JAKARTA – Pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco menegaskan bahwa karirnya di MotoGP tak ditentukan dari keputusan pensiunnya Valentono Rossi dari tim pabrikan Yamaha dan MotoGP pada akhir musim balapan 2018.

Berstatus rookie dan melakoni debut impresif musim lalu, Zarco diprediksi menjadi salah satu komoditi panas dalam bursa transfer. Bahkan, ia diyakini kandidat kuat pengganti Rossi untuk tim pabrikan Yamaha, jika The Doctor pensiun. Akan tetapi, Zarco rupanya dikaitkan perihal kemungkinan pindah ke KTM. Dan sementara Suzuki merupakan pabrikan lain yang kabarnya juga tertarik.

Menanggapi sejumlah rumor yang berkembang, ia mengatakan, bahwa keputusan Rossi tidak akan menentukan kariernya. “Yamaha menunggu keputusan Rossi,” ucap Zarco yang diberitakan Motorsport, Jumat (12/1/2019).

“Terserah saya untuk meyakinkan mereka untuk menandatangani kontrak dengan finis balapan di depan dua pembalap pabrikan. Bagaimanapun, karier saya tidak akan tergantung pada keputusan Valentino. Bagaimanapun, karier saya tidak akan tergantung pada keputusan Valentino,” tegas pebalap berkebangsaan Prancis ini.

Zarco pun mengatakan jika dirinya akan mengunakan caranya sendiri untuk terus meyakinkan tim pabrikan supaya dirinya dapat secepat mungkin untuk mendapat motor pabrikan di musim 2019 mendatang, demi menaikan level agar lebih kompetitif lagi bersaing memperebutkkan titel juara dunia.

“Idenya adalah memulai 2018 seperti saya menutup 2017, dengan bertarung demi kemenangan di setiap balapan, mempertahankan level daya saing ini sepanjang 19 seri, dan mendapatkan posisi kejuaraan yang memungkinkan saya untuk mendapatkan motor pabrikan pada 2019.”