BREAKINGNEWS.CO.ID - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mempromosikan event Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 dalam gelaran Car Free Day (CFD) yang akan berlangsung di Park & Ride Thamrin, Minggu (14/4/2019) mulai pukul 06.00 WIB.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, kegiatan itu dipastikan berlangsung seru karena panitia akan menghadirkan influencer Aries Lukman dari iPhonesia yang bakal berbagi tips memotret dan sharing soal Lombok Sumbawa.

“Pecinta fotografi di Jakarta pasti nyesel banget kalau melewatkan kegiatan CFD yang keren ini. Apalagi, akan ada sesi lomba foto dengan hadiah menarik. Jadi setelah peserta mendapatkan tips memotret yang baik, mereka bisa langsung menerapkannya dengan mengikuti lomba foto tersebut,” ujarnya, Jumat (12/4/2019).

Tak hanya Aries Lukman, panitia juga akan mengajak Ahmad Renaldi untuk berpartisipasi dalam talkshow di Pesona Lombok Sumbawa pada gelaran CFD di Jakarta nanti. Serunya lagi, Ahmad Renaldi baru saja kembali dari Lombok Sumbawa sehingga akan banyak cerita menarik yang bakal ia sharing dalam talkshow nanti.

“Kemeriahan CFD Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 juga akan diisi dengan gelaran Tari Lenggo NTB, dimana ini adalah tarian tradisional yang berasal dari Bima. Tari ini dibagi menjadi 2, yakni tari Lenggo Melayu dan Tari Lenggo Mbojo,” imbuhnya.

Untuk Tari Lenggo Melayu dilakukan oleh pria dan Lenggo Mbojo dilakukan oleh wanita. Tarian ini merupakan tari klasik yang berkembang di lingkungan istana Kerajaan Bima dan hanya dipertunjukkan pada acara tertentu.
.
Biasanya, tari Lenggo ini dilakukan 4 hingga 6 penari yang diiringi alat musik silu, gendang besar, gong dan tawa-tawa. Nantinya, baik pria maupun wanita akan mengenakan kostum berwarna cerah sehingga tarian ini akan terlihat semakin indah. Tari Lenggo masih sering dipertunjukkan sebagai bagian dari upacara tradisional dan di beberapa acara penyambutan tamu penting serta festival budaya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, ada beberapa fakta menarik dalam event Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019. Antara lain, kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 18 hari, tanggal 8-25 Mei mendatang. Panitia bakal menghadirkan ragam acara menarik di dalamnya, seperti bazar, aneka lomba, talkshow, serta kegiatan sosial.

“Pada kegiatan tersebut, Pemprov NTB juga akan mengundang para Imam Besar dari 4 negara Timur Tengah. Yang pasti, Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 tercatat sebagai bagian dari 100 atraksi wisata terbaik Indonesia, khususnya dalam 100 Calendar of Events 2019,” tandasnya.