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar dapat meninggalkan paham radikal terorisme.

Reedukasi Terorisme dengan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Agama

BREAKINGNEWS.CO.ID--Salah satu program deradikalisasi yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ((BNPT) terhadap para narapidana kasus terorisme (Napiter) adalah Reedukasi. Yang mana Reedukasi ini merupakan pembinaan atau penguatan kepada seorang napiter atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) agar dapat meninggalkan paham radikal terorisme.

Karena dalam reedukasi itu dilakukan transformasi pemikiran, pemahaman, sikap yaitu memberikan pencerahan kepada WBP tentang ajaran agama dan kebangsaan yang mengusung nilai-nilai kedamaian, toleransi dan sikap terbuka terhadap sejumlah perbedaan yang ada dalam kehidupan beragama, bermasyarakat dan berbangsa.

Program Reedukasi yang dilakukan Subdit Bina Dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) pada Direktorat Deradikalsiasi BNPT terhadap dua WBP kasus terorisme yakni RP dan SW ini ditinjau langsung oleh Deputi I bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis, di Lapas Kelas III Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Senin (2/12/2019).

“Kegiatan Reedukasi ini adalah kegiatan yang rutin, yang kita laksanakan khususnya dilakukan oleh Subdit Bina Dalam Lapas dalam rangka meningkatkan program deradikalisasi di dalam Lapas. Dan saya kebetulan hari ini berkunjung ke Lapas Gunung Sindur untuk melihat secara langsung program deradikalisasi yang dilakukan oleh subdit saya untuk mengetahui perkembangan WBP itu,” ujar Deputi I BNPT, Mayjen TNI Hendri Paruhuman Lubis di Lapas Kelas III Gunung Sindur.

Lebih lanjut mantan Komandan Satuan Induk Badan Intelijen Strategis (Dansat Induk Bais) TNI ini mengatakan bahwa kegiatan reedukasi dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat wawasan dan landasan moral dalam pemahaman dan sikap dari WBP kasus terorisme.

“Mereka para WBP ini diberikan wawasan dan pendidikan kebangsaan dan cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga reedukasi upaya menstimulus terhadap WBP untuk memunculkan berbagai alternatif solusi serta memilih jalan perdamaian sebagai solusi rasional,” kata alumni Akmil tahun 1986 ini.  

Pria yang dalam karir militernya dibesarkan dari Pasukan ‘Baret Merah’ Kopassus TNI-AD ini mengatakan bahwa para WBP yang mengikuti kegiatan reedukasi ini harus sudah memiliki pemikiran terbuka dan mau belajar untuk memahami hal pemahaman yang lebih damai. Tim deradikalisasi di dalam lapas bersama wali WBP ini melakukan pendekatan yang lebih personal agar timbul rasa percaya yang kuat.

“Dari pertemuan dengan dua WBP tadi saya sepintas melihat para WBP yang tadi yang mengikuti program Reedukasi ada indikasi-indikasi bahwa mereka akan lebih baik. Dan bahkan mereka juga sudah siap untuk nanti terintegrasi dengan masyarakat apabila merekqa nanti sudah keluar dari Lapas,” kata mantan Komandan Korem (Danrem) 173/Praja Vira Braja, Kodam XVII/Cenderawasih ini.

Dalam kesempatan tersebut mantan Dansat Intel Bais TNI ini juga melakukan dialog bersama Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana dan Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas II B Gunung Sindur, Agus Salim untuk memberikan masukan dan solusi terkait permasalahan yang terjadi di Lapas dan Rutan Gunung Sindur dalam menangani WBP dan tahanan terorisme.

“Secara umum yang disampaikan oleh Karutan dan Kalapas Gunung Sindur tadi bagus sekali bahwa di sini sangat kondusif, bisa melaksanakan program sesuai dengan mereka sudah kerjakan selama ini. Kedepanya saya berharap program yang sudah dilakukan oleh Karutan dan Kalapas tetap dipertahankan dan ditingkatkan terus sehingga kondisi di Lapas dan Rutan Gunung Sindur ini tetap baik seperti saat ini,” kata mantan Komandan Grup 3/Sandi Yudha Kopassus ini mengakhiri.

Sementra itu Kasubdit Bina Dalam Lapas BNPT, Kolonel Cpl. Sigit Karyadi, SH dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa dalam melaksanakan program Reedukasi ini pihaknya juga  mendatangkan para pakar atau profesional yang mumpuni untuk melakukan pendekatan kepada para WBP agar dapat memberikan pendidikan dan wawasan.

“Tentunya kehadiran para pakar dalam kegiatan reedukasi ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air yang semakin kuat dari para WBP ini agar mereka bisa meninggalkan dukungan terhadap ideologi kekerasan serta memahami potensi diri dalam menggali bakat minatnya saat WBP ini sudah bergabung dengan masyarakat nantinya,” kata Kolonel Cpl. Sigit Karyadi, SH.

Sementara itu  Kepala Lapas Kelas III Gunung Sindur, Sopiana yang turut menerima kehadiran Deputi I BNPT berharap agar dalam memberikan edukasi yang dilakukan BNPT tidak hanya dilakukan terhadap WBP saja, namun juga kepada para petugas Lapas dan Rutan.

Ini agar pembinaan terhadap WBP kasus terorisme yang dilakukan para petugas Lapas bisa sejalan dan selaras dengan materi program deradikaliasi yang diberikan oleh BNPT kepada  para WBP. Selain itu agar para petugas Lapas dan Rutan memiliki pandangan yang sama dalam membina para WBP dan tahanan      

“Tentunya kami mengharapkan agar pemberian edukasi ataupun pembinaan bukan hanya kepada narapidana saja, tetapi juga kepada para petugas Lapas ataupun Rutan. Ini karena kami juga menjadi ujung tombak dalam hal pembinaan narapidana teroris itu tersebut,” kata Kepala Lapas Gunung Sindur, Sopiana.

Dikatakan Sopiana, dalam hal pembinaan terhadap WBP terorisme pihaknya selama ini sudah bekerjasama dengan BNPT. Dan sekarang kerjasama yang sudah dilakukan bersama BNPT ini juga berdasarkan pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) dan bahkan sudah dilaksanakannya dengan baik.

“Ketika berbicara masalah kesusahan ataupun kekurangan itu pasti ada. Namun kami menjamin program ataupun pembinaan yang kami laksanakan bekerjasama dengan BNPT itu merupakan program yang sangat luar biasa demi kepentingan mereka (WBP). Karena setelah bebas dari Lapas kami berharap mereka (WBP) bisa menjadi warga negara Indonesia yang baik,” ujar Sopiana

Dalam kesempatan yang sama Kepala Rutas Kelas II B Gunung Sindur, Agus Salim mengatakan bahwa dirinya juga menyambut positif terhadap apa yang sudah dilakukan BNPT dalam melakukan pembinaan terhadap para WBP terorisme.

“Kebetulan kami tadi juga sudah melakukan diskusi banyak dengan  pak Deputi I BNPT dan sudah memberikan masukan juga. Insya Allah mungkin kedepannya untuk lebih ditingkatkan lagi SDM-nya dan bentuk program-programnya pembinaan terhadap para WBP maupun tahanan,” kata Kepala Rutan Gunung Sindur, Agus Salim.

Dalam melaksanakan program reedukasi tersebut BNPT menghadirkan para professional yang dianggap mumpuni dalam melakukan pendekatan kepada para WBP tersebut. Mereka adalah Dr. Moch. Syarif (bidang Agama), Dr. Yunita Faela Nisa, M.Psi (bidang Psikologi) dan Dr. Mu"min Roup (bidang Wawasan Kebangsaan). Yang mana ketiganya berasal dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.